Idik Sulaeman Nataatmadja, AT, Sosok Penting di Balik Lambang OSIS yang Hingga Kini Melekat di Seragam SMA

Beliau memberi makna dalam pada sebuah simbol

oleh Sastranagari
10:00 AM on Aug 7, 2017

Di Indonesia, para siswa di sekolah diwajibkan memakai seragam. Tujuannya biar nggak ada kesenjangan sosial antara yang satu dengan yang lainnya. Selain itu, biar saling adu kekerenan gitu, tapi tetap aja sih saat ini banyak siswa yang memodifikasi seragamnya. Namun, apapun bentuk dan modelnya pasti ada lambang OSIS di saku dada sebelah kiri.

Ngomong-ngomong tahu nggak sih siapa yang bikin lambang tersebut? Beliau adalah H. Idik Sulaeman Nataatmadja, AT yang lahir pada 20 Juli 1933). Beliau adalah lulusan seni rupa dari Institut Teknologi Bandung. Kiprah beliau di dunia pendidikan dan pemuda Indonesia nggak perlu dipertanyakan lagi.

Baca Juga
Salut! Meski Tak Punya Banyak Uang, Pria Ini Kembalikan 22 Juta yang Nyasar ke Rekeningnya
Meski Hanya Seorang Tukang Parkir, 4 Sosok Ini Rela Lakukan Hal yang Belum Tentu Kamu Mau Melakukannya

H. Idik Sulaeman Aktif di Dunia Pendidikan dan Pemuda

Meskipun lulusan seni rupa, H Idik Sulaeman aktif terjun di dunia pendidikan dan pemuda. Pada tanggal 1 Desember 1967 beliau diangkat menjadi Kepala Dinas Pengembangan dan Latihan. Dari jabatannya inilah ia mengembangkan PASKIBRAKA (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka).

Idik Sulaeman Nataatmadja, AT

Kemudian pada tanggal 30 Juni 1975 beliau diangkat menjadi Kepala Subdirektorat Pembinaan Kegiatan di Direktorat Pembinaan Generasi Muda. Bersambung pada tanggal 9 Maret 1977 beliau menjadi Pelaksana Harian Direktur Pembinaan Generasi Muda. Dari jabatan-jabatannya inilah beliau menggodok PASKIBRAKA.

Turut Menyempurnakan Lambang-Lambang PASKIBRAKA

Logo paskibraka [image source]
H. Idik Sulaeman menggodok PASKIBRAKA bersama rekannya Husein Mutahar. Setelah mencetuskan keberadaan PASKIBRAKA, H. Idik Sulaeman tak berhenti di situ saja. Pada tahun 1973, beliau juga turut menyempurnakan lambang PASKIBRAKA. Beliau menyempurnakan lambang korps, menciptakan lambang korps anggota, dan seragam khusus pasukan pengibar bendera pusaka.

Merancang Seragam untuk Anak Sekolah dan Lambang OSIS

Logo OSIS [image source]
H. Idik Sulaeman nggak cuma berkecimpung di dunia PASKIBRAKA saja. Pada tanggal 24 November 1979 beliau menjadi Direktur Pembinaan Kesiswaan di Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Di sini beliau mulai mengembangkan seragam untuk sekolah dasar, menengah pertama, dan menengah atas. Kemudian lahirlah lambang OSIS yang sampai saat ini menempel di seragam sekolah kamu-kamu

Makna di Balik Lambang OSIS dan PASKIBRAKA

Anak SMA berseragam [image source]
Lambang OSIS dan PASKIBRAKA sendiri memiliki makna. Bunga nintang sudut lima dan lima kelopak daun bunga menunjukkan 5 jalan agar siswa menjadi warga negara yang baik dengan cara: abdi, adab, ajar, aktif, dan amal. Buku terbuka berarti belajar keras. Kunci pas adalah alat untuk pemecahan semua masalah. Tangan terbuka menunjukkan kesediaan menolong. Biduk menunjukkan siswa mengarungi kehidupan menuju yang lebih baik untuk masa depan. Pelangi merah putih melambangkan tujuan nasional berdasarkan pancasila. 17 butir padi, 8 lipatan pita, 4 kapas, 5 daun kapas melambangkan kemerdekaan Indonesia yang harus diisi partisipasi siswa. Warna kuning dan coklat berarti keagungan dan kedewasaan, serta merah putih adalah warna kebangsaan bangsa Indonesia.

Lambang PASKIBRAKA lebih sederhana, yaitu bunga teratai yang daunnya tumbuh ke atas dan ke samping. Meskipun sederhana, maknanya cukup dalam yaitu belajar, berbakti, dan bekerja. Tiga daun bunga teratai yang tumbuh mendatar memiliki arti aktif, disiplin, dan bergembira.

H. Idik Sulaeman Nataatmadja, AT meninggal pada 4 April 2013. Ia menderita stroke dan harus meninggalkan anak-anak beserta cucu-cucunya. Namun, jasanya akan terkenang dalam tiap derap PASKIBRAKA dan kiprah para siswa yang tergabung dalam OSIS.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA