Serupa Tapi Tidak Sama, Miripnya Budaya India Dengan Budaya Indonesia

oleh Anas Anas
10:19 AM on Nov 2, 2016

Secara geografis, jarak antara India dan Indonesia sangat jauh. Pun demikian, tidak ada catatan sejarah yang mengaitkan sejarah Indonesia dengan sejarah India secara khusus. Oleh karenanya, baik Indonesia maupun India harusnya memiliki kebudayaan yang khas di negerinya masing-masing tanpa memiliki kemiripan.

Namun ternyata yang terjadi tidak demikian. Ada beberapa kebudayaan di India yang mirip dengan budaya Indonesia. Bahkan untuk beberapa hal, orang Indonesia akan dengan mudah beradaptasi dengan budaya India karena saking miripnya. Nah, sebenarnya apa saja kemiripan-kemiripan itu? Agar tidak penasaran, ini dia, serupa tapi tidak sama, miripnya budaya India dengan budaya Indonesia.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Kekayaan Rempah dalam Sajian Makanan

Indonesia dari dulu memang terkenal dengan kekayaan rempahnya. Tak heran jika setiap masakan khas Indonesia selalu bercampur rempah-rempah yang lezat dan menggugah selera. Di India juga terjadi hal yang demikian. Masakan India juga kaya akan perpaduan rempah-rempah layaknya di Indonesia. Kunyit, jahe, ketumbar, dan cengkeh adalah beberapa bumbu yang biasa digunakan dalam kuliner kedua negara.

Rempah-rempah [image source]
Rempah-rempah [image source]
Perbedaannya, kuliner India memakai kuantitas rempah yang lebih banyak ketimbang Indonesia. Jika Indonesia memiliki kuliner gulai kambing yang rasanya maknyus lengkap dengan nasinya, maka di India ada sajian gulai domba yang dipadukan dengan roti prata. Keduanya memiliki cita rasa yang membangkitkan selera. Ini jugalah yang menjadi kekhasan keduanya.

2. Nasi Sebagai Makanan Pokok

Nasi yang merupakan makanan pokok di Indonesia, ternyata juga mempunyai kedudukan yang sama di India. Baik di Indonesia maupun India, masyarakatnya sudah terbiasa makan dengan bermacam olahan nasi lengkap dengan lauk pauknya. Bedanya, di Indonesia nasi lebih penting daripada apapun. Sebagian masyarakat Indonesia beranggapan “belum makan” jika belum makan nasi, padahal ia sudah memakan bahan makanan lain yang mengandung karbohidrat, seperti mie ataupun roti.

Nasi India [image source]
Nasi India [image source]
Di India, roti sebenarnya juga menjadi makanan pokok yang lain. Sementara di Indonesia, roti hanya sekedar cemilan. Bahkan masyarakat Indonesia ada juga yang memakan nasi bercampur mie secara bersamaan, padahal keduanya sama-sama mengandung karbohidrat. Meski demikian, baik Indonesia maupun India mempunyai santapan nasi yang sudah mendunia, yakni nasi padang dari Indonesia dan nasi biryani dari India.

3. Miripnya Selera Musik India dan Indonesia

Di Indonesia memang banyak aliran musik, namun bila ada yang bertanya musik mana yang benar-benar asli dari Indonesia maka jawabannya pasti sepakat dangdut adalah musik Indonesia. Kekayaan bunyi dan irama pada musik dangdut dan juga cengkok khasnya bila didengarkan tidak akan jauh beda dengan musik India. Bahkan untuk memperkaya pertunjukkan musik keduanya terkadang juga dipadukan dengan bermacam tarian.

Dangdut dan musik India memiliki kemiripan [image source]
Dangdut dan musik India memiliki kemiripan [image source]
Musik dangdut selalu identik dengan gendang. Unsur melayu dan arab yang ada dalam lagu-lagu dangdut selalu disatukan oleh pukulan-pukulan gendang. Alat inilah yang menjadi nyawa dalam musik dangdut, meski juga tidak meminggirkan peran alat musik yang lain. Meskipun mirip, tapi tetap tidak ada klaim bahwa musik dangdut berasal dari India. Musik dangdut memang musik Indonesia.

4. Kebudayaan Cerita Mahabarata yang ada di India dan Indonesia

Kemiripan antara India dan Indonesia yang sukar dijelaskan sampai sekarang adalah adanya cerita Mahabarata di kedua negara. Jika ditanya kepada orang Indonesia, dari mana asal Mahabarata, jawabnya pasti Indonesia. Begitu juga sebaliknya, jika ditanya kepada orang India, dari mana asal Mahabarata, pasti jawabnya India. Kemiripan ini memang tidak lepas dari sejarah dulunya agama Hindu pernah bermukim lama di tanah Indonesia kuno.

Kemiripan Mahabarata di Indonesia dan India [image source]
Kemiripan Mahabarata di Indonesia dan India [image source]
Meski sama-sama memiliki cerita Mahabarata, ternyata ada bebarapa perbedaan cerita di dalamnya. Misalnya dalam Mahabarata versi India, Drupadi menjadi istri dari kelima Pandawa, yakni Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Tapi menurut Mahabarata versi Indonesia, Drupadi hanya menjadi istri dari Yudhistira. Ini tidak lepas dari budaya di Indonesia yang memang melarang seorang perempuan mempunyai banyak suami.

Nah, itulah tadi miripnya budaya India dengan budaya Indonesia. Meski mirip, tetap saja budaya Indonesia tidak bisa disamakan dengan budaya India. Bisa dikatakan budaya adalah wajah dari suatu negara. Oleh karenanya, setiap warga negara wajib untuk melestarikannya.

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA