Alumnus UI dan UGM Mendominasi Kabinet Kerja Jokowi-JK

oleh didi
08:42 AM on Oct 28, 2014

Jakarta — Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan 34 nama-nama yang terpilih untuk mengisi posisi kementerian kabinet kerja. Menteri lulusan Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gajah Mada (UGM) mendominasi kabinet bentukan Presiden Jokowi. Dari 34 nama tersebut, 6 orang menteri merupakan lulusan dari UI dan 4 orang menteri lulusan dari UGM.

Alumnus-UI-dan-UGM-Mendominasi-Kabinet-Kerja-Jokowi
Alumnus-UI-dan-UGM-Mendominasi-Kabinet-Kerja-Jokowi

Menteri lulusan UI tersebut adalah Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Perencanaan Pembangunan Negara Andrinof Achir Chaniago, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Baca Juga
Missileers, Serdadu “Emak-emak” Amerika yang Bisa Bikin Dunia Kiamat Dalam Sekejap
Rochy Putiray, Pesepak Bola Indonesia yang Pernah Bikin AC Milan Ampun-ampunan

Lulusan UGM berada di posisi kedua dengan menempatkan 4 orang menteri dalam kabinet kerja. Menteri Sekretaris Negara M. Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan merupakan lulusan dari UGM.

Kemudian ada 3 nama menteri lulusan Universitas Padjadjaran, Bandung. Mereka adalah Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Musyidan Baldan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi.

Selain itu, terdapat masing-masing 2 orang menteri lulusan dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Diponegoro (UNDIP), dan Universitas Airlangga (UNAIR). Menteri lulusan ITB adalah Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir merupakan lulusan UNDIP. Sedangkan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Perhubungan Ignatius Jonan merupakan lulusan UNAIR.

Selain kelima universitas tersebut, terdapat juga menteri-menteri kabinet kerja Jokowi-JK  yang merupakan lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Ngurah Rai, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Universitas Cendrawasih, dan Universitas Hasanuddin Makassar.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren! Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa
BACA JUGA