Kembali ke zaman Soeharto dulu, Indonesia pernah mengalami masa yang paling damai. Tak hanya tentang harga-harga yang murah dan bikin dompet selamat, tapi juga masalah keamanan. Masih ingat dulu gimana gemetarnya orang-orang ketika mendengar nama Petrus? Ya, jangankan berbuat jahat, mabuk dan bikin tato saja orang tak berani, karena nyawa bisa jadi taruhannya.

BACA JUGA: 5 Fakta Tentang Nyai, Wanita Pribumi Peliharaan Pria Belanda Zaman Penjajahan

Begitu aman dan kondusif Indonesia di masa itu. Lalu Soeharto tumbang dan kemudian mulai banyak orang-orang jahat bermunculan. Bukan bermaksud membandingkan, tapi jujur saja dulu itu lebih aman dari s292ekarang. Nah, bahasan kali ini bukan soal keamanan dalam negeri kita, melainkan tentang negara-negara yang saat ini adem ayem alias aman sentosa. Ya, seperti Indonesia di masa lalu lah.

Ketika banyak negara di dunia yang mengalami clash entah masalah internal maupun eksternal, ada beberapa tempat di mana kedamaian sangat terjaga. Bahkan mungkin polisi di sana makan gaji buta karena tidak ada kejahatan yang terjadi. Jadi, negara mana yang dianggap paling aman di dunia? Simak ulasannya berikut.

1. Republik Ceko, Negara Rendah Kriminal dan Biaya Hidup

Merujuk daftar Global Peace Index terbaru, Republik Ceko adalah salah satu negara paling aman di Dunia. Ada banyak alasan kenapa negara ini dianggap yang paling aman. Misalnya saja adalah criminal rate-nya yang sangat rendah, sampai kesigapan sangar para petugas yang seakan tak membiarkan kejahatan bisa terjadi.

Penduduk Republik Ceko [Image Source]
Penduduk Republik Ceko [Image Source]
Penduduk Ceko juga dikenal sangat ramah sehingga minim sekali gesekan di sini. Pendatang pun juga sangat betah karena penduduk menerima dengan baik. Belum lagi konon biaya hidup di Ceko juga sangat murah, hal ini membuat semua orang bisa hidup dengan nyaman. Alhasil, tak perlu sampai melakukan kejahatan dengan alasan pemenuhan kebutuhan.

2. Australia, Negeri Aman Sentosa untuk Menghabiskan Hari Tua

Memang ada selentingan yang bilang kalau ada dua kota di Australia warganya saling benci, yakni Sidney dan Melbourne. Tapi, meskipun demikian hal tersebut bukan berarti menunjukkan Australia adalah tempat yang tidak aman. Selama ini belum pernah ada clash atau bentrokan antar warganya. Bahkan justru yang nampak adalah harmoni dan kedamaian.

Masyarakat Australia [Image Source]
Masyarakat Australia [Image Source]
Tentu ada alasan kenapa Australia ada di daftar ini. Hal tersebut tak lain karena negeri kangguru menyediakan kenyamanan dan keamanan yang oke. Tingkat kriminal rendah, polisi yang selalu siaga, kondisi lingkungan yang alami dan menyenangkan , serta fasilitas-fasilitas yang canggih, mulai dari kesehatan sampai rekreasi.

3. Jepang, Tak Hanya Tentang Wanita Cantik

Cukup aneh memang menemukan nama Jepang di daftar ini. Pasalnya, kamu pasti tahu betul jika negara ini menyimpan salah satu mafia paling bengis di dunia, Yakuza. Namun, hal tersebut rupanya tidak memberikan banyak pengaruh terhadap penilaian terhadap Jepang. Dilihat dari banyak aspek, negara ini tetap boleh dibilang aman.

Gadis Jepang [Image Source]
Gadis Jepang [Image Source]
Jepang dikatakan memiliki tingkat kriminalitas yang sangat rendah. Hal ini adalah sebagai dampak kepribadian orang-orang Jepang yang halus dan sangat menjunjung budaya itu. Tak hanya itu, aturan di sini juga sangat ketat, terutama soal hal-hal yang berhubungan dengan sesuatu yang membahayakan. Misalnya kepemilikan senjata. Terlepas dari Yakuza dan legalnya video dewasa di sini, Jepang sangat aman.

4. Kanada, Negara Adem yang Minim Konflik

Dalam sebuah forum online, Kanada dianggap sebagai tempat yang paling aman di dunia. Alasannya satu, negara ini tidak sekalipun pernah dijadikan target aksi anarkisme, lebih-lebih teror. Sangat aman dan adem, baik secara harfiah maupun kiasan.

Wanita Kanada [Image Source]
Wanita Kanada [Image Source]
Hal yang membuat Kanada aman adalah penduduknya yang sangat welcome alias menerima dengan baik kepada sesama maupun para pendatang. Bahkan tak cuma disambut, bagi pendatang yang ingin jadi penduduk tetap pemerintah sana akan dengan senang hati mengabulkannya. Kanada adalah negara besar dengan sebaran penduduk yang sedikit. Sehingga mereka masih akan selalu punya tempat bagi siapa pun. Satu lagi, Kanada juga menyediakan fasilitas kesehatan yang oke. Alhasil, harapan hidup di negara ini tinggi sekali.

5. Finlandia, Negara Sepi Penjahat

Finlandia bisa dibilang sebagai negara dengan banyak gelar. Misalnya, negara dengan pendidikan yang sangat oke, negara dengan tingkat korupsi kecil, dan juga negara paling aman di Eropa. Untuk keamanan, negara ini memang benar-benar seperti itu. Hal tersebut dibuktikan dengan angka kriminalitas yang sangat rendah dan juga sepinya penjara-penjara di sana.

Anak muda Finlandia [Image Source]
Anak muda Finlandia [Image Source]
Soal kenyamanan hidup, Finlandia juga menawarkan hal tersebut. Negara ini masih memiliki banyak tempat yang enak untuk ditinggali, belum lagi suasana lingkungannya juga sejuk dan bikin sehat. Kesimpulannya, kita tak perlu khawatir ketika berada di negara ini. Nyamannya lingkungan dan rendahnya kriminal akan membuat kita aman lahir batin.

6. Denmark, Mantan Negara Tidak Aman yang Berbenah

Kembali ke beberapa tahun lalu, Denmark mungkin bukan negara yang benar-benar aman. Ada banyak aksi terorisme di negara ini. Hingga akhirnya, makin berjalannya waktu Denmark pun makin berbenah. Segala ancaman berhasil ditekan dan menjadikan negara kecil ini benar-benar aman.

Masyarakat Denmark [Image Source]
Masyarakat Denmark [Image Source]
Kini, Denmark menjadi salah satu negara dengan tingkat kriminalitas yang sangat-sangat rendah. percaya atau tidak, polisi di sana hampir tidak melakukan kerja berat karena hampir tidak ada kejahatan yang terjadi. Tentang hidup, tinggal di Denmark juga sangat nyaman. Pemerintah negara ini benar-benar memperhatikan betul nasib warganya.

7. Islandia, Negara Paling Aman di Dunia

Membicarakan kejahatan di Islandia adalah hal tabu. Bagaimana tidak, di negara ini hampir benar-benar tidak ada kejahatan yang terjadi. Angka kriminal sangatlah rendah, bahkan boleh dibilang nol persen. Bahkan pengutil uang sen tidak ditemui di negara ini.

Anak muda Iceland [Image Source]
Anak muda Iceland [Image Source]
Lantaran sangat-sangat aman, akhirnya hal tersebut membuat pemerintah Islandia berpikir jika mereka sama sekali tidak membutuhkan yang namanya tentara. Meskipun begitu, ada satuan kepolisian di sini. Tapi ya begitu, mereka hampir nganggur karena tidak ada satu pun aksi kriminal yang terjadi di negara dingin ini.

BACA JUGA: 5 Negara Paling Korup di Tahun 2016, Indonesia Apa Kabar?

Ah, enak mungkin ya tinggal di negara-negara di atas. Bisa tidur tenang tanpa khawatir kemalingan, atau bisa berkendara malam-malam tanpa takut dibegal. Nah, bagaimana dengan Indonesia? Negara kita bisa dibilang setengah-setengah. Kadang aman, tapi kadang juga tidak. Meskipun demikian, hal ini sesuatu yang patut disyukuri. Setidaknya, Indonesia tidak seperti Syria yang menjadi negara paling tidak aman di dunia.