10 Kebiasaan Aneh Hewan yang Tak Pernah Anda Dengar Sebelumnya!

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Aug 8, 2015

Dalam dunia manusia, kebiasaan aneh sering dianggap sesuatu yang tak masuk akal. Bayangkan saja, ada manusia yang gemar sekali makan tanah dengan alasan diet. Lalu ada yang suka makan obat nyamuk bakar, hingga minum darah manusia untuk keperluan ritual. Tahukah anda jika kebiasaan aneh ini juga dialami hewan?

Mereka melakukan sebuah aksi di luar kebiasaan. Bahkan ilmuwan yang meneliti tidak dapat menjelaskan penyebabnya. Hewan ini bisa melakukan banyak hal mulai dari mem-bully temannya hingga stress. Wow! Dari pada penasaran, langsung saja kita simak sepuluh kebiasaan aneh hewan yang tak pernah anda dengar sebelumnya!

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

1. Hewan yang Sukanya Membuli Temannya!

Dalam dunia manusia, budaya mem-bully selalu ada di setiap tempat. Entah itu di sekolah atau pun di kantor. Pem-bully-an biasanya dilakukan oleh senior kepada junior atau dari yang kuat ke yang lemah. Dalam dunia hewan ternyata hal semacam ini juga ada. Bahkan efeknya sangat mengerikan.

Hewan yang Sukanya Membuli Temannya! [image source]
Hewan yang Sukanya Membuli Temannya! [image source]
Ratu dari tikus mondok selalu mem-bully para betina lain. Saat betina lain mendekat, dia akan membuat suara yang keras, bahkan mengejarnya lalu menyiksa. Hal ini dilakukan oleh ratu tikus agar hanya dia yang mampu menghasilkan anak. Tikus betina yang lain akan mengalami stress hingga tak mampu melakukan perkawinan dengan tikus mondok jantan.

2. Hewan yang Mengubur Temannya, Bahkan Mengunjungi Makamnya!

Kebiasaan mengubur seorang yang telah meninggal biasanya dilakukan oleh manusia. Bahkan di hari tertentu mereka datang ke makam untuk sekadar melepas rindu atau mendoakan orang terkasih yang telah tiada itu. Kebiasaan ini ternyata dilakukan juga oleh hewan gajah.

Hewan yang Mengubur Temannya, Bahkan Mengunjungi Makamnya! [image source]
Hewan yang Mengubur Temannya, Bahkan Mengunjungi Makamnya! [image source]
Gajah akan melakukan penguburan terhadap rekannya yang mengalami kematian. Mereka akan menutup jasad dengan daun atau semak. Kebiasaan lain yang dilakukan oleh para gajah adalah datang ke makam temannya. Bahkan mereka rela menghabiskan waktu selama beberapa saat di sana. Seperti manusia saja ya aksi mereka!

3. Menyemprotkan Darah Untuk Pertahanan Diri

Kita sebagai manusia biasa akan bingung jika tubuh kita berdarah. Hidung mimisan bisa membuat kita panik dan berpikir macam-macam. Keluarnya darah dari tubuh manusia membuat kita takut jikalau ada penyakit parah yang menjangkiti tubuh kita. Namun tahukah anda jika ada hewan yang sengaja menyemprotkan darah ke luar tubuhnya?

Menyemprotkan Darah Untuk Pertahan Diri  [image source]
Menyemprotkan Darah Untuk Pertahan Diri [image source]
Hewan jenis kadal ini mengeluarkan darah untuk membela diri. Predator yang akan menyerang bisa mendadak mundur karena takut dengan cipratan darah. Karena dalam dunia binatang, darah juga dianggap sesuatu yang mengerikan, lho! Kira-kira si kadal ini bakalan anemia nggak ya jika setiap kali dikejar predator mengeluarkan darah terus?

4. Kompensasi Kejelekan dalam Dunia Hewan

Banyak pria zaman sekarang yang punya prinsip: muka pas-pasan nggak masalah asal dompetnya tebal. Dengan begitu cewek cantik juga nempel sendiri. Dari kasus ini kita belajar namanya kompensasi. Uang yang banyak digunakan sebagai kompensasi wajah dari pria yang mengaku pas-pasan. Dengan begitu ia tidak akan merasa minder karena punya pasangan yang sangat cantik.

 Kompensasi Kejelekan dalam Dunia Hewan [image source]
Kompensasi Kejelekan dalam Dunia Hewan [image source]
Hal serupa juga dilakukan oleh burung Finch. Jantan yang memiliki buku dan wajah jelek biasanya membagi makanan porsi super besar pada betina. Hal ini dilakukan karena ia ingin memberi kompensasi akan gennya yang buruk kepada calon bayi yang masih berada di dalam telur. Ada-ada saja!

5. Herbivora yang Mendadak Jadi Karnivora

Herbivora adalah makhluk yang mendapatkan nutrisi hanya dari sayuran. Sedangkan Karnivora adalah makhluk yang mendapatkan nutrisi hanya dari daging. Kita mengenal herbivora seperti sapi, kambing, hingga kuda. Sedangkan hewan yang karnivora bisa berupa kucing, harimau, hingga buaya.

Herbivora yang Mendadak Jadi Karnivora [image source]
Herbivora yang Mendadak Jadi Karnivora [image source]
Namun untuk beberapa kasus yang sangat jarang, hewan herbivora seperti kambing dan sapi bisa menjadi karnivora. Mereka akan memangsa temannya sendiri meski sebenarnya bukan makanan yang cocok. Ilmuwan yang meneliti perilaku ini mengatakan jika sapi atau kambing bisa memakan kawannya jika mendapatkan nutrisi yang kurang dari makanannya. Serem!

6. Remaja yang Nakal!

Tak hanya remaja manusia saja yang terkenal nakal dan suka coba-coba. Remaja dari gajah juga melakukan hal yang sama. Jiwa muda mereka yang meluap-luap menyebabkan tetangganya, si badak, kesusahan. Bagaimana tidak, remaja gajah ini suka bermain anarki hingga membuat banyak sekali badak mati tak berdosa.

Remaja yang Nakal!  [image source]
Remaja yang Nakal! [image source]
Mengetahui hal ini, ilmuwan melakukan sebuah program pendampingan. Nama dari program ini adalah “big brother”. Gajah remaja yang nakal akhirnya diarahkan atau dijauhkan dari kerumunan badak. Dan ternyata program ini berhasil. Puluhan hingga ratusan badak malang akhirnya terselamatkan nyawanya!

7. Suka Merokok

Rokok adalah penyebab utama kanker pada manusia. Asap yang penuh zat berbahaya mampu membuat tubuh manusia mati secara perlahan-lahan. Selain itu rokok juga mengandung zat addictive yang membuat manusia jadi susah berhenti. Akibatnya mereka akan terus merokok sampai kapan pun.

Suka Merokok [image source]
Suka Merokok [image source]
Ada satu hewan yang sangat menyukai merokok di dunia ini: Orangutan. Hewan yang memiliki kromosom menyerupai manusia ini secara tidak sengaja menemukan puntung rokok dan mengisapnya. Akhirnya orangutan bernama Tori ini kecanduan. Pengelola kebun binatang ingin menyetop kebiasaannya, namun selalu gagal karena si Tori bakalan ngambek seharian dengan gulung-gulung di tanah!

8. Membuat Suami Sendiri

Manusia akan merasa sendiri jika tak memiliki pasangan. Itulah mengapa pernikahan adalah hal yang paling diinginkan olehnya. Hal berbeda justru dilakukan oleh hewan sejenis kutu bernama Histiostoma murchiei. Bagi hewan ini tidak masalah jika ia tak memiliki pasangan karena bisa membuatnya sendiri! Nahlo, bagaimana caranya?

Membuat Suami Sendiri  [image source]
Membuat Suami Sendiri [image source]
Histiostoma murchiei akan bertelur dengan jumlah yang sangat banyak. Telur ini bisa menetas tanpa dibuahi terlebih dahulu. Dari telur akan muncul kutu jantan, nah anak jantannya ini akan digunakan untuk membuahi telurnya yang lain. Malangnya, anak jantan dari kutu ini akan mati usai menjalankan tugasnya.

9. Menarik Perhatian Pasangan Dengan Buang Hajat

Apa yang biasanya anda lakukan untuk menarik hati lawan jenis anda? Berdandan yang baik hingga anda terlihat lebih bercahaya? Atau memakai wewangian yang membuat calon pasangan anda jadi klepek-klepek? Jawabannya mungkin beragam. Sementara kita selalu ingin nampak baik, kuda nil justru menarik hati pasangannya dengan cara yang agak jijik.

Menarik Perhatian Pasangan Dengan Buang Hajat  [image source]
Menarik Perhatian Pasangan Dengan Buang Hajat [image source]
Saat musim kawin, jantan dari hewan ini akan mulai mencari betina yang cocok. Setelah itu mereka akan melakukan sebuah atraksi yang agak aneh. Mereka akan terus-terusan pipis dan buang air besar secara bersamaan dalam waktu yang relatif lama. Betina akan menyaksikan aksi itu akan tertarik jika si jantan mampu melakukan ritual cukup lama! Wow!

10. Hewan Pendendam!

Tak hanya manusia saja yang memiliki dendam kesumat. Hewan seperti gagak juga melakukannya. Mereka mampu mengenali wajah orang yang tidak mereka sukai. Begitu melihat wajah orang yang dianggap jahat atau musuh, gagak akan mulai berteriak-teriak dan menyerang.

Hewan Pendendam! [image source]
Hewan Pendendam! [image source]
Kebiasaan aneh ini ditemukan oleh beberapa ilmuwan yang kebetulan meneliti mereka. Gagak-gagak yang berada di dalam sangkar sering ribut dan berusaha menyerang jika melihat ilmuwan datang. Dari sana dapat disimpulkan jika burung gagak ini dilepaskan maka mereka akan datang dan mencakar-cakar tubuh ilmuwan yang mengurungnya. Serem!

Ternyata hewan juga punya sisi unik yang mirip sekali dari manusia. Mulai dari suka bully, suka ke makam untuk (mungkin) berdoa, hingga memiliki dendam. Semoga manusia justru nggak punya sifat seperti hewan ya! Misal nggak punya rasa empati, kan ngeri!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA