5 Kapal Perang Hebat Milik Indonesia Ini Siap Menjaga Kedaulatan di Samudra

oleh Adi Nugroho
10:49 AM on Feb 20, 2016

TNI Angkatan Laut Indonesia memiliki banyak sekali kapal laut yang sangat hebat. Hingga saat ini jumlah kapal laut yang ada di Indonesia mencapai 148 buah. Jumlah ini dibagi menjadi empat armada yang di antaranya adalah armada pemukul, armada patroli, armada pendukung, dan armada kapal lainnya (biasanya berupa tanker).

BACA JUGA: 5 Hal ini Mungkin Akan Terjadi Jika Timor Leste Kembali ke Pangkuan Indonesia

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

Kapal yang ada ini kemungkinan akan ditambah mengingat jumlah sebanyak 148 masih kurang banyak untuk menjaga kedaulatan NKRI di lautan. Hingga tahun 2024 setidaknya Indonesia harus memiliki lebih dari 250 kapal laut agar penjagaan di negeri ini berjalan dengan sangat baik. Seperti yang telah dilakukan oleh tujuh kapal perang hebat ini. Mari kita simak bersama-sama.

1. Kapal Cepat Rudal (KCR) Clurit

Indonesia memiliki generasi pertama kapal cepat rudal (KCR) yang dinama Clurit. Kapal ini dibuat sepenuhnya oleh PT Palindo yang memiliki lokasi di Batam. Kapal ini dikembangkan sebagai kapal pemukul yang bergerak dengan sangat cepat. Bahkan bisa bermanuver dengan kekuatan mencapai 30 knot.

KRI CLurit [image source]
KRI CLurit [image source]
Rencananya kapal ini akan dibuat sebanyak 22 buah sesuai dengan permintaan dari TNI Angkatan Laut. Satu KRC Clurit mampu menampung setidaknya 35 personel dan 13 pasukan khusus. Semuanya orang akan mengoperasikan senjata berupa rudal C-702 SSm dan juga mesin penembak jenis AK-630 dengan kaliber 30 mm.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA