in

5 Fakta Mengagumkan H.O.S Cokroaminoto, Guru Bangsa Terhebat yang Nyaris Terlupa

guru bangsa

Selama ini kita hanya mengenal Soekarno atau pun Ki Hajar Dewantara yang sangat berjasa bagi Indonesia secara menyeluruh. Sebenarnya, selain dua figur hebat di atas, Indonesia masih memiliki seorang guru bangsa hebat yang bernama H.O.S Cokroaminoto. Beliau adalah pejuang hebat yang menyumbangkan pemikiran-pemikiran besar bagi Indonesia.

Apa yang dilakukan H.O.S Cokroaminoto benar-benar membuat Belanda jadi ketakutan. Dia terus ditekan meski semangatnya tak akan pernah luntur sampai kapan pun. Berikut lima fakta mengagumkan dari H.O.S Cokroaminoto, sang guru bangsa yang terlupa.

1. Pelajar yang Sangat Andal

H.O.S Cokroaminoto adalah seorang pelajar yang andal di masanya. Pria kelahiran 16 Agustus 1882 ini terus berprestasi ketika disekolahkan oleh ayahnya yang pejabat di OSVIA atau sering dikenal sebagai sekolah calon pegawai pemerintahan di Magelang. Setelah lulus dengan prestasi yang sangat tinggi, H.O.S Cokroaminoto mulai bekerja sebagai juru tulis di Ngawi selama kurang lebih tiga tahun.

HOS Cokroaminoto muda [image source]
HOS Cokroaminoto muda [image source]
Mengetahui dirinya kurang bisa berkembang dalam pekerjaan itu, H.O.S Cokroaminoto akhirnya hijrah ke Surabaya yang saat itu mulai jadi pusat perdagangan. Dia bekerja di perusahaan dagang besar yang dinamai dengan SDI atau Sarekat Dagang Islam. Kepandaian yang dimiliki oleh H.O.S Cokroaminoto membuatnya mudah belajar dan juga melakukan transformasi besar-besaran terhadap SDI hingga menjadi partai politik.

2. Masuk ke Jalur Politik dan Mulai Berjaya

Pandangan luas yang dimiliki oleh H.O.S Cokroaminoto membuatnya mampu mengubah SDI menjadi sebuah partai politik yang resmi. Kelompok usaha perdagangan ini tak hanya melakukan perdagangan secara adil, namun juga melakukan protes terhadap banyaknya manipulasi yang dilakukan oleh Belanda. Mereka tidak ingin rakyat kecil menjadi korban dan terus dirugikan oleh Belanda.

kantor Sarekat Islam [image source]
kantor Sarekat Islam [image source]
Lambat laut SDI berubah menjadi Sarekat Islam atau SI dan memiliki banyak anggota di Indonesia. Pedagang-pedagang dari Jawa dan Madura bersatu padu untuk melakukan perlawanan dalam dunia perdagangan. Di bawah kepemimpinan dari H.O.S Cokroaminoto, partai ini kian membesar dan membuat nyali Belanda kian ciut.

3. Bibit Perjuangan Untuk Lepas dari Belenggu Belanda

Barangkali sudah sejak ratusan tahun yang lalu pahlawan di Indonesia berjuang untuk bisa lepas dari belenggu Belanda. Namun, baru pada masa H.O.S Cokroaminoto lah pemikiran pergerakan nasional secara politik dimunculkan. H.O.S Cokroaminoto menyebarkan bibit pergerakan nasional hingga benar-benar mengakar kuat di Indonesia.

Pemimpin gerakan nasional [image source]
Pemimpin gerakan nasional [image source]
H.O.S Cokroaminoto pernah memberikan mosi tidak percaya kepada Belanda yang ada di Indonesia. Sebagai partai politik resmi, H.O.S Cokroaminoto dan rekannya menuntut adanya parlemen yang isinya orang Indonesia hingga segala kebijakan yang diambil bisa memberikan dampak baik bagi bangsa. Sayangnya tuntutan ini sama sekali tidak direspons oleh Belanda yang mulai merasa takut dengan adanya pergerakan masif di Indonesia.

4. Guru Para Pemimpin Besar di Indonesia

Selama ini kita hanya tahu bahwa H.O.S Cokroaminoto adalah seorang pahlawan yang hebat. Namanya bahkan diabadikan sebagai nama jalan-jalan besar di Indonesia. Selain sebagai pahlawan, kita semua jarang tahu jika H.O.S Cokroaminoto adalah guru dari para guru bangsa kenamaan Indonesia yang membangun negeri ini hingga bisa sangat maju seperti sekarang.

guru bangsa Indonesia [image source]
guru bangsa Indonesia [image source]
H.O.S Cokroaminoto memengaruhi pikiran-pikiran dari Soekarno, Musso, dan Kartosuwiryo. Dari tiga murid hebat itu, H.O.S Cokroaminoto sangat menyukai Soekarno yang sangat cerdas. Beliau mengajarkan banyak hal hingga akhirnya Soekarno sangat ahli dalam hal-hal berbau nasionalis. Berkat bimbingan dari H.O.S Cokroaminoto,Soekarno bisa melenggang menjadi pemimpin hebat yang tak ada gantinya di Indonesia.

5. Salah Satu Bukti Kekuatan Politik Indonesia Itu Kuat

Selama Belanda berkuasa di Indonesia. Kekuatan politik yang ada di negeri ini terus ditekan. Belanda melakukan segala cara agar negeri ini tak berkembang dengan pesat dan melakukan pemberontakan yang lebih terstruktur. Akhirnya setiap ada partai politik atau kelompok pejuang pembebasan, Belanda selalu menangkap pentolannya atau membubarkan organisasi itu dengan ancaman-ancaman yang menakutkan.

Sarekat Islam [image source]
Sarekat Islam [image source]
Partai yang dimiliki oleh H.O.S Cokroaminoto tentu berbeda dengan partai yang lain. Partai ini berdiri di atas sebuah bisnis perdagangan yang sangat kuat. Pondasi ini membuat partai SI sulit digulingkan meski sempat terjadi konflik internal dan harus pecah jadi dua kubu. Kemunculan H.O.S Cokroaminoto membuat dunia politik negeri ini kian maju dan pemikiran baru mulai berdatangan.

Berikut uraian singkat tentang H.O.S Cokroaminoto, guru bangsa hebat yang nyaris terlupa. Dari lima poin di atas kita bisa menyimpulkan bahwa H.O.S Cokroaminoto adalah orang hebat dan susah tergantikan sampai kapan pun. Perjuangannya yang sangat hebat untuk Indonesia layak diapresiasi setinggi-tingginya.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

7 Fakta Panas yang Membuktikan Inggris Abad ke-19 Adalah Surganya Prostitusi

Awas! Pria Juga Bisa Jadi Korban Pemerkosaan, 5 Cerita Ini Buktinya