Gubernur Jakarta Setuju Dengan Kebijakan Mendikbud

oleh didi
08:13 AM on Dec 10, 2014

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama setuju dengan langkah Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan yang menghentikan kurikulum 2013. Menurutnya, kurikulum tersebut terburu-buru untuk dilaksanakan.

“Saya kira sudah tepat keputusan menteri (Anies Baswedan) Kurikulum 2013 ini enggak siap, ngapain dipaksain,” kata Ahok di Balai Kota DKI, Jalan Medan Meredeka Selatan, Jakarta, Senin (8/12).

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Gubernur Jakarta Setuju Dengan Kebijakan Mendikbud
Gubernur Jakarta Setuju Dengan Kebijakan Mendikbud

Dia berjanji akan mempersiapkan segala keperluan terkait perubahan kurikulum tersebut. Dia juga akan berkoordinasi dengan Kadis Pendidikan Pemprov DKI untuk mempersiapkan sekolah-sekolah di Jakarta menghadapi pergantian kurikulum. “Kita sambil siapkan nanti,” katanya.

Sebelumnya, Mendikbud Anies Baswedan telah memutuskan menghentikan pelaksanaan Kurikulum 2013 di seluruh Indonesia. Anies menuturkan alasan keputusan itu diambil karena sebagian besar sekolah belum siap melaksanakan Kurikulum 2013. Sebab masih ada masalah soal kesiapan buku, sistem penilaian, penataran guru, pendamping guru dan pelatihan kepala sekolah yang belum merata. Hal ini berdasarkan rekomendasi tim evaluasi implementasi kurikulum dan diskusi dengan berbagai elemen pemangku kepentingan.

“Saya memutuskan, menghentikan pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah yang baru menerapkan satu semester yaitu sejak tahun pelajaran 2014/2015. Sekolah ini supaya kembali menggunakan kurikulum 2006,” kata Anies.

Anies juga mengatakan bahwa kurikulum 2006 itu agar digunakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. “Harap diingat, konsep yang ditegaskan dalam kurikulum 2013 sebenarnya telah diakomodasi kurikulum 2006 seperti penilaian otentik dan pelajaran tematik terpadu,” tuturnya.

Saat ini Kemendikbud telah menyiapkan surat penjelasan Nomor: 179342/MPK/KR/2014 tentang Pelaksanaan Kurikulum 2013. Penjelasan tersebut ditujukan kepada seluruh kepala sekolah se-Indonesia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA