6 Kelainan Genetik Paling Mencengangkan Dunia

oleh Alfry
11:00 AM on May 19, 2015

Di dunia yang luas ini banyak menyimpan berbagai kejutan salah satunya adalah adanya kelainan genetika yang menyebabkan suatu makhluk hidup memiliki bentuk yang berbeda dengan yang lainnya termasuk manusia. Berikut ini ada beberapa kasus kelainan genetika yang sempat menggemparkan dunia.

Bayi berbentuk seperti katak dan bayi bermata satu adalah beberapa kelainan genetik yang pernah ditemukan di dunia medis yang sempat mencengangkan dunia. Informasi tentang kejadian-kejadian seperti ini selalu menyebar cepat seperti virus dan menjadi pemberitaan global pada masanya. Berikut 6 kelainan genetik yang mencengangkan dunia.

Baca Juga
Inilah 6 Bahaya Terselubung yang Jarang Disadari Para Pengguna Kuis Lucu di Facebook, Berhati-Hatilah!
Merasakan Sensasi Jaringan 4G Ngebut Ala Smartfren Lewat Serunya Acara #Amazingfren

1. Bayi Bertangan Empat di India

Kasus yang pertama terjadi sekitar bulan April lalu. Saat itu seorang bayi lahir di sebuah kota kecil Dumri-Isri, India. Bayi yang saat itu belu diberi nama ini terlahir dengan memiliki empat lengan dan kaki. Nah karena keanehan bentuk fisiknya ini warga percaya bahwa bayi tersebut adalah jelmaan dari Dewa Ganesha. Sontak kabar menghebohkan ini tersebar luas dan warga berduyun-duyun datang ingin melihat karena penasaran.

Foto via Mirror
Foto via Mirror

Menurut medis, bayi laki-laki itu mengidap kondisi kembar siam yang tidak sempurna. Namun demikian warga penganut agama Hindu tetap bersikukuh bahwa bayi tersebut adalah jelmaan dewa Ganesha. Ganesha sendiri adalah salah satu dewa Hindu yang direpresentasikan sebagai dewa berkepala gajah dengan empat lengan. Saking dihormatinya, warga yang datang tak cuma melihat saja namun juga memberikan upeti pada bayi tersebut.

2. Bayi Dengan Wajah Mirip Katak di Nepal

Pada tahun 2006, seorang bayi aneh lahir di Charikot, distrik Dolakha, Nepal. Bayi yang belum sempat diberi nama tersebut lahir tanpa leher sehingga kepalanya terlihat langsung menyatu dengan tubuhnya. Keanehan lainnya terletak pada ukuran matanya yang sangat besar sehingga secara keseluruhan membuat wajah bayi ini mirip dengan katak.

Foto via Oddee
Foto via Oddee

Kondisi kelainan genetik yang menimpa pada bayi ini secara medis disebut dengan anencephaly yaitu cacat pada bagian tabung saraf yang menyebabkan otak tidak terbentuk dengan tepat. Bayi aneh ini akhirnya meningga setengah jam setelah dilahirkan oleh pasangan Nir Bahadur Karki dan Suntali Karki. Kabar atas kelahiran bayi aneh ini segera menyebar ke masyarakat sehingga mereka berbondong-bondong ke rumah sakit untuk melihat langsung kondisi bayi tersebut.

3. Manusia Berekor di India

Seorang pria memiliki ekor bulu di punggung bagian belakang dekat pinggang dan membuatnya menjadi sangat dihormati dan dipuja penduduk setempat. Adalah Chandre Oraon, pria dari India terlahir dengan kelainan berupa rambut yang tumbuh di bagian punggung bawah belakang seperti ekor yang membuat banyak orang percaya bahwa ia adalah inkarnasi dari dewa monyet bernama Hanuman.

Foto via Daily Mail
Foto via Daily Mail

Pria yang berasal dari Alipurduar, Bengal Barat ini memiliki keahlian memanjat pohon sehingga membuat orang makin percaya jika dirinya memang inkarnasi Hanuman. Setiap hari banyak warga yang mendatanginya untuk sekedar mencari berkah dengan cara memegang ekornya. Pernah saat kecil ekor rambut Oraon dipotong oleh ibunya dan yang terjadi kemudian ia jatuh sakit dan hampir mati. Setelah kejadian itu keluarganya percaya bahwa ekor tersebut memang berkah ilahi dan tidak perlu dipotong. Kini panjang ekor rambut Oraon telah mencapai 40 centimeter lebih.

4. The One Eye Baby di India

Kelainan genetika yang lainnya adalah seorang bayi perempuan bermata satu di India. Bayi ini lahir tahun 2006 dan mengidap kelainan genetika yang sangat langka yang disebut dengan cyclopia. Bayi lahir hanya memiliki satu mata yang ada di tengah dahinya, tidak memiliki hidung dan otaknya menyatu menjadi satu belahan tunggal.

Foto via ebaumsworld
Foto via ebaumsworld

Beberapa staf medis yang menangani kelahiran bayi aneh ini percaya jika kondisi bayi tersebut disebabkan oleh eksperimen obat anti kanker. Namun penyebab kelainan pada bayi yang ada di laporan rumah sakit menyebutkan bahwa bayi malang tersebut mengalami kelainan genetika cyclopia. Dengan cacat yang seperti itu sang bayi harusnya tidak bisa bertahan hidup hingga lahir, namun keajaiban terjadi saat bayi terlahir dalam keadaan hidup dan sempat bertahan selama satu hari.

5. Pria Asal China Memiliki Jari Tangan Super Besar

Di Indonesia keadaan dimana bagian tubuh membengkak dikenal dengan sebutan kaki gajah. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh sejenis cacing benang putih yang ditularkan melalui nyamuk. Nah kondisi serupa juga dialami seorang pria asal China bernama Liu Hua. Ia menderita kondisi langka yang dikenal dengan macrodactyly. Jari tangannya yang sebelah kiri membesar beberapa kali lipat melebihi ukuran normal.

Foto via Oddee
Foto via Oddee

Saat ia masuk rumah sakit di Shanghai tahun 2007, ibu jari tangan kirinya diukur memiliki panjang sekitar 25 sentimeter dengan berat mendekati 6 kilogram. Akhirnya dokter memutuskan untuk melakukan operasi pada jari tangan Liu Hua. Ia menjalani operasi selama tujuh jam untuk mengembalikan bentuk normal jari-jari tangannya. Secara medis kelainan seperti itu dikenal dengan sebutan lymphedema yang memungkinkan beberapa bagian tubuh membesar menjadi ukuran yang luar biasa.

6. Wanita Dengan Kaki Terbalik di China

Dengan kaki yang normal saja kadang-kadang orang masih kesulitan berjalan jika melewati beberapa trek yang sulit lantas bagaimana dengan orang yang memiliki kaki terbalik? Nah kelainan seperti ini dialami oleh seorang wanita China bernama Wang Fang. Wanita yang berasal dari kota Chongqing ini lahir dengan kaki yang menghadap arah yang salah.

Foto via Oddee
Foto via Oddee

Jika pada umumnya jari-jari kaki menghadap ke depan maka jari kaki wanita ini menghadap ke belakang tubuh. Namun demikian selama hidupnya ia telah belajar untuk dapat beraktifitas sebagaimana mestinya seperti orang normal.

Hasilnya ia mampu melakukan hal-hal normal lainnya dan ia juga menolak untuk dianggap sebagai orang cacat karena ia mengaku bahwa dirinya mampu berjalan normal bahkan lebih cepat ketimbang teman-temannya yang normal. Kini wanita ini berkerja sebagai pelayan restoran di rumah makan milik keluarganya.

Itulah beberapa kelainan genetika yang pernah menggemparkan di dunia. Apakah Anda pernah menjumpai kejadian serupa? Share pengalamanmu di kolom komentar.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA