Google Doodle Peringati Ulang Tahun Wassily Kandinsky

oleh didi
09:23 AM on Dec 16, 2014

Google hari ini adalah seorang seniman kelahiran Moskow, Rusia pada tanggal 16 Desember 1866. Dia adalah Wassily Kandinsky yang memiliki nama lengkap Wassily Wassilyewich Kandinsky, sosok yang diperingati ulang tahunnya yang ke-148 oleh Google Doodle. Wassily Kandinsky meninggal dunia pada usia 78 tahun di Neuilly-sur-Seine, Perancis pada tanggal 13 Desember 1944.

Wassily Kandinsky memulai pendidikan resminya dalam dunia seni ketika dia berada di kota Munich. Di sana, dia lalu bergabung dalam sebuah sekolah seni lukis swasta unggulan dan kemudian bergabung dalam Munich Academy of Arts. Namun, pengetahuannya lebih banyak dia dapatkan melalui belajar secara otodidak. Gaya lukisannya berubah dari fluida dan organik menjadi geometris hingga akhirnya menjadi berunsur abstrak.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Google Doodle Peringati Ulang Tahun Wassily Kandinsky
Google Doodle Peringati Ulang Tahun Wassily Kandinsky

Wassily Kandinsky merupakan pelopor aliran  abstrak murni dalam dunia seni lukis modern. Awal mula kesuksesan dirinya dimulai pada tahun 1911 hingga 1914, setelah dirinya sukses mengadakan berbagai pameran avant-garde, dia mulai mendirikan sebuah kelompok seni abstrak di kota Munich, Jerman yang bernama Der Blaue Reiter dan mulai secara total membuat seni lukisan yang megusung aliran abstrak.

Dengan adanya kelompok tersebut, semakin membuat namanya dikenal oleh seluruh dunia termasuk kelompok seni abstrak sendiri. Gaya pelukisannya berubah dari fluida dan organik menjadi geometris hingga akhirmnya menjadi berunsur piktogram.

Dia mulai melukis dengan tema konvensional, sembari membentuk teori-teori yang berasal dari pelajaran spiritual dan hubungan yang intim antara musik dan warna. Teori-teori itu berkembang sepanjang abad ke 20 dan menjadikannya Bapak Seni Abstrak.

Hal itu merupakan awal mula dimana Wassily Kandinsky mulai dikenal oleh publik dunia khususnya para penguasa seni abstrak. Dan hari ini tepat pada tanggal lahirnya Wassily, Google memperingati hari ulang tahunnya dengan membuatnya sebagai Google Doodle hari ini. Lantas, apakah kisah tentang Wassily Kandinsky ini mampu menginspirasi Anda semua?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA