Kalau Lebah Sampai Punah, Bumi dan Seisinya Bisa Hancur, Begini Teorinya

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Sep 17, 2016

Pernahkan kalian menyadari bahwa setiap makhluk yang ada di dunia ini memiliki keterkaitan satu dengan lainnya. Segalanya sudah diatur sedemikian rupa oleh Sang Pencipta sehingga jika ada satu yang hilang kekacauan bisa saja terjadi. Kalau hal ini terus dibiarkan bisa saja bumi dan segala isinya hancur baik di sektor ekonomi, kesehatan, dan kemanusiaan.

Sekarang coba kita bayangkan bersama-sama. Bagaimana jika lebah yang menghasilkan madu itu mendadak hilang. Bagaimana lebah yang membantu penyerbukan itu hilang begitu esok hari. Kira-kira apa yang akan terjadi ya? Hmm, yuk kita simak kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

Banyak Sayuran dan Buah Tidak Tumbuh dengan Baik

Kelihatannya sangat sepele, dan kamu akan bilang: ah sayuran jenisnya banyak, bisa lah menanam yang lain. Ya, hal itu memang mungkin dilakukan, namun kamu harus memperhatikan sebuah fakta mengejutkan. Menurut PBB dalam hal ini FAO, sekitar 70 dari 100 buah dan sayur yang memenuhi 90 persen kebutuhan nutrisi di seluruh dunia dibantu lebah saat penyerbukannya.

penyerbukan [image source]
penyerbukan [image source]
Tidak adanya lebah akan membuat penyerbukan tanaman seperti apel, almond, anggur, hingga kopi bisa terhambat. Manusia tidak mungkin melakukan penyerbukan secara manual kan? Kalau satu kota sawah sih mungkin bisa dilakukan, kalau berhektare sawah dan ladang bagaimana? Hanya lebah madu yang bisa melakukannya dengan sempurna.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA