7 Handphone Android Jadul Ini Dulu Harganya ‘Selangit’ namun Kini Kebangetan Murah

Dulu diincar, sekarang handphone Android ini ditinggalkan

oleh Aini Boom
19:30 PM on Aug 25, 2017

Saat ini, Android merupakan sistem operasi terbesar di dunia. Sejak kemunculannya di tahun 2008, Android dibekali berbagai fitur yang mempermudah pengguna dalam berinteraksi dengan dunia luar. Maka tak heran jika produsen smartphone berlomba-lomba mengeruk keuntungan dari laris manisnya penjualan produk yang dibekali android di dalamnya.

Di awal kemunculannya, harga smartphone Android terbilang sangat mahal meski masih dibawa harga Blackberry maupun i-Phone. Berbeda dengan saat ini di mana produsen teknologi ponsel pintar semakin banyak dan beragam, harga  smartphone Android pun semakin bersaing kompetitif. Nah, apa kabar dengan smartphone Android jadul yang dulu mahal banget? Tentu masyarakat tak lagi berminat, sebab dari desain, versi Android, dan hal-hal lain jelas tertinggal. Kalau dulu harganya sampai berjuta-juta, kini smartphone android jadul malah tak dilirik meski harganya dibanting hingga Rp 200 ribuan. Yuk lirik smartphone yang dulu dijual mahal dan kini jadi murahan berikut

Baca Juga
Cowo Wajib Tau: 4 Langkah Jitu Ini Wajib Kamu Lakukan Biar Hasil Vlogmu Keren Kayak Para Vlogger Terkenal
Cowo Wajib Tau: Ini Lho 4 Smartphone Kece yang Nggak Kalah dari iPhone 8

HTC Dream, Dulu Harganya Sekitar 5 Jutaan

HTC [image: source]
Meski namanya tak terdengar familiar, HTC adalah smartphone pertama yang menggunakan perangkat Android sebagai sistem operasinya. HTC sendiri dikenal sebagai produsen ponsel asal Taiwan yang pada akhirnya memproduksi HTC Dream atau G1. Produk tersebut dirilis di AS pada 22 Oktober 2008 dan dirilis pertama kali di AS. Kala itu, harganya US $399 atau senilai dengan Rp 5.319.867. Sebaliknya, saat ini smartphone tersebut hanya dijual seharga Rp 250 ribu di toko online.

Nexus One, Dulu Harganya Rp 4,8 Jutaan

Nexus One [image: source]
Memakai sistem operasi Android 2.0, Google merilis Nexus One yang masing-masing smartphone menghabiskan biaya sebesar Rp 1,6 juta. Tapi dipasaran, Google Nexus One dijual seharga US$ 529 atau setara Rp 4,8 juta. Tak berbeda dengan HTC Dream, kini Nexus One hanya dibandrol harga ratusan ribu rupiah saja.

Motorola Cliq, Dulu Harganya Rp 3 Jutaan

Motorola Cliq [image: source]
Keputusan tepat diambil Motorola untuk menyelamatkan usahanya yaitu dengan memakai Android sebagai sistem operasi. Motorola Cliq menuai sukses di tahun 2009 dengan memakai Android Cupcake. Saat itu, dibandrol dengan harga Rp 3 Jutaan smartphone ini laris manis. Sayangnya, kini harga beli Motorola Cliq hanya mencapai angka Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribuan

Samsung Galaxy i7500, Sekarang Harganya Hanya Rp 250 ribuan

Samsung Galaxy i7500 [image: source]
Samsung terkenal sebagai brand yang mengadopsi banyak sistem operasi. Maka jelas saat muncul sistem operasi Android, mereka segera merilis ponsel Android pertamanya yaitu Galaxy i7500 pada Juni 2009. Ponsel Samsung ini langsung digandrungi dan menuai kesuksesan besar. Namun saat ini, Samsung jenis ini dihargai hanya Rp 350 ribu untuk kategori baru dan Rp 250 ribu untuk kategori bekas.

LG GW620, Harganya Tawarnya Kini Hanya Rp 245 ribu.

LG [image: source]
Android pertama yang debut dengan brand LG adalah GW620. Rilis pada bulan November 2009, GW620 memiliki prosessor sebesar 528 MHz. Tentu kalah canggih dengan handphone Android kekinian. Namun saat itu, merk ini telah dibandrol dengan harga sekitar Rp 2 jutaan. Namun saat ini, handphone ini harganya hanya sampai pada angka Rp 245 ribu.

Sony Ericson Experia, Dulu Harganya Sekitar Rp 3 Juta

Sony Experia [image: source]
Diperkenalkan pertama kali pada bulan November 2009, Xperia X10 memiliki spesifikasi yang cukup wow pada masanya. Selain prosessor 1 GHz, kamera smartphone ini juga memiliki kamera 8 megapixel. Harganya lumayan mahal yaitu sekitar Rp 3,2 juta. Saat ini, smartphone Xperia X10 ditawarkan dengan harga Rp 650 ribu saja. Dan tentu, harga ini masih bisa dilakukan negosiasi.

Samsung Galaxy Mini, Dulu Harganya Sekitar Rp 1,6 Juta

Galaxy Mini [image: source]
Smartphone seri S5570, Samsung Galaxy Mini dibanderol dengan harga Rp 1.599.000. Smartphone jenis ini dulunya jadi idaman kaum menengah ke bawah, karenanya harganya cukup murah dengan spesifikasi yang lumayan. Namun semakin waktu berlalu, harganya kini hanya berkisar Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu.

Tujuh smartphone di atas dulunya menjadi barang yang diincar masyarakat, karenanya produsen pun dengan percaya diri memberi harga mahal. Tapi kini, sistem operasi Android hampir digunakan di semua smartphone. Apalagi, perkembangan smartphone yang semakin pesat membuat keluaran lama semakin tertinggal. Akibatnya, dalam waktu yang singkat harga smartphone-smartphone ini cepat sekali turun.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
7 Artis Ini Pantang Makan Nasi Putih, Perubahannya Bikin Kamu Teriak ‘WOW’ Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 6 Tokoh-tokoh Terkenal Tanah Air yang Moksa atau Menghilang Tanpa Bekas Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah 4 Putri Super Cantik Faisal Harris dan Sarita, Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’ Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit! Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Tuhan Maha Adil, Begini Nasib Terkini Pasangan Tangerang yang Diarak karena Dituduh Mesum 8 Anak Artis Ini Nggak Kalah Cantik dari Ibunya, Bikin Para Cowok Rela Antri untuk Mendapatkannya 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah Perbandingan Kekayaan Beberapa Pengacara Kondang, Ada yang Bisa Buat Makan 3 Kampung loh Sempat Jadi Tontonan Wajib Anak 90an, Begini Nasib Pemain Shaolin Soccer Sekarang Inilah Tontaipur, Pasukan Spesial Angkatan Darat Indonesia yang Kemampuannya Luar Biasa
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA