5 Kebudayaan Paling Kuno ini Masih Bertahan Sampai Sekarang

oleh Adi Nugroho
10:00 AM on Feb 28, 2016

Suatu kebudayaan tercipta dari satu masa ke masa yang lain. Namun, tak semua kebudayaan atau ini mampu bertahan dengan baik. Perang, wabah penyakit, dan faktor-faktor lainnya membuat kebudayaan ini jadi lenyap. Bahkan tak bersisa kecuali peninggalan berupa bangunan kuno dan artefak-artefak yang memiliki banyak sekali misteri.

Meski banyak sekali kebudayaan yang telah punah. Saat ini masih ada kebudayaan yang bertahan hingga usianya mencapai ribuan tahun. Kebudayaan ini terus bertahan karena memiliki struktur yang kuat serta lebih beruntung dibanding kebudayaan lain yang punah tak bersisa. Dan inilah kebudayaan kuno yang berhasil Boombastis rangkumkan buat anda semua.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Kebudayaan Yahudi

Yahudi adalah salah satu kebudayaan kuno yang masih bisa bertahan sampai sekarang. Kebudayaan ini diperkirakan sudah ada sejak tahun 1.200 sebelum masehi atau lebih dari 3.000 tahun. Lamanya kebudayaan ini membuat banyak sekali produk budaya Yahudi yang menyebar di seluruh dunia, terutama di area Eropa dan Amerika.

Orang Yahudi [image source]
Orang Yahudi [image source]
Kekuatan budaya Yahudi dan peradabannya inilah yang membuat Hitler di masa lalu begitu berang. Ia tahu jika bangsa ini akan bertahan dan berkembang begitu pesat seperti sekarang. Bahkan, jumlahnya telah mencapai 15 juta orang. Mereka menyebar di seluruh penjuru dunia dan paling banyak terdapat di Israel dan Amerika. Dari sini kita bisa tahu kenapa Israel dan Amerika memiliki hubungan yang sangat baik.

2. Kebudayaan Tiongkok

Kebudayaan Tiongkok dipercaya telah ada di tahun 2.000 sebelum masehi. Dinasti pertama itu dinamai dengan dinasti Xia. Lambat laun dinasti di Tiongkok berkembang semakin besar hingga bisa menjadi seperti sekarang. Meski saat ini Tiongkok menjadi sebuah negara dan bukan sebuah kerajaan, semua nilai budayanya tetaplah dijaga selama 4.000 tahun.

Situs budaya di Tiongkok [image source]
Situs budaya di Tiongkok [image source]
Lamanya kebudayaan yang ada di Tiongkok membuat negeri ini banyak sekali menyimpan benda bersejarah. Di Asia, Tiongkok lah negara yang banyak sekali menyimpan kebudayaan yang terbilang kuno dan terus bertahan hingga sekarang. Jika saja Tiongkok tak mampu mempertahankan budayanya, saat ini kita tak akan mengenal negara adidaya yang bikin gemas Amerika.

3. Kebudayaan Persia

Pernah memainkan game yang berjudul Prince of Persia? Ya, game itu terinspirasi dari Kebudayaan Persia yang saat ini telah berganti menjadi Iran. Kebudayaan Persia telah ada sejak tahun 500 sebelum masehi. Dari masa ke masa, seperti halnya Tiongkok, kebudayaan ini berkembang dengan pesat dan menghasilkan banyak sekali produk budaya seperti arsitektur, lagu, tarian, hingga strategi perang.

Peninggalan kebudayaan Persia [image source]
Peninggalan kebudayaan Persia [image source]
Oh ya, saat ini Persia telah berubah menjadi negara Iran. Negara ini berada di seberang Jazirah Arab dan menjadi musuh bebuyutan negara suku-suku Arab sejak dulu. Pemicunya adalah masalah persaingan penjualan minyak ke dunia dan pengembangan senjata nuklir yang saat ini mulai dipercepat oleh Iran.

4. Kebudayaan Lembah Indus

Kebudayaan yang ada di Lembah Indus telah ada sekitar tahun 3.000 sebelum masehi. Saat ini kebudayaan dari Indus ini telah menjadi India di era modern. Di masa lalu sebelum Hindu masuk, semua orang di tempat ini telah memiliki sebuah kebudayaan yang unik dan masih ada hingga sekarang. Orang-orang India, terutama di daerah-daerah lembah masih menganut kebudayaan kuno yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Peninggalan lembah Indus [image source]
Peninggalan lembah Indus [image source]
Kebudayaan dan Agama Hindu baru masuk ke India sekitar tahun 1.500 sebelum masehi. Atau tepatnya di era Verdic di mana kepercayaan adalah yang penting. Dari sana, India terus berkembang hingga sekarang mereka menyebut negaranya sebagai Hindustan. Oh ya, India juga pernah dikuasai beberapa Kerajaan Islam besar meski akhirnya hancur di tengah jalan.

5. Kebudayaan Mesopotamia

Kebudayaan Mesopotamia ada sejak tahun 5.000 sebelum masehi. Sejak saat itu kebudayaan itu terus berkembang dengan sangat pesat meski harus mengalami jatuh bangun. Oh ya, Mesopotamia juga pernah terbagi menjadi beberapa sub kebudayaan seperti Akkadia, Assyiria, dan Babilonia. Dari tiga kebudayaan ini akhirnya terbentuklah sebuah kebudayaan yang saat ini sering kita sebut sebagai Irak.

Irak modern [image source]
Irak modern [image source]
Di masa lalu, wilayah ini memiliki sebuah kota kuno yang memiliki nama Uruk. Nama Irak yang ada sekarang kemungkinan besar adalah turunan kata dari Uruk. Saat ini Irak telah berkembang menjadi negara modern meski terus mengalami konflik yang berkepanjangan.

Inilah lima kebudayaan paling kuno yang masih bisa bertahan sampai sekarang. Mereka mungkin telah melakukan modernisasi di berbagai sektor. Namun akar dari kebudayaannya masih ada hingga sekarang. Ah, andai saja kebudayaan di zaman Majapahit masih ada, kira-kira seperti apa yang sekarang, sobat Bombastis?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA