Keajaiban Matematika Dalam Alqur’an

oleh Norman Duarte
07:38 AM on Jun 30, 2015

Setiap muslim yakin dengan seyakin-yakinnya bahwa Al-Quran memang benar-benar merupakan firman dari Tuhan, dan Muhammad bin Abdullah hanyalah Rasul yang menyampaikan firman itu, bukan orang yang menuliskan Al-Quran. Tetapi bagaimana membuktikannya?

Ternyata di dalam Al-Quran banyak terdapat keajaiban matematis yang dapat membantu menjadi bukti. Keajaiban matematika ini dapat dianggap sebagai kebetulan, tetapi begitu tepatnya sampai-sampai secara matematis pun hal tersebut tidak bisa dianggap sebagai kebetulan.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

Perlu diketahui bahwa Al-Quran diturunkan kepada Rasulallah SAW secara perlahan-lahan, ayat-per ayat, sehingga membentuk surah per surah, sehingga menjadi Quran yang kita ketahui ini dalam kurun waktu 23 tahun. Dalam kurun tersebut, Al Quran “turun” dan menjadi sebuah kesatuan yang utuh, tanpa kesalahan dan tanpa pertentangan.

Di dalam ayat-ayatnya, Al Quran memuat beberapa keajaiban matematika yang tidak mungkin terjadi jika seorang manusia buta huruf, buta matematika “mengarangnya” selama 23 tahun, atau jika isinya sudah berubah-ubah. Mari kita simak apa saja keajaiban itu

1. Kata Yang Berpasangan

Di dalam Al Quran, saat Allah menyebut sesuatu, Allah terkadang menyebut pasangan atau lawan kata dari sesuatu itu dalam jumlah yang sama. Contohnya antara lain seperti berikut ini.

Kata yang berpasangan
Kata yang berpasangan [ImageSource]
Yang pertama, kata ‘Dunya’ (dunia) dan ‘akhira’ (akherat) disebutkan dalam jumlah yang sama: 115 kali. Kata ‘Shaitan’ (setan) dan ‘malaika’ (malaikat) disebutkan dalam jumlah yang sama: 88 kata.

‘Iman’ dan ‘Kufr’ (kafir) disebutkan dalam jumlah yang sama: 25 kali. Kata ‘surga’ dan ‘neraka’ pun jumlahnya sama: 77 kali

Allah berfirman bahwa perumpamaan penciptaan Isa (Yesus) adalah sama dengan penciptaan Adam. Setelah diteliti nama Isa disebutkan di dalam Quran sebanyak 25 kali, begitu juga dengan nama Adam.

Kata ‘lelaki’ dan ‘perempuan’ disebutkan dalam jumlah yang sama: 23 kali. Dari jumlah yang sama 23 ini, ternyata kita menemukan bahwa jumlah kromosom yang ada pada manusia adalah 46. Yaitu 23 dari sperma (ayah), dan 23 dari ibu (sel telur)

2. Keajaiban Angka 19 dalam Quran

Menurut beberapa ulama yang meneliti keajaiban matematis dalam Quran, mereka menemukan bahwa angka “19”, adalah seperti signature dari Allah untuk memberi tahu manusia terhadap keabsahan sentuhannya. Seperti seniman yang memiliki tanda khusus pada karya-karyanya.

Keajaiban Angka 19 dalam Quran
Keajaiban Angka 19 dalam Quran [ImageSource]
Kata “Allah” muncul di Quran sebanyak 2698, yang merupakan hasil dari 19×142. Ayat-ayat yang mengandung kata “Allah” jika dijumlahkan berjumlah 118123 atau 19×6217

Kalimat pertama di dalam Quran, yaitu “basmalah”, terdiri dari 19 huruf. Quran terdiri dari 114 surah, yang merupakan 19×6

Jumlah total ayat Quran adalah 6346 (19×334). Perhatikan juga angka 6346 jika dipecah 6+3+4+6= 19.

Ayat pertama yang diterima Rasullallah yaitu Quran 58:1-5 total berjumlah 19 kata. Ayat pertama yang berjumlah 19 kata, jika dipecah berisi 76 huruf, yang merupakan hasil dari 19×4

Surah terakhir yang diturunkan Allah kepada Rasulallah (surah 110) terdiri dari 19 kata. Dan ayat pertama dari surah itu pun terdiri dari 19 huruf

Semua kenyataan ini menjadi menakjubkan ketika ternyata angka 19 ini pun digunakan Allah di dalam alam semesta ini seperti matahari, bulan, dan bumi yang menjadi lurus segaris setiap 19 tahun, Komet Halley yang lewat setiap 76 tahun sekali (19×4), dan fakta bahwa tubuh manusia memiliki 209 tulang, yaitu 19×11. Ingat juga bahwa lama kehamilan setelah pembuahan adalah 266 hari, atau 38 minggu. Kedua angka ini pun bisa dibagi dengan 19.

Masih banyak rahasia Al Quran yang belum dapat kami muat seluruhnya, tetapi fakta-fakta ‘sederhana’ ini cukup mengagumkan. Orang bisa saja berkata, bahwa angka-angka atau fakta ini hanya kebetulan belaka.

Tapi bayangkan adakah orang yang berbicara selama 23 tahun, tetapi seluruh perkataannya yang dicatat tepat mengatakan ‘lelaki’ dan ‘perempuan’ dalam jumlah yang sepadan, tepat mengatakan kata ‘hari’ dalam jumlah 365? Di dunia ini tidak ada satu manusia pun yang bisa melakukannya! Bayangkan juga ketika seseorang menjelaskan kejadian alam dengan akurat sesuai science modern, padahal belum ada pengetahuan apapun yang bisa menjelaskan tentang hal itu sebelumnya!

Sedikit penambah keimanan bagi mereka yang mau membuka akalnya. In Syaa Allah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA