5 Kapal Selam Penyerang Terhebat di Dunia Ini Sudah Seharusnya Dimiliki Indonesia

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Jun 28, 2016

Sebagai negara kepulauan, Indonesia sudah seharusnya memiliki pasukan pengaman laut yang andal. Sayangnya, negeri ini hanya mampu memiliki beberapa kala laut canggih dan beberapa gelintir kapal selam yang sudah sepantasnya mengamankan kawasan dalam samudera yang kerap dijadikan tempat musuh untuk menyusup dan bersembunyi sebelum akhirnya menyerang.

Apabila sektor maritim Indonesia ingin maju dengan pesat dalam artian pemanfaatan dan juga penjagaan. Lima kapal selam yang sangat hebat ini sudah sepantasnya dimiliki dan digunakan untuk pengamanan bawah laut Indonesia yang sangat kaya. Berikut beberapa kapal selam yang bisa dijadikan referensi.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

1. Kapal Selam Seawolf Class

Kapal selam Seawolf class adalah satu-satunya kapal selam paling canggih yang ada di dunia. Amerika membuat kapal selam ini untuk tujuan penyerangan bawah laut yang unggul hingga akan susah dikalahkan. Seawolf class beroperasi pada tahun 1997 dan terus diperbaiki sistem dan teknologinya hingga masih bisa bertahan sampai sekarang.

Seawolf Class [image source]
Seawolf Class [image source]
Kapal selam Seawolf class banyak sekali melakukan misi bawah laut besar di kawasan Samudera Atlantik. Kapal selam ini mampu menghancurkan kapal selam bermisil balistik seperti Typhoon class dan Akula class yang dibuat oleh Rusia. Dengan Mk.48 torpedo, misil Sub-Harpoon  dan misil Tomahawk, kapal selam ini menjadi yang terkuat di dunia.

2. Kapal Selam Virgina Class

Kapal selam jenis Virgina Class digerakkan dengan kekuatan nuklir. Kapal selam jenis ini lebih kecil dari jenis Seawolf class yang merupakan andalan Amerika. Kapal selam ini lebih murah namun teknologinya tak kalah canggih dari jenis Seawolf. Kapal selam ini mampu bergerak cepat di dalam lautan tanpa menghasilkan bunyi yang besar hingga gaungnya bisa diketahui oleh sensor negara lain.

Virgina Class [image source]
Virgina Class [image source]
Kapal selam jenis Virginia memiliki torpedo dengan ukuran 4×533 mm. Untuk senjata pendukung, kapal selam ini menggunakan Mk.48 topedo, misil anti-kapal Sub-harpoon dan yang terakhir adalah misil Tomahawk cruise. Amerika membuka 30 buah kapal selam jenis ini dan menyebarnya ke berbagai wilayah di dunia.

3. Kapal Selam Astute Class

Inggris juga tidak mau kalah dengan Amerika yang merupakan saudara tuanya. Negara ini juga membuat kapal selam yang sangat canggih yang digerakkan dengan senjata nuklir. Kapal selam yang berjenis Astute ini dibuat tujuh buah dengan senjata yang jauh lebih banyak dari pendahulunya seperti Trafalgar class dan Swiftsure class.

Astute Class [image source]
Astute Class [image source]
Kapal selam Astute class memiliki senjata andalan berupa torpedo Spearfish, misil Sub-harpoon anti kapal dan yang terakhir misil Tomahawak cruise yang sama dengan kapal selam canggih produksi dari Amerika. Oh ya, Astute Class yang dimulai digunakan pada tahun 2010 ini mampu menyelam hingga kedalaman 150 meter di bawah permukaan air laut.

4. Kapal Selam Graney Class

Kapal selam Graney class adalah kapal selam tercanggih milik Rusia yang baru dioperasikan pada tahun 2013. Kapal selam ini mampu menyelam hingga kedalaman 300 meter dan bergerak dengan laju yang sangat cepat. Bahkan, bisa dijuluki sebagai kapal selam tercepat dari Rusia setelah Akula class mampu dikalahkan oleh kapal selam Seawolf class dari Amerika.

Graney Class [image source]
Graney Class [image source]
Rencananya kapal selam Graney Class akan dibuat sebanyak 6 buah. Kapal selam ini akan digunakan untuk mengungguli kapal selam miliki negara NATO yang belakangan ini sudan mengepung kawasan laut dari Rusia. Dengan senjata berupa torpedo aneka jenis dan beberapa misil vertikal mau pun horizontal, Graney class siap membantai kapal selam lain yang mendekat.

5. Kapal Selam Sierra II Class

Kapal selam Sierra II class adalah kapal selam yang dikenal memiliki biaya produksi yang sangat mahal. Kapal selam ini digunakan untuk mengganti Alfa class yang tak bisa digunakan lagi dengan baik. Kapal selam Sierra II class pertama kali digunakan pada tahun 1992 dan masih bertahan hingga sekarang bersama kapal selam kelas Graney.

Sierra II Class [image source]
Sierra II Class [image source]
Sierra II class mampu menyelam hingga kedalaman 400 meter di bawah permukaan laut. Dengan teknologi canggih yang diciptakan oleh ilmuwan Rusia, kapal selam ini sama sekali tidak memiliki suara ketika bergerak cepat di dalam mobil. Oh ya, senjata yang terpasang pada Sierra II Class terdiri dari torpedo SS-N-15 Starfish, SS-N-16 Stallion dan yang terakhir SS-N-21 Samson.

Inilah lima kapal selam penyerang terhebat di dunia yang sudah seharusnya dimiliki oleh Indonesia. Dengan kapal-kapal selam ini, Indonesia akan mampu menjaga kedaulatan maritimnya meski untuk melakukan realisasi dibutuhkan dana besar.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA