Inilah 5 Daerah yang Penduduknya Panjang Umur Ketimbang Daerah yang Lain

Ya, rata-rata penduduknya bisa berumur 60 tahunan ke atas loh

oleh Arief Dian
16:00 PM on Aug 30, 2017

Panjang umur mungkin memang impian banyak orang, oleh sebab itu banyak upaya dilakukan. Mulai dari menjaga pola makan, olah raga teratur hingga melakukan perawatan khusus pun akan mereka jabani. Yang jelas semua itu dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan tidak mudah terkena penyakit berbahaya. Tapi kembali lagi semua adalah rencana yang Kuasa, yang penting sudah berusaha.

Bicara mengenai umur panjang, rupanya di Indonesia ada daerah yang orang-orangnya punya masa hidup lebih lama dari yang lain. Jadi bukan hal yang aneh kalau di sana, banyak ditemui kakek-nenek yang masih bisa beridiri tegak layaknya orang yang masih muda. Lalu daerah mana saja itu? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Mulai Bentuk Pocong Hingga Kuyang, Inilah 4 Fakta Bantal Guling Model Hantu yang Viral di Thailand
Fenomena Harga Tiket Wisata yang Harganya Jadi Berkali-kali Lipat untuk Wisatawan Asing, Pantaskah?

Warga Yogyakarta dianggap paling panjang umur

Menurut data yang dikemukakan oleh BPS, angka harapan hidup paling tinggi di Indonesia adalah kota Yogyakarta. Ya, di kota yang satu ini, rata-rata harapan hidupnya adalah sekitar 74,2 tahun. Angka ini terus meningkat sejak tahun 2010 hingga sekarang.

Yogyakarta [image source]
Hal itu juga di dukung dengan banyaknya kelahiran serta angka kematian yang lebih sedikit. Ternyata hal ini juga dipengaruhi oleh tingkat kesehatan orang Yogyakarta yang masuk dalam kategori tinggi. Enak juga ya tinggal di yogya, selain dapat predikat panjang umur, kotanya indah dan biaya hidupnya murah pula.

Kalimantan Timur makin tahun tambah awet

Ternyata posisi kedua ditempati oleh Kalimantan timur. Ya, di daerah ini uniknya makin  tahun angka harapan hidupnya juga makin bertambah. Dari yang semula hanya sekitar 70 tahunan, kini meningkat dengan 73 tahun.

Kalimantan Utara [image source]
Bisa dibilang kalau berbagai faktor mempengaruhi hal ini, mulai dari keadaan tempat tinggal yang nyaman hingga angka perceraian di sana yang juga sangat minim. Jadi bukan hal yang aneh kalau orang di sana bisa dibilang awet muda. Wah selain bisa panjang umur, hubungan pernikahannya awet pula, jomblo berangkat dah.

Jawa Tengah juga ketularan awet muda

Serupa dengan Yogyakarta, rupanya di Jawa Tengah, orang-orangnya terbukti punya usia yang lebih panjang ketimbang yang lainnya. Menurut BPS, angka harapan hidup di sana ternyata sampai 72 tahun loh. Itupun akan terus bertambah seiring bertambahnya tahun.

Jawa Tengah [image source]
Di proyeksikan padah tahun 2035 nanti, kurang lebih angka harapan hidup di sana bisa mencapai 75,3 tahun loh. Kalau dilihat dari tempatnya, mungkin alasannya sama dengan yang ada di Yogyakarta, fasilitas kesehatan yang baik serta lingkungan yang sangat mendukung. Terbukti bukan, makin nyaman suatu kota, tambah panjang umur pula penduduknya.

Kalimantan utara juga tidak kalah panjang umur

Selanjutnya, daerah lain yang juga masuk pada jajaran kota di Indonesia yang panjang umur adalah Kalimantan Utara. Ya, di kota-kota di daerah ini rupanya harapan hidupnya sangat berbanding tipis dengan Kalimantan Timur, sekitar 73 tahunan.

Kalimantan Utara [image source]
Hal ini pastinya menjadi prestasi sendiri, pasalnya bisa dibilang kalau daerah yang hampir berumur panjang berasal dari daerah tersebut. Apalagi ketika dibandingkan dengan daerah lain, di Indonesia yang rata-rata harapan hidupnya sekitar 60 an tahun.

Orang-orang ibukota juga panjang umur

Daerah terakhir dengan harapan hidup paling tinggi menurut BPS adalah daerah DKI Jakarta. Ya, di ibukota ini rupanya harap hidupnya bisa mencapai sekitar 72 tahunan. Ya, itu bukan hal yang aneh mengingat sebagai ibukota pastinya banyak fasilitas yang memadai di sana.

DKI Jakarta [image source]
Mulai dari pendidikan, kesehatan dan lain-lain sudah tersedia secara lengkap. Ya, dengan angka setinggi itu, menurut National geograpic, tahun 2035 angka harapan hidup di Jakarta ini akan meningkat hingga 74 tahun. Dengan harapan hidup sebesar itu, bukan hal yang aneh kalau banyak orang jadi rela hijrah ke sana.

Ya, itulah lima daerah yang orang-orangnya punya angka harapan hidup paling tinggi ketimbang yang lain. Namun kembali lagi, semua dikembalikan pada Sang Pencipta, yang penting kita sudah berusaha menjaga kesehatan.

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA