4 Keunggulan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat yang Khasiatnya Akan Membuatmu Takjub

Mari biasakan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat

oleh Nikmatus Solikha
18:00 PM on Sep 8, 2017

Sebagian besar umat Islam di Indonesia mungkin terbiasa membaca surat Yaasin di malam Jumat atau di hari Jumatnya. Bahkan, adanya kebiasaan itu sudah menjadi adat yang dilengkapi dengan acara tahlilan rutin. Kebiasaan tersebut tentu saja bagus, karena membaca Al-Qur’an memang dianjurkan. Namun pernahkah kalian mendengar bahwa surat Al-Kahfi juga sangat utama dibaca di hari Jumat?

Begitu utamanya, sampai-sampai banyak hadist Nabi Muhammad SAW yang membahas ayat tersebut. Rasulullah menjelaskan beberapa kali betapa pentingnya mengamalkan surat tersebut, khususnya di hari Jumat. Dan rupanya, Al-Kahfi memang memiliki beberapa keunggulan, yaitu sebagai berikut:

Baca Juga
Meneladani Perjuangan Bayi Adam Fabumi, Pengidap Penyakit ‘Trisomy 13’ yang Baru Saja Berpulang
Tuhan Maha Adil, Begini Nasib Terkini Pasangan Tangerang yang Diarak karena Dituduh Mesum

Mendapat pengampunan dosa di antara dua dosa

Sebagai manusia biasa, tentu tiap harinya kita tak luput dari berbuat dosa. Itulah sebab kenapa kita dianjurkan untuk sering-sering memohon ampun, atas dosa yang dengan sengaja atau tanpa sengaja kita lakukan. Selain membaca istigfar, Rasulullah SAW juga meriwayatkan agar umatnya membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat.

Ilustrasi memohon pengampunan dosa [image source]
Karena dengan membaca surat tersebut penuh keikhlasan, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, yang nantinya akan menerangi saat hari kiamat serta diampuni dosanya di antara dua Jumat. Bisa dibayangkan, hanya beberapa menit yang kita luangkan untuk membaca Al-Kahfi, bisa diampuni dosa kita di antara dua Jumat.

Sebagai pelindung dari fitnah Dajjal

Sebagai muslim, mungkin kita tidak asing lagi dengan Dajjal. Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW, bahwa Dajjal adalah sosok yang akan muncul jelang hari kiamat. Hampir seluruh nabi memberi wasiat pada umatnya untuk berlindung pada Allah dari fitnah Dajjal.

Ilustrasi Dajjal [image source]
Karena orang-orang yang hidup di zaman Dajjal akan mendapat ujian iman yang begitu berat. Dan nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda bahwa siapapun yang menghafal surat sepuluh ayat terakhir surat Al-Kahfi akan terlindung dari fitnah Dajjal. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membaca Al-Kahfi di hari Jumat, sekaligus menghafalkan 10 ayat terakhirnya.

Disinari cahaya antara dirinya dengan Kabah

Sebagai umat muslim, tentu saja kita semua ingin pergi haji. Namun nyatanya, tak semua orang bisa beruntung bisa menginjakkan kaki di mekah dan berhadapan dengan Kabah. Namun, Nabi Muhammad SAW pernah meriwayatkan bahwa siapapun umat Islam yang membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat, maka akan disinari oleh cahaya antara dirinya dengan Kabah.

Surat Al Kahfi [image source]
Tentu sebagai muslim kita begitu ingin mendapat sinar tersebut, kan? Dan cara mendapatkannya begitu sederhana, dengan membaca Al-Kahfi. Sungguh Allah Maha Pemurah.

Melindungi rumah dari gangguan setan

Selama ini tentu kita tahu bahwa setan selalu ada di manapun, dan senantiasa terus menggoda manusia untuk melakukan dosa. Tiap harinya, setan juga menghuni rumah kita untuk membisikkan godaan yang menyesatkan.

Ilustrasi membaca al-quran di rumah [image source]
Namun, diriwayatkan Ibnu Mardawaih dari Abdullah Bin Mughaffal, yang menyebutkan bahwa rumah yang dibacakan surat Al-Kahfi dan Al-Baqoroh tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu. Sunnah membaca surat Al-Kahfi sendiri pada malam Jumat yang diawali sejak terbenamnya matahari di hari Kamis atau hari Jumatnya.

Itulah beberapa keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat. Semoga mulai hari ini, kita bisa menambah kebiasaan dengan amalan membaca surat Al-Kahfi demi mendapat pengampunan dan perlindungan dari Yang Maha Kuasa.

 

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
7 Artis Ini Pantang Makan Nasi Putih, Perubahannya Bikin Kamu Teriak ‘WOW’ Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 6 Tokoh-tokoh Terkenal Tanah Air yang Moksa atau Menghilang Tanpa Bekas Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah 4 Putri Super Cantik Faisal Harris dan Sarita, Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’ Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit! Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Tuhan Maha Adil, Begini Nasib Terkini Pasangan Tangerang yang Diarak karena Dituduh Mesum 8 Anak Artis Ini Nggak Kalah Cantik dari Ibunya, Bikin Para Cowok Rela Antri untuk Mendapatkannya 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah Perbandingan Kekayaan Beberapa Pengacara Kondang, Ada yang Bisa Buat Makan 3 Kampung loh Sempat Jadi Tontonan Wajib Anak 90an, Begini Nasib Pemain Shaolin Soccer Sekarang Inilah Tontaipur, Pasukan Spesial Angkatan Darat Indonesia yang Kemampuannya Luar Biasa
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA