Ini Alasan Kenapa Indonesia Harus Mulai Memperhitungkan kekuatan Militer Singapura

oleh Rizal
13:51 PM on Sep 17, 2016

Sebenarnya adalah hal yang lucu kalau kita membandingkan militer Indonesia dan Singapura. Alasannya nggak lain karena kita dan mereka itu terlalu jauh beda kekuatannya. Berdasarkan data Global Fire Power nih, Indonesia itu ada di peringkat 14 sedangkan Singapura terpuruk di ranking 64 dunia. Dari sini saja kita sudah bisa bayangkan sendiri kalau Indonesia sama sekali bukan tandingan bagi Singapura.

Singapura mungkin bukan tandingan Indonesia, tapi tidak berarti mereka benar-benar lemah lho. Diam-diam negara kecil ini melakukan banyak gebrakan hebat soal militer. Nggak hanya mulai mengoleksi alutsista-alutsista mumpuni, tapi mereka juga berani menganggarkan beberapa persen ABPN mereka untuk militer yang jumlahnya lebih besar dari Indonesia. Lantaran hal-hal ini, Singapura pun diprediksi bakal jadi kekuatan baru di Asia Tenggara nantinya, dan cukup mungkin untuk menggeser posisi Indonesia.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Masih tentang militer Singapura, berikut adalah beberapa fakta soal kekuatan mereka yang harusnya jadi hal yang wajib diwaspadai Indonesia.

Jumlah Tentara Aktif Indonesia Memang Lebih Banyak, tapi…

Dibandingkan dengan Indonesia, jumlah tentara aktif Singapura jauh lebih sedikit. Indonesia memiliki sekitar 476 ribu pasukan, sedangkan Singapura hanya mempunyai sekitar 70 ribu tentara saja. Jumlah tentara mereka mungkin memang sedikit, tapi dalam kondisi tertentu Singapura ternyata sangat mungkin mengungguli kita.

Tentara Singapura [Image Source]
Tentara Singapura [Image Source]
Ya, dalam keadaan total war, Indonesia mungkin bakal seimbang dengan Singapura soal jumlah tentara. Hal ini dikarenakan adanya tentara lapis kedua mereka yang jumlahnya hampir satu juta orang. Tentara lapis kedua ini datang dari wajib militer. Meskipun katakanlah mereka tak benar-benar mahir, tapi punya basis. Indonesia sendiri hanya memiliki 400 ribu orang saja untuk tentara lapis keduanya. Jadi, secara keseluruhan kita kalah jumlah dengan mereka.

Alutsista Darat Singapura Lumayan Mumpuni

Kalau berbicara alustista, terutama di ranah darat, jelas Indonesia menang telak. Tapi, kondisi ini tidak mutlak karena Singapura juga punya koleksi yang nggak main-main. Soal tank, Indonesia mungkin menang banyak dengan jumlah 478 buah sedangkan Singapura hanyalah 212 saja. Tapi, untuk kendaraan tempur taktis kita dilumat habis oleh mereka.

Kekuatan darat Singapura ngeri [Image Source]
Kekuatan darat Singapura ngeri [Image Source]
Diketahui jumlah pasti kendaraan tempur taktis mereka adalah 2.192. Jumlah ini mengalahkan Indonesia yang cuma punya 1,089 buah saja. Kalau dilihat dari jumlah ini, mereka punya hampir dua kali lipat Indonesia. Kondisi ini adalah hal yang cukup miris. Singapura yang sekecil itu nyatanya bisa punya lebih banyak alutsista perang.

Kekuatan Laut Singapura Ternyata Cukup Ngeri

Sebagai negara maritim yang luas, Indonesia memang dikenal memiliki kekuatan kelautan yang hebat. Salah satu buktinya adalah bercokolnya nama NKRI sebagai negara dengan kekuatan laut terhebat nomor 10 di dunia. Singapura sendiri ada di peringkat 59 di daftar yang sama. Meskipun demikian, kita sama sekali nggak boleh anggap enteng si negara tetangga ini.

Kekuatan laut Singapura hebat [Image Source]
Kekuatan laut Singapura hebat [Image Source]
Kalau kita bedah alutsista lautnya, Singapura ternyata punya koleksi yang mengerikan. Misalnya jumlah Frigates sebanyak 6 buah, Corvette 6 buah, serta yang ngeri adalah kapal selam mereka yang juga berjumlah 6 buah. Dari deretan alutsisa ini, kita hanya menang jumlah Corvette saja. Selebihnya mereka yang punya lebih banyak.

Sulit Dipercaya, Kekuatan Angkasa Kita Kalah

Untuk darat dan laut mungkin kita bisa dibilang seimbang bahkan sedikit unggul dari Singapura. Tapi, lain cerita kalau soal kekuatan udara. Ya, siapa sangka ternyata Singapura menang telak dengan Indonesia. Hal ini bisa kita lihat dari jumlah alutsista mereka yang ternyata lebih banyak dari Indonesia. Khususnya untuk perlengkapan perang.

Kekuatan udara Singapura [Image Source]
Kekuatan udara Singapura [Image Source]
Misalnya nih, jumlah pesawat tempur. Singapura punya sekitar 119 biji, sedangkan Indonesia hanya memiliki sekitar 35 saja. Belum lagi jumlah helikopter serang, Singapura memiliki 17 buah dan Indonesia hanya 5 saja. Indonesia mungkin menang jumlah pesawat pengangkut, tapi alutsista itu hanya sebagai penopang saja. Singapura sendiri pun sebenarnya juga punya lumayan banyak pesawat pengangkut.

Indonesia Kalah Budget

Membandingkan kekuatan militer tak hanya melulu alutsista dan tentara. Budget militer juga harus selalu dikaitkan. Pasalnya, dari situ kita jadi tahu kekuatan beli sebuah negara. Nah, dalam hal budget, Indonesia kalah cukup telak dengan Singapura.

Budget militer Singapura besar [Image Source]
Budget militer Singapura besar [Image Source]
Diketahui Singapura memang menganggarkan banyak sekali pengeluaran untuk militer. Jumlahnya sendiri sekitar $9,7 miliar per tahun. Indonesia sendiri hanya menganggarkan sekitar $6,9 miliar. Ini adalah fenomena yang cukup miris sebenarnya, bagi Indonesia khususnya. Bagaimana tidak, Singapura yang sekecil ini saja berani jor-joran, Indonesia yang begitu luas tidak berani terlalu berlebihan. Entah, tapi yang jelas orang-orang di pemerintahan punya perhitungannya sendiri. Yang jelas kita tetap kalah duit melawan Singapura.

Singapura, negara kecil ini diam-diam ternyata luar biasa. Okelah hari ini mereka bukan apa-apa, tapi kalau melihat gelagat yang dilakukannya, sangat mungkin beberapa tahun ke depan Singapura bakal jadi kekuatan terhebat di Asia Tenggara. Indonesia juga harus berbenah. Jangan sampai kalah dengan negara sekecil itu. Bukan hanya untuk pamor tentu saja, tapi juga tujuan yang lebih penting lainnya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA