5 Orang yang Melakukan Gugatan Untuk Hal-hal yang Tidak Masuk Akal

oleh Tetalogi
08:39 AM on Feb 29, 2016

Umumnya sih seseorang menggugat atau melaporkan seseorang kepada pihak yang berwajib karena masalah yang serius dan terkait perbuatan kriminal. Memang sih masalah satu orang dengan yang lainnya tidak pernah sama dan kita tidak bisa benar-benar tahu seberapa besar kerugian yang dirasakan. Tapi kamu akan setuju kalau orang-orang ini berbeda.

Beberapa orang-orang ini ternyata malah mengajukan gugatan untuk hal-hal yang tidak masuk akal. Mereka menyalahkan orang atau pihak lain untuk sesuatu yang sebenarnya hal biasa.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

1. Menggugat Micahel Jordan Gara-gara Mirip Dengannya

Mungkin banyak orang ingin menjadi seperti Michael Jordan mulai dengan tubuhnya yang tinggi atau karir bakset profesionalnya yang sukses. Tapi Allan Heckard justru sebaliknya. Pada tahun 2006, ia menggugat Michael Jordan dan Nike karena mirip dengannya. Ia menuntut 800 juta dollar dengan tuduhan kemiripannya dengan pemain NBA tersebut membuat namanya buruk, menderita, dan melukai emosinya secara permanen.

Allen Heckard dan Michael Jordan [Image Source]
Allen Heckard dan Michael Jordan [Image Source]
Menurutnya, ia selalu dituduh terlihat mirip Michael Jordan dan hal itu membuatnya tidak nyaman. Sementara itu ia juga menuntut Nike yang dianggap bertanggung jawab membuat Michale Jordan semakin terkenal dengan mempromosikannya. Heckard mengatakan bahwa ia tidak bisa keluar rumah karena orang-orang menyebutnya mirip Jordan. Padahal tingginya jauh berbeda dengan Michael Jordan namun menurutnya orang-orang di gym menuduhnya bermain basket seperti Michale Jordan.

2. Menuntun Perusahaan Karena Tidak Sesuai Iklan

Tahun 1991, Richard Overton mengajukan gugatan terhadap Anheiser-Busch dengan tuduhan iklannya tidak sesuai dengan kenyataan. Menurutnya, hal ini membuat dirinya mengalami stres emosional, beban mental, dan kehilangan uang. Alasannya apa yang terjadi setelah ia minum Bud Light yang merupakan produk bir-nya tidak sesuai dengan kenyataan.

Bud Light [Image Source]
Bud Light [Image Source]
Setelah ia minum, para wanita tidak tertarik padanya, wanita cantik dan suasana tropis juga tidak muncul seperti yang ditunjukkan pada iklan Bud Light saat itu. Ia bahkan mengaku bahwa setelah minum bir keesokan harinya ia merasa pusing, seperti yang memang biasa terjadi pada orang-orang yang kebanyakan minum. Overton meminta ganti rugi sebesar 10 ribu dollar, tapi kasus itu tidak diterima sebelum sampai ke pengadilan.

3. Pria yang Menuntut Dirinya Sendiri

Pada tahun 2006, Curtis Gokey mengajukan tuntutan pada kota Lodi di California karena salah satu truk sampah mereka tidak sengaja menabrak mobilnya. Tapi yang jadi masalah, Gokey adalah petugas tempat sampah sendiri yang menabrak mobilnya sendiri.

Curtis Gokey [Image Source]
Curtis Gokey [Image Source]
Gokey mengaku bahwa kecelakaan tersebut memang salahnya sendiri, tapi ia menuntut kota agar membayar ganti rugi sebesar 3.600 dollar. Setelah kota menolak tuntutan tersebut karena ia tidak bisa menuntut dirinya sendiri, Gokey mengajukan tuntutan lagi tapi kali ini dengan nama istrinya. Pengacara kota mengatakan hal ini ilegal, tapi istri Gokey melanjutkan tuntutan dan kali ini senilai 4.800 dolar.

4. Peselancar yang Menuntut Karena Ombaknya Dicuri

Setiap peselancar pasti ingin mendapatkan ombak yang besar dan bagus. Seorang pria California pernah merasa marah kepada seorang peselancar lainnya yang ia tuduh mencuri ombak yang menurutnya adalah miliknya. Ia bahkan membawa perkara tersebut ke pengadilan.

Ilustrasi surfing [Image Source]
Ilustrasi surfing [Image Source]
Ia mengaku bahwa ombak yang gagal ia naiki tersebut membuatnya harus mengalami rasa sakit dan penderitaan. Tapi tentu saja kasus ini kemudian ditutup karena tidak mungkin menghitung nilai rasa sakit dan penderitaan karena tidak bisa menaiki sebuah ombak besar.

5. Menggugat Apapun yang Bisa Digugat

Jonathan Lee Riches sepertinya adalah orang yang memiliki hoby mengajukan gugatan. bagaimana tidak, ia dikenal luas sebagai seseorang yang akan mengajukan gugatan tentang segala macam hal. Sasaran gugatannya sudah sampai lebih dari 4000 kali. Beberapa diantara orang atau lembaga yang ia gugat antara lain adalah bajak laut Somalia, NASCAR, pemain NFL Michael Vik, pelatih New England Patriots Bill Belichick, Martha Stewart, bahkan Steve Jobs.

Jonathan Lee Riches [Image Source]
Jonathan Lee Riches [Image Source]
Riches juga sempat mencoba menggugat orang-orang dalam sejarah seperti Plato, Nostradamus, dan Che Guevara. Ia bahkan juga menggugat objek tak bergerak seperti Menara Eiffel, Tugu Peringatan Lincoln, dan batu Pymouth Rock. Yang paling terkenal, 2009 lalu ia menuntut Guinness Book of World Record karena memasukkannya sebagai orang yang paling banyak mengajukan perkara.

Melihat beberapa kasus di atas, agak sulit menentukan apakah mereka serius atau main-main dalam gugatannya tersebut. Mengingat mereka sampai membawa kasus tersebut ke pengadilan, kita jadi bertanya-tanya mengapa hal yang sangat sepele bisa menjadi masalah bagi mereka. Meski begitu, hukum seharunya tidak boleh dibuat main-main karena masih banyak hal di dunia ini yang perlu dipecahkan selain halnya mengadu untuk urusan yang aneh-aneh.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA