Inilah 5 Pertempuran Gajah Tergahar yang Pernah Menggoncang Seisi Bumi

oleh Adi Nugroho
11:49 AM on Jun 27, 2016

Zaman dahulu kala sebelum alutsista hebat seperti tank yang bersenjata mematikan hadir, Gajah dipilih sebagai salah satu senjata yang mematikan. Banyak pasukan-pasukan dari kerajaan di dunia menggunakan gajah untuk mengangkut pasukan dan melakukan penyerangan besar-besaran hingga musuh bisa dikalahkan dengan lebih cepat.

Kebudayaan bertarung menggunakan gajah pertama kali terjadi di India. Setelah pasukan berhasil melakukan penyerangan, metode ini dicontoh di Asia Tenggara hingga ke kawasan Mediterania. Berikut beberapa perang besar yang menggunakan gajah sebagai salah satu senjata andalannya.

Baca Juga
Inilah 4 Kisah Pria Beruntung 2017, yang Berhasil Bikin Bule “Ngebet” Nikah
Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah

1. Perang Gaugamela (331 SM)

Perang Gaugamela atau kerap dikenal dengan Perang Arbela adalah perang besar yang dilakukan oleh Alexander Agung dengan kerajaan Achaemenid di Persia. Perang ini memenangkan Alexander Agung hingga mampu menguasai Babilonia, separuh Persia, dan mengontrol beberapa wilayah di Mesopotamia.

Perang Gaugamela [image source]
Perang Gaugamela [image source]
Kekuatan dari pasukan Alexander Agung hanyalah 47.000 saja. Tapi dengan taktik yang sangat hebat, pasukan ini mampu mengalahkan pasukan dari Kerajaan Achaemenid yang konon jumlahnya mencapai 100.000 orang plus gajah-gajah perang yang mengerikan.

2. Perang Kalinga (262-261 SM)

Salah satu perang gajah paling besar yang pernah terjadi di dunia adalah Perang Kalinga. Perang ini terjadi antara Kerajaan Kalinga melawan Kerajaan Maurya yang saat itu sedang dipimpin oleh Ashoka. Perang yang dikenal sangat berdarah ini terjadi selama satu tahun dengan hasil akhir berupa kemenangan bagi Ashoka bersama kerajaannya.

Lokasi Perang Kalinga [image source]
Lokasi Perang Kalinga [image source]
Pada peperangan ini, Ashoka membawa pasukan yang terdiri dari 400.000 prajurit bersenjata lengkap. Kerajaan Kalinga yang tidak mau kalah mengerahkan 60.000 pasukan infantri, 10.000 pasukan kavaleri dan 700 gajah perang yang bisa menginjak siapa saja yang ada di depan. Setelah Kerajaan Kalinga kalah, Ashoka mencaplok wilayah itu untuk perluasan kawasan Kerajaan Maurya.

3. Perang Hydaspes (326 SM)

Perang Hydaspes adalah perang yang terjadi akibat Alexander Agung menyerbu wilayah Kerajaan Paurava di wilayah utara dari India. Alexander Agung mengerahkan banyak pasukan ke wilayah ini dengan berbagai taktik perang yang unggul. Akibatnya, Alexander Agung kembali menang dan berhasil mengontrol wilayah-wilayah di kawasan Punjab, India.

Perang Hydaspes [image source]
Perang Hydaspes [image source]
Perang ini menyebabkan kematian 1.000 orang dari pasukan Yunani yang dipimpin oleh Alexander Agung dan 12.000 orang dari Kerajaan Paurava. Pada perang ini, Alexander Agung mengirim sekitar 11.000 pasukan gabungan infantri dan kavaleri sedangkan Kerajaan Paurava mengirim sekitar 55.000 infantri dan kavaleri serta 200 gajah perang.

4. Perang Panipat (1526 dan 1556)

Perang Panipat adalah perang yang terjadi antara Kerajaan Mughal dengan beberapa kerajaan di sekitarnya. Motif dari perang ini adalah perluasan kekuasaan dan penguasaan akan sumber daya alam yang sangat melimpah di kawasan dataran India yang pernah dikuasai oleh Kerajaan besar Maurya di zaman Ashoka dan penerusnya memimpin.

Perang Panipat [image source]
Perang Panipat [image source]
Perang Panipat adalah perang pertama di kawasan India yang menggunakan senapan dan artileri lapangan. Kerajaan Mughal mengerahkan senjata modernnya untuk menghajar habis musuhnya yang masih menggunakan senjata manual dan gajah perang yang akhirnya ditangkap dan dijadikan senjata “makan tuan”.

5. Perang Rajasthan (712-740)

Perang Rajasthan adalah serangkaian perang besar yang terjadi dekat Sungai Indus di India bagian utara. Kerajaan Islam zaman Kekhalifahan Ummayah dan Abbasiyah menyerang kerajaan dari dinasti Chakulkya dan Gurjara-Pratihara.

Ilustrasi [image source]
Ilustrasi [image source]
Perang besar yang terjadi selama puluhan tahun memberikan kemenangan dari kerajaan di India. Pasukan dari kerajaan Islam kalah karena tak kuat melawan hebatnya pasukan India yang menggunakan gajah-gajah tempur terlatih.

Inilah lima pertempuran gajah tergahar yang pernah menggoncang dunia ini. Semoga perang dengan gajah tidak pernah terjadi lagi. Akibat perang-perang di atas, populasi gajah semakin menipis di alam liar. Bahkan bisa menjadi punah di kemudian hari.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA