Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah

Semoga kedepannya pemerintah masih terus memberikan perhatian khusus bagi para veteran

user profile 7 bulan lalu Editorial

Mungkin sebelumnya banyak dibahas bahwa begitu banyak pejuang veteran yang hidupnya sengsara di masa tua. Padahal, sebagai sosok pahlawan yang turut andil dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, mereka patut mendapat tunjangan atau sesuatu yang menjamin mereka hidup makmur di usia senja. Namun sayang, masih begitu banyak mantan veteran yang masih berjuang demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan, ada yang jadi tukang becak sampai mengemis di jalanan.

Melihat beberapa media yang memuat berita tentang kabar terbaru para pejuang tersebut, tentu membuat hati kita teriris. Beruntung, di hari peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-72 ini, pemerintah memberikan penghargaan bagi para sesepuh bangsa. Berikut ini adalah wujud terima kasih pemerintah pada para pejuang.

48 orang veteran yang tinggal di DKI Jakarta mendapat bantuan renovasi rumah

Nyatanya, para mantan pejuang veteran saat ini punya kondisi ekonomi yang tak begitu baik. Menyadari hal itu, BUMN menghadirkan program untuk negeri. Beberapa nama yang tercatat sebagai veteran di daerah DKI Jakarta dan Jawa Barat mendapatkan bantuan bedah dan renovasi rumah secara berkala mulai bulan Juli hingga Desember mendatang. Memang, bantuan bedah rumah tersebut tidak berlaku pada semua veteran.

 

Penyerahan bantuan secara simbolis [image source]
Setelah dilakukan survei, pihak BUMN mengantongi beberapa nama pahlawan yang memiliki rumah tak layak huni. Bantuan bedah dan renovasi itu sendiri diserahkan secara simbolis oleh Direktur Utama PT. Pupuk Indonesia (Persero), Aas Asikin Idat selaku pemimpin BUMN setelah peringatan HUT ke-72 RI di halaman Kementrian BUMN.

Veteran Halmahera dapat bantuan berupa rumah siap huni

Umarto, salah seorang veteran di Halmahera mengaku begitu bahagia. Pasalnya, di HUT ke-72 RI ini, ia mendapat bantuan yang begitu layak. Bukan hanya mendapat penghargaan berupa lencana saja, kali ini Umarto dan beberapa rekan seperjuangan mendapat hadiah berupa hunian baru.

Sejumlah veteran Halmahera mendapat bantuan rumah baru [image source]
Pemerintah setidaknya menyiapkan 18 unit rumah untuk para veteran, 20 unit bedah rumah dan satu lapangan sepak bola, dan satu unit gedung SMA 12 hingga sejumlah uang untuk masyarakat kurang mampu. Menteri BUMN RI, Rini M. Soemarno berkesempatan menyerahkan bantuan secara simbolis setelah melaksanakan upacara bendera.  Bantuan dengan total Rp. 3 miliar tersebut diharapkan bisa membuat para pejuang menikmati hari tua mereka lebih layak.

Total 724 veteran di Indonesia mendapat bedah rumah

Ratusan veteran mendapat bantuan bedah rumah [image source]
Tahun ini, sepertinya pemerintah memang gencar memberikan penghargaan bagi para pejuang veteran. Melihat keseriusan pemerintah, setidaknya kita bisa turut berbahagia. Tak hanya DKI Jakarta dan Halmaheran, sejumlah veteran di wilayah Indonesia yang lain juga terus disurvei untuk mendapat bantuan yang layak. Seperti halnya di daerah Bandar Lampung dan sekitarnya, Boyolali masih banyak daerah lain. Jika ditotal, setidaknya ada 724 unit rumah yang dibedah sebagai ungkapan terima kasih dan bentuk penghargaan.

Angkasa Pura menyediakan perumahan khusus untuk para veteran

Angkasa Pura Aceh juga menyiapkan perumahan [image source]

GM PT Angkasa Pura II Yos Suwagiyono mengatakan jika pihaknya telah bekerjasama dengan BUMN guna memberikan bantuan berupa hunian pada para veteran. Bantuan tersebut merupakan bentuk ungkapan terima kasih pada para pejuang yang banyak berjasa membangun kemerdekaan. Yos Suwagiyono berharap bantuan tersebut tidak dilihat dari jumlah yang diberikan, namun niat baik dan ketulusan.

Semoga bantuan berupa hunian bagi para veteran tersebut membantu mereka untuk hidup lebih baik. Setelah berjuang di masa lalu, sudah selayaknya para pejuang menikmati masa tua mereka dengan lebih baik. Bukankan bangsa besar adalah mereka yang menghargai jasa pahlawannya?

Artikel Terkait