7 Penderita Down Syndrome dengan Semangat Hidup Paling Menakjubkan

oleh Rahma Muliani
07:00 AM on Mar 6, 2016

Down Syndrom merupakan kelainan genetik pada seseorang, yang berdampak pada keterbelakangan pertumbuhan fisik dan mental. Banyak orang yang memandang sebelah mata pada penderita down syndrom, bahkan tak jarang juga mereka yang menderita down syndrom pada akhirnya tidak diterima di masyarakat.

Padahal, kita tidak bisa bersikap seperti itu. Karena pada kenyataannya, ada banyak penderita down syndrom tetapi mereka bisa berprestasi dalam suatu bidang. Seperti yang dilansir di Oddee.com, bahkan mereka bisa lebih berprestasi dibandingkan dengan orang-orang yang normal. Seperti beberapa kisah yang ada di bawah ini :

Baca Juga
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Sempat Netizen Geram
5 Jasa Chairul Huda Semasa Hidup yang Membuat Dirinya Jadi Sosok Tak Tergantikan

1. Katie Higgins, Instruktur Zumba

Katie Higgins adalah seorang wanita kelahiran tahun 1990 yang berasal dari Yorkshire, Inggris. Ia lahir sebagai seorang penderita down syndrome. Tapi meski ia tidak seperti anak lainnya ia mempunyai bakat yang sungguh luar biasa, yaitu zumba.

Sejak awal mengikuti kursus zumba, pelatihnya Katie sudah melihat ada bakat yang istimewa dari seorang Katie. Sekarang ini ia sudah menjadi instuktur zumba di “Halifax College” dan video di atas adalah aksinya saat ia sedang menjadi instruktur zumba.

2. Zhou Zhou, Konduktor Orkestra

Kalau pria yang satu ini berasal dari Wuhan, Hubei. Meski IQ nya hanya 30% dari orang normal, tetapi ia mempunyai bakat yang luar biasa di bidang musik. Saat ini ia begitu dikenal sabagai seorang konduktor orkestra yang cukup terkenal di daerahnya.

Aksinya saat memimpin sebuah orkestra bisa kita lihat pada video di atas. Tidak jauh berbeda dengan konduktor-konduktor lainnya yang tidak menderita down syndrome. Padahal ia tidak bisa membaca not balok tapi ia mampu menghafal sebuah melodi setelah ia mendengarnya.

3. Ayelen Barreiro, Penari

Ayelen Berreiro, seorang wanita yang muda asal Argentina telah menuliskan sebuah sejarah Amerika Latin. Dimana ia merupakan satu-satunya orang yang berhasil masuk menjadi peserta dalam sebuah ajang pencarian bakat dibidang menari. Ajang tersebut juga disiarkan di salah satu stasiun televisi.

Meskipun Ayelen tidak berhasil menjadi juara dalam ajang tersebut, akan tetapi aksi menarinya saat diatas panggung dan di lantai dansa membuat dia mempunyai begitu banyak penggemar. Gerakannya begitu ulet dan teknik menarinya sangat luar biasa.

4. Noelia Garella, Guru TK

Selain Ayelen, di Argentina juga ada seorang wanita penderita down syndrome yang mempunyai prestasi luar biasa. Namanya adalah Noelia Garella, seorang yang berumur 29 tahun dan mempunyai gelar Sarjana Ekonomi dan Manajemen Organisasi.

Penderita down syndrome yang menjadi guru TK [image source]
Penderita down syndrome yang menjadi guru TK [image source]
Noelia merupakan guru TK pertama dengan down syndrome di Argentina. Ia menjadi guru TK hingga pada tahun 2007. Saat ini dia bekerja di sebuah pusat penitipan anak di Kota Cordoba. Tuh bayangin saja, seorang down syndrome saja bisa menjadi seorang guru. Hebat sekali yaa Noelia.

5. Pablo Pineda, Aktor Down Syndrome yang Mendapat Penghargaan

Pablo Pineda adalah seorang aktor asal Spanyol yang menderita down syndrome. Pada tahun 2009 ia mendapat penghargaan Silver Shell Award dari San Sebastian International Film Festival. Ia berhasil mendapatkan penghargaan itu setelah bermain dalam film “Yo Tambien”.

Aktor penderita down syndrome yang mendapat Penghargaan [image source]
Aktor penderita down syndrome yang mendapat Penghargaan [image source]
Dalam film itu ia memerankan seorang tokoh yang karakternya tidak jauh berbeda dengan kehidupan aslinya. Ya, ia berperan sebagai seorang sarjana yang menderita down syndrome. Di kehidupan aslinya, Pablo adalah seorang mahasiswa, mahasiswa pertama di Eropa yang menderita down syndrome.

6. Angela Bachiller, Anggota Dewan

Wanita paruh baya yang satu ini juga tak kalah luar biasanya nih. Ia adalah Angela Bachiller yang berasal dari Spanyol. Meski ia seorang penderita down syndrome, namun ternyata saat ini ia adalah seorang anggota dewan di Spanyol.

Anggota Dewan Yang Menderita Down Syndrome [image source]
Anggota Dewan Yang Menderita Down Syndrome [image source]
Bachiller merupakan orang pertama dengan down syndrome yang berhasil memegang jabatan di bidang politik. Sejak pengangkatannya tahun 2013 lalu, ia begitu di puji oleh berbagai organisasi yang mendukung penderita down syndrome sebagai langkah signifikan menuju “normalisasi”.

7. Madison Tevlin, Penyanyi

Prestasi luar biasa selanjutnya datang dari seorang remaja berumur 13 tahun, Madison Tevlin. Ia merupakan seorang penderita down syndrome yang gemar sekali bernyanyi. Tak hanya gemar bernyanyi, bahkan ia juga sempat membuat sensasi di Youtube.

Pada video di atas, Madison menyanyikan lagu berjudul “All Of Me” sebuah lagu dari John Legend. Video tersebut telah di tonton sabanyak 7 juta kali dan akun Youtube Madison subscribernya ada sebanyak 7000 lebih. Wow, dua jempol deh buat Madison.

Luar biasa sekali bukan prestasi yang dimiliki oleh orang-orang yang disebutkan di atas tadi. Dari kisah mereka kita bisa mengambil banyak pelajaran. Salah satunya adalah kita tidak boleh memandang sebelah mata orang yang lebih lemah di banding kita. Karena mungkin saja dibalik kelemahan tersebut tersembunyi sebuah kelebihan yang luar biasa. Oke readers?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA