Wisata ke Sungai Maron, Indahnya Tidak Kalah Dari Sungai Amazon

oleh Admin
07:55 AM on Oct 28, 2014

Anda ingin menikmati suasana tepi sungai yang asri lalu berakhir di muara sungai dan langsung bertemu lautan lepas yang indah? Tidak perlu beli tiket untuk bepergian ke luar negeri, di Pacitan Jawa Timur ada sebuah sungai yang tersembunyi di balik rangkaian pegunungan seribu, namanya Sungai Maron. Sejak banyaknya traveler yang eksplorasi ke sana, perlahan wisata air ini terangkat bahkan masuk ke televisi.

Salah satu team Boombastis penasaran dan memutuskan untuk menikmati kecantikan Sungai Maron dan bonusnya adalah pantai yang bersih dan indah bernama Pantai Ngiroboyo. Perjalanan sekitar 45 menit dari Kota Pacitan menuju desa Dersono ini cukup menantang. Jalan masuks ke dusun Maron tempat sungai ini berada tidak sulit namun aspalnya sudah banyak yang rusak. Jika Anda ingin ke sana, Anda bisa naik sepeda motor manual yang agak tinggi agar nyaman dan tidak berisiko rusak di tengah jalan.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

Naik Perahu Nelayan Menyusuri Sungai Maron (c) Boombastis
Naik Perahu Nelayan Menyusuri Sungai Maron (c) Boombastis

Namun semuanya terbayar saat sampai di Sungai Maron. Biasanya, pengunjung datang ke sana pada pagi dan siang hari namun team Boombastis datang pukul 3.45 sore. Untunglah masih ada salah satu nelayan yang belum berangkat, dan bersedia mengantarkan untuk menyusuri Sungai Maron hingga ke muara menggunakan kapal sederhana miliknya.

Nelayan Usai Mencari Ikan (c) Boombastis
Nelayan Usai Mencari Ikan (c) Boombastis

Pacitan memang benar-benar indah, di sepanjang sungai bagian kanan dan kirinya rimbun dengan pepohonan dan juga kebun kelapa yang nyiur melambai. Makin ke arah pantai, sungainya makin dalam dan pohon kelapa makin banyak. Jarak dari tempat naik kapal ke tujuan sekitar 20-30 menit, kapalnya berjalan pelan dan membuat penumpangnya benar-benar menikmati liburan yang sesungguhnya.

Jalan-Jalan Menyusuri Sungai Naik Kapal Nelayan [c] boombastis
Jalan-Jalan Menyusuri Sungai Naik Kapal Nelayan [c] boombastis
Bayangan akan sungai di Amazon yang kerap masuk televisi itu seolah buyar saat menyusuri sungai Maron. Sungai Maron tidak kalah indah, bahkan mungkin lebih keren. Belum lagi bonus pemandangan nelayan mencari ikan, warga setempat mendayung untuk mengambil air, semuanya begitu menyenangkan. Akhirnya, team Boombastis sampai di Pantai Ngiroboyo yang bersih, asri dan sepi.

Baca Artikel Seru Lainnya: 6 Alasan Memilih Pulau Moyo Sebagai Destinasi Wisata

Muara Sungai Maron [c] boombastis
Muara Sungai Maron [c] boombastis
Muara Yang Langsung Bertemu Dengan Laut [c] Boombastis
Muara Yang Langsung Bertemu Dengan Laut [c] Boombastis

Pantai ini jika dijangkau naik sepeda motor, maka aksesnya sulit karena jalannya naik turun bukit. Jika ingin ke Pantai Ngiroboyo lebih baik naik kapal kecil seperti ini dari Sungai Maron. Ngiroboyo merupakan teluk kecil yang ombaknya tidak terlalu besar, namun Anda tetap harus hati-hati karena letaknya di laut selatan dan ombaknya berpotensi menyeret pengunjung yang datang.

Pantai Ngiroboyo [c] boombastis
Pantai Ngiroboyo [c] boombastis
Di muara Sungai Maron, ada beberapa pengunjung yang asyik berenang dan bermain body boarding. Jangan khawatir akan terseret ombak karena di sana aman dan masih dalam jalur sungai. Uniknya lagi, antara sungai dan laut hanya dipisahkan pasir yang tidak terlalu luas. Ibaratnya nih, sekali berwisata dua tiga objek terlampaui.

Bapak Nelayan Dan Kapalnya Yang Mengantar Boombastis (c) Boombastis
Bapak Nelayan Dan Kapalnya Yang Mengantar Boombastis (c) Boombastis

Berhubung team Boombastis datang saat sudah sore, maka kebagian matahari tenggelam, seperti foto di atas. Sore hari yang semilir berada di tepi pantai dan juga sunset, is the best moment! Jalan-jalan ke pantai juga belum lengkap tanpa membuat tulisan tertentu dong:

Yay! Team Boombastis Jalan-Jalan ke Sungai Maron [c] Boombastis
Yay! Team Boombastis Jalan-Jalan ke Sungai Maron [c] Boombastis
Saat hampir gelap, saatnya untuk kembali ke dusun Maron. Pak nelayan kembali menyalakan perahu kecilnya, mengajak tim Boombastis kembali menyusuri sungai cantik ini. Ah, rasanya tidak ingin pulang!

Kembali Menyusuri Sungai Dan Pulang (c) Boombastis
Kembali Menyusuri Sungai Dan Pulang (c) Boombastis

Indonesia memang indah, dan memiliki banyak sekali objek wisata. Jika Anda ingin jalan-jalan ke Sungai Maron, di Pacitan ada beberapa traveler yang siap menemani Anda menjadi tour guide ke sana. Jika ada yang mau ditanyakan seputar wisata ke sana, bisa tinggalkan komen di bawah nanti tim Boombastis akan membalasnya. Nikmati damainya naik perahu nelayan menyusuri sungai, main air di pantai yang sepi dan matahari tenggelam yang tidak kalah keren dari lounge mahal di Bali. Pack your bag, let’s get lost!

Artikel Lain Yang Juga Seru: Top 5 Wisata Kuliner Paling Ekstrim Di Dunia

 

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA