5 Fakta Kehebatan Sun Go Kong ‘Kera Sakti’ yang Bikin Anak-Anak 90-an Terpesona

Sun Go Kong adalah idola para cowok dan cinta pertama para cewek angkatan 90-an

oleh Nikmatus Solikha
16:00 PM on Aug 17, 2017

Kamu yang angkatan 90-an tentu nggak asing sama serial asal Hongkong bertajuk ‘Kera Sakti’. Kisahnya sendiri menceritakan tentang petualangan Biksu Tong beserta muridnya yang terdiri dari Sun Go Kong, Chu Pat Kai dan Adik Sha. Pada masanya, serial tersebut benar-benar fenomenal. Mungkin kamu juga salah satu penggemar yang nggak pernah sekalipun ketinggalan satu episodenya, ya?

Nggak heran sih kalau kisah mereka jadi fenomenal. Selain tiap episodenya menceritakan petualangan seru, komedi yang membumbui Kera Sakti bikin cerita mereka nggak bikin boring. Dari semua tokoh yang ada dalam serial tersebut, Sun Go Kong yang paling banyak penggemarnya. Tentu bukan tanpa alasan, selain pemerannya cakep, diceritakan bahwa doi juga punya 5 kehebatan ini.

Baca Juga
Kebanyakan Micin, Seperti Ini Pose Kocak Para Kids Zaman Now Saat Pingin Eksis di Sosmed
Mulai Adegan Ketabrak Lebay Sampai Ibu Tiri, 6 Kejadian Klise Ini Pasti Selalu Muncul di Sinetron Indonesia

Punya tongkat sakti

Tahu dong ya, sebagai pelengkap bela diri, Go Kong juga punya tongkat sakti yang bisa mengecil seperti jarum—bahkan bisa disimpan dalam telinga. Tongkat tersebut juga bisa membesar seukuran tiang raksasa. Masih inget nggak sih, Go Kong dapetin tongkat sakti itu dari mana? Iya, dulu Go Kong merampas ‘Tiang yang Menenangkan Lautan’. Awalnya, saat pertama kali didekati, tongkat tersebut bersinar seolah-olah menyukai Go Kong.

Tongkat sakti yang selalu setia menemani [image source]
Tiang tersebut juga memperbolehkan Go Kong menggunakannya sebagai senjata dan menyimpannya dalam telinga saat ukurannya sebesar jarum jahit. Tongkat tersebut merasa menemukan pemiliknya. Meski demikian, bukan berarti isi lautan setuju saat penyangga lautan dibawa pergi. Karena tetap memutuskan buat ngerampas si tongkat, akhirnya huru-hara terjadi di lautan, hal itu karena para makhluk laut ketakutan akibat tidak ada benda yang mengawal pasang surut di lautan.

Menguasai Ilmu 72 Perubahan

Guru Tong dulunya emang dikenal dengan wibawa dan kegantengannya, tapi kepopulerannya tentu berada di bawah Sun Go Kong. Kenapa? Mungkin salah satunya karena guru Tong nggak punya kehebatan seperti Sung Go Kong, termasuk kemampuan dalam berubah bentuk menjadi apapun yang dia inginkan. Ilmu yang biasa disebut dengan 72 perubahan itu awalnya dipelajarinya di sebuah perguruan yang mempertemukannya dengan Putri Kipas dan juga Raja Kerbau, mereka pun akhirnya jadi saudara seperguruan.

Sun Go Kong menguasai jurus 72 perubahan [image source]
Dan ternyata Go Kong bisa dengan cepat menguasainya. Selain bisa berubah menjadi bermacam-macam bentuk, ia pun mampu mengklonkan dirinya menjadi banyak. Tapi, karena sakti gitu doi jadi lupa daratan, Guys. Inget kan betapa sombongnya dia di beberapa episode? Mentang-mentang kuat, dia jadi membuat kerusuhan di kayangan. Bahkan sampai menewaskan ribuan pasukan di sana. Ampun, dah!

Punya mata yang bisa melihat wujud asli siluman

Tiap jengkal petualangan Go Kong emang selalu bikin cerita jadi seru, bahkan ketika dia melakukan hal yang usil. Masih inget nggak sih saat Go Kong pergi ke kayangan dan membuat kerusakan di sana? Saking jengkelnya, pihak kahyangan akhirnya menangkap Go Kong dan memasukkannya ke dalam tungku api sebagai hukuman karena kelakuan lancangnya yang berani menantang raja kahyangan.

Go Kong Punya mata ajaib [image source]
Tapi bukannya menjadi abu, di dalam tungku tersebut Go Kong malah menelan pil api. Di hari ke 49, tungku tersebut meledak dan Go Kong keluar dari sana dengan kekuatan lebih besar. Sejak menelan pil api, Go Kong jadi punya kekuatan mata api, yaitu kemampuan untuk melihat wujud asli siluman. Keren banget, dah!

Kendaraannya super keren, awan Kinton

Apa sih yang bikin seorang cowok jadi keren dan mempesona? Tunggangannya moge super mahal? Itu sih mainstream. Go Kong dong, kendaraannya awan Kinton. Seperti halnya tongkat emasnya yang selalu setia dan nurut, awan Kinton juga demikian.

Kera Sakti naik Awan Kinton [image source]
Awan ajaib tersebut selalu datang kapanpun dibutuhkan, udah kayak peliharaan. Awan tersebut juga yang bisa bikin Go Kong bisa terbang dengan jarak 108.000 li atau setara dengan 540.000 km. Dengan awan Kinton, Go Kong bisa bawa kamu keliling dunia. Kalau motor mah palingan keliling kota aja ya, hehe…

Bisa mengubah setiap bulu yang ada di tubuhnya sebagai barang atau makhluk

Konon, dalam tubuh Go Kong terdapat 84000 helai bulu yang bisa dirubah jadi pelbagai macam bentuk dan makhluk. Dengan segenap kehebatan itu, mudah saja Go Kong meninggalkan gurunya dan mencari kesenangannya sendiri. Tapi lho, jangan lupa kalau di kepalanya ada sebuah mahkota yang bakal bereaksi dengan bacaan-bacaan mantra dari sang guru.

Mahkota Sung Go Kong [image source]
Walhasil, tiap kali Go Kong melakukan kenakalan, langsung deh dibacakan mantra yang bikin Go Kong sakit kepala. Jurus andalan tersebut yang akhirnya bisa bawa Go Kong jadi monyet yang lebih baik. Alhamdulillah ya.

Itulah sedikit ulasan tentang kehebatan Sun Go Kong, idolanya para cowok dan juga cinta pertama para cewek angkatan 90-an. Kalau udah gini, rasanya jadi pengen nonton lagi ya. Pasti banyak banget yang bikin kangen setengah mati, termasuk sountracknya, Seekor kera terpuruk terpenjara dalam gua. Di gunung tinggi sunyi tempat hukuman para dewa. Bertindak sesuka hati loncat ke sana kesini. Hiraukan semua masalah di muka bumi ini. Beneran nggak terlupakan, ya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA