Kumpulan Graffiti yang akan Membuat Anda Sadar Arti Lingkungan

oleh titi
10:21 AM on Apr 17, 2015

Lingkungan menjadi salah satu faktor seseorang betah mendiami suatu tempat. Dengan lingkungan yang baik, maka seseorang akan tumbuh dengan baik serta mempunyai hidup yang menyenangkan. Sebaliknya jika lingkungan yang ditempati sangat buruk, maka hidup lebih sengsara.

Namun lingkungan burukpun juga terjadi karena ulah kita sendiri yang tidak sadar arti lingkungan. Membuang sampah, menebang pohon, dan banyak lagi hal-hal sepele yang dapat menciptakan kekacauan dunia. Foto graffiti yang dilansir dari boredpanda berikut ini akan menyadarkan kita arti lingkungan

Baca Juga
4 Lomba Agustusan Greget Ala Suku Dayak Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Melongo
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!

1. Urbanisasi Yang Membunuh Kita

Kalau Anda tinggal di kota, pasti sering melihat perpindahan orang-orang desa ke kota Anda. Dengan banyaknya orang-orang baru yang memenuhi lingkungan Anda terkadang disitu terasa perubahan lingkungan terjadi.

Urbanisasi (c) boredpanda
Urbanisasi (c) boredpanda

Semakin lama semakin banyak pula orang yang akan betah di tinggal di kota, hingga tanah pinggiran kota pun terbabat habis untuk membangun bangunan. Seperti Grafiti diatas menyimbolkan bahwa bagaimana sebuah bangunan yang diciptakan telah memakan banyak pohon disekitarnya.

2. Punahnya Taman Bermain

Setelah pinggiran kota dirasa habis, tanah di tengah kotapun ikut tergilas rata dengan tumpukan mobil yang berjejer di depan bangunan. Hingga area untuk bermain anak-anak pun semakin sedikit.

Punahnya Taman Bermain (c) boredpanda
Punahnya Taman Bermain (c) boredpanda

Grafiti ini memperlihatkan bagaimana miskinnya anak masa kini akan tempat bermain. Bahkan lahan parkirpun digunakannya untuk bermain.

3. Membunuh Tumbuhan

Selain urbanisasi, faktor lain yang menimbulkan perubahan lingkungan adalah penebangan secara liar. Banyak terjadi kasus illegal logging, di negara kita salah satunya. Entah apa yang dipikirkan, pekerjaan ini dapat menimbulkan bencana besar bagi seluruh dunia.

Membunuh Hewan (c) boredpanda
Membunuh Hewan (c) boredpanda

Tanah longsor dan banjir bah menjadi sekian peristiwa yang sering terjadi. Meski telah dibuat peraturan untuk tidak menebang pohon, namun grafiti diatas cukup menggambarkan bagaimana kondisi hutan saat ini.

4. Kutub Utara dan Selatan Mencair

Melihat fenomena yang terjadi, kedua kutub bumipun ikut menangis. Bagaimana tidak gunungan es yang ada dikutub ini mencair yang mengakibatkan volume air bumi meningkat.

Kutub Mencair (c) boredpanda
Kutub Mencair (c) boredpanda

Banyak pulau kecil-kecil diperairan Indonesia ikut hilang karena kenaikan air laut setiap tahunnya. Grafiti tersebut menggambarkan bagaimana kutub bumi yang mencair dan memenuhi isi tengah bumi.

5. Manusia Saat Ini

Banyak hal yang kita lakukan yang perlahan-lahan memusnahkan bumi tercinta. Kita sebagai manusia hanya mengambil kekayaan bumi tanpa mempertanggungjawabkannya.

Manusia Saat Ini (c) boredpanda
Manusia Saat Ini (c) boredpanda

Grafiti ini menggambarkan kita sebagai seorang pemusnah bumi. Mengeruk semua yang ada dibumi dan memberikan limpahan sampah yang menumpuk.

6. Biarkan Tumbuhan Hidup Semestinya

Salah satu yang dapat kita lakukan untuk mengurangi kerusakan lingkungan dan hancurnya bumi adalah dengan menanam pohon. Setidaknya menyiram tanaman dan merawatnya adalah hal kecil yang dapat kita lakukan.

Biarkan Tumbuhan Hidup (c) boredpanda
Biarkan Tumbuhan Hidup (c) boredpanda

Bayangkan jika 1 satu pohon saja dapat menyelamatkan lingkungan sekitar. Bagaimana dengan ribuan. Bumi kembali hijau bukan?

Terkadang kita tidak sadar dengan ulah yang telah kita buat atau sadar namun tak pura-pura tak sadar. Akibatnya bumi terasa seperti tumpukan sampah yang terus bertambah. Lalu Apa yang harus kita lakukan untuk bumi kita tercinta?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA