7 Jembatan Terunik tapi Ekstrem yang Ada di Dunia. Berani Lewat?

oleh Rahma Muliani
07:00 AM on Oct 11, 2015

Jembatan merupakan sebuah bangunan yang dibangun melintang, biasanya akan menghubungkan dua tempat yang saling terpisahkan oleh jurang, sungai ataupun jalan raya. Fungsinya sendiri tidak lain adalah untuk para pejalan kaki, kendaraan ataupun kereta api agar bisa menyebrangi jurang, sungai ataupun jalan raya tadi.

Jika yang sering kamu lihat bentuk jembatan hanya lurus-lurus saja, rasanya kamu perlu lihat bentuk jembatan yang sangat unik dan juga ekstrem ini. Bahkan saking uniknya, jembatan ini ada yang dijadikan sebagai wahana bermain. Mari kita simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya

1. Jembatan Storseisundet di Norwegia

Jembatan Storseisundet ini menghubungkan daratan Norwegia dan Pulau Averoya. Bisa dibilang jembatan ini adalah yang paling mengerikan di dunia. Bagaimana tidak, jembatan ini dibentuk melengkung dengan lengkungan yang sangat curam.

Storseisundet Bridge
Storseisundet Bridge [imagesource]
Karena terdapat sebuah ilusi optik, jembatan yang juga disebut ‘Jembatan Mabuk’ ini juga cukup berbahaya bagi yang pertama kali melintasinya. Jika dilihat dari kejauhan, kendaraan yang melintasi jembatan ini seakan-akan terputus di tengahnya.

2. Twist Bridge di Belanda

Di Belanda juga terdapat sebuah jembatan yang memiliki sebuah ilusi optik pada bangunannya. Bangunan dari jembatan ini seakan-akan terlihat berputar dan seperti akan runtuh ke sungai yang ada di bawahnya. Karena itulah jembatan ini dinamakan ‘Twist Bridge’.

Twist Bridge
Twist Bridge [imagesource]
Jika melewati jembatan ini dengan cepat sambil memperhatikan alur, kita akan merasa pusing. Tapi bukannya di protes, tempat ini justru malah begitu menarik perhatian warga maupun turis. Jembatan ini pun kini dinobatkan sebagai jembatan terindah di Belanda.

3. Jembatan Langkawi Sky di Malaysia

Mau yang lebih ekstrim lagi? Jembatan Langkawi Sky yang ada di Malaysia ini patut kamu coba nih. Jembatan ini digantung dengan kabel-kabel yang terbuat dari baja pada sebuah tiang besar. Lokasinya berada di puncak Gunung Mat Chinchang dengan ketinggian kurang lebih 2300 kaki.

Langkawi Sky Bridge
Langkawi Sky Bridge [imagesource]
Jembatan ini menghubungkan dua buah gunung yang berdekatan dan melintangi sebuah jurang di bawahnya. Bentuknya melengkung dengan panjang 125 meter dan lebar 1,5 meter. Karena bentuk dan lokasinya yang tak biasa, Jembatan Langkawi Sky masuk ke dalam daftar jembatan terunik di dunia.

4. Jembatan Balon Helium

Jembatan bisa terbang? Tentu saja bisa. Di Inggris ada sebuah jembatan yang bisa terbang karena dikaitkan dengan tiga balon helium. Jembatan itu sendiri dibangun melintangi sebuah danau di Inggris. Kamu bisa membayangkan tidak, seperti apa rasanya saat menaiki jembatan ini?

Helium Bridge
Helium Bridge [imagesource]
Saat melintasi jembatan Balon Helium ini kita akan bergoyang-goyang. Ekstremnya lagi di jembatan ini belum difasilitasi keamanan yang baik. Jadi, kita harus pintar-pintar mengatur keseimbangan tubuh kita sendiri nih readers. Berani coba melewatinya?

5. Jembatan Trampolin di Paris

Kalau jembatan yang satu ini tidak hanya ekstrem tapi juga menyenangkan. Untuk menyebrangi jembatan ini, kita harus meloncat-loncat hingga sampai ke tujuan. Jembatan ini berdiri melintang di atas Sungai Seine, tidak jauh letaknya dari Menara Eiffel yang ada di Paris.

Trampolin Bridge
Trampolin Bridge [imagesource]
Jembatan Trampolin ini berbentuk tiga buah pelampung berbentuk donat yang berjejer. Sangat mengasyikkan bukan? Tapi bagaimana yaa jika loncat terlalu tinggi dan kita terlempar keluar?. Tenang saja, karena setiap penyebrang akan dipinjamkan sebuah jaket pelampung nih readers.

6. Jembatan Blinking Eye di Inggris

Jembatan ini sebenarnya bernama ‘Gateshead Millenium’. Sering disebut ‘Blinking Eye Bridge’ karena bentuk dari jembatan ini mirip sekali dengan mata dan kelopak mata yang hendak berkedip. Lokasinya berada di atas sungai Tyne di Inggris.

Blinking Eye Bridge
Blinking Eye Bridge [imagesource]
Uniknya lagi, jembatan ini dapat berputar sebesar 40 derajat setiap 45 menit sekali, tergantung tiupan angin dan kapal yang akan melintasi sungai Tyne. Jembatan ini hanya bisa dilewati oleh pejalan kaki dan pengendara sepeda saja, karena tidak mampu menampung beban yang terlalu berat.

7. Jembatan Roller Coaster di Jerman

Jembatan yang satu ini bentuknya mirip sekali dengan wahana roller coaster, yakni melingkar dan juga meliuk-liuk seperti ular. Jembatan yang satu ini tidak digunakan untuk menyebrang, melainkan sebuah wahana untuk melihat keindahan seluruh kota dari ketinggian.

Roller Coaster Bridge
Roller Coaster Bridge [imagesource]
Tinggi dari jembatan ini sekitar 45 meter dan terdiri dari 249 langkah. Karena keunikannya, wahana ini sering sekali dikunjungi oleh para wisatawan asing. Untuk kamu yang takut menaiki wahana roller coaster, mungkin wahana yang satu ini bisa dijadikan sebagai sarana latihan.

Itulah tadi beberapa jembatan yang dibangun dengan bentuk yang sangat unik. Jembatan-jembatan ini sangat ekstrem dan juga berbahaya. Bahkan ada yang pernah memakan korban pada sebuah kecelakaan. Menurut readers sendiri, jembatan mana nih yang paling menantang untuk dilewati?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA