5 Fakta Unik Kosta Rika, Negara Kecil Seluas Maluku yang Ternyata Hebat

oleh Rizal
07:00 AM on Jul 26, 2016

Dengan luas yang hanya sekitar 51 ribu kilometer yang bahkan masih lebih besar Maluku, kita mungkin akan sedikit menganggap enteng negara ini. Dan memang soal reputasi dan pamor, Kosta Rika belum bisa mengalahkan negara-negara tetangganya, macam Kolombia yang mentereng dengan wanita cantiknya atau Panama yang masyhur dengan kanalnya. Tapi, meskipun tak punya pamor mentereng, sebaiknya kita tak pernah meremehkan negara ini.

Ya, diam-diam ternyata Kosta Rika menyimpan banyak kehebatan yang jarang bisa kita temukan di belahan dunia lain. Misalnya saja, ternyata mereka memiliki banyak spot lingkungan hidup yang sangat penting keberadaannya bagi dunia. Bukan 20 atau 30, setidaknya ada 100 tempat seperti ini di sana dan jadi salah satu yang paling banyak di dunia.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

Tak hanya itu saja, masih ada beberapa hal sangar lainnya yang pasti akan membuka mata kita tentang negara kecil ini. Berikut ulasannya.

1. Kosta Rika Adalah Negara Tanpa Militer

Jika ada satu fakta yang paling terkenal di dunia soal Kosta Rika, hal tersebut sudah pasti tentang militernya. Ya, Kosta Rika ini salah satu negara di dunia yang memberlakukan sistem tanpa militer. Jadi di sana hal-hal berbau tentara tak ditemukan. Bahkan tentaranya sendiri pun tidak ada.

Negara aman tanpa tentara [Image Source]
Negara aman tanpa tentara [Image Source]
Kosta Rika adalah salah satu negara di dunia yang memberlakukan sistem tanpa tentara. Kosta Rika sendiri sudah memberlakukan ini sejak tahun 1948. Hebatnya, meskipun tanpa tentara negara ini sangat aman. Tak pernah terjadi huru hara besar dan sebagainya. Kosta Rika sebenarnya pernah punya tentara. Tapi hal tersebut dihapus setelah pernah terjadi perang sipil antara rakyat dan aparat militer.

2. Penduduknya Sangat Nasionalis

Tentang penduduk Kosta Rika, mereka terkenal memiliki fisik yang oke. Prianya ganteng dan para wanitanya rata-rata cantik luar biasa, latin campur Asia. Tak hanya soal fisik, orang-orang Kosta Rika juga terkenal akan kecintaan mereka yang dalam kepada negara. Salah satu buktinya adalah lewat potret kebiasaan orang-orang sana yang begitu suka memutar tembang National Anthem alias lagu kebangsaan.

Masyarakat Kosta Rika yang nasionalis [Image Source]
Masyarakat Kosta Rika yang nasionalis [Image Source]
Tak hanya itu, bahkan setiap jam 7 pagi, semua stasiun radio akan serempak memutar lagu kebangsaan mereka yang berjudul Himno Nacional de Costa Rica itu. Hal yang seperti ini sepertinya cuma terjadi di sini saja. Hal tersebut jadi bukti kalau orang-orang Kosta Rika punya kadar nasionalisme lebih tinggi.

3. Kosta Rika Adalah Salah Satu Negara Paling Bahagia

Memang agak janggal menyebut Kosta Rika sebagai negara bahagia. Apalagi melihat fakta kalau penduduk negara ini ternyata masih banyak yang hidup miskin, bahkan sangat miskin. Meskipun demikian ada satu fakta tak terbantahkan jika negara satu ini dipenuhi dengan orang-orang bahagia.

Harapan hidup tinggi [Image Source]
Harapan hidup tinggi [Image Source]
Hal tersebut adalah tingginya harapan hidup alias life expectasy negara ini. Nilainya sendiri adalah 79 tahun dan termasuk salah satu yang tertinggi di dunia. Alasan kenapa harapan hidup di sini begitu tinggi adalah sikap orang-orangnya sendiri yang begitu sederhana dan apa adanya.

4. Sumbangan Besar Kosta Rika Bagi Negara

Negara ini tak begitu luas apalagi sangat kaya, namun bukan berarti mereka tak bisa memberikan sumbangsihnya bagi dunia. Ya, lewat cara lain, negara satu ini membuat dunia makin kaya, khususnya dalam hal-hal keanekaragaman hayati.

Alam Kosta Rika [Image Source]
Alam Kosta Rika [Image Source]
Percaya tidak percaya, negara kecil ini ternyata menyumbang sekitar 5 persen dari keanekaragaman hayati di seluruh dunia. Ini adalah hal yang membanggakan dan hebat mengingat luas Kosta Rika sendiri hanya 0.03 persen dari Bumi.

5. Uniknya Sistem Alamat di Kosta Rika

Tinggal di Kosta Rika bagi orang-orang baru adalah hal yang bisa dibilang menyusahkan. Hal tersebut tak lain karena di sana sangat jarang jalan memiliki nama. Bahkan rumah pun kadang tak beralamat jelas. Jadi bisa dibayangkan betapa susahnya mencari alamat di sini.

Alamat yang susah [Image Source]
Alamat yang susah [Image Source]
Orang-orang sana memang seperti itu. Dan untuk alamat mereka biasanya menggunakan cara penunjukan yang beda. Misalnya Hotel A di sebelah barat rumah sakit, rumah si B di dekat jembatan besar, dan lain sebagainya. Ini adalah unik juga yang mungkin jarang-jarang ditemukan di belahan bumi lain.

Inilah fakta-fakta unik Kosta Rika. Siapa sangka jika negara sekecil ini ternyata memiliki banyak list hal-hal hebat dan greget. Entah soal kebijakan tanpa tentara, sampai begitu kayanya keanekaragaman hayati mereka. Selain hal-hal unik di atas, masih banyak hal menarik di sana yang hanya bisa ditemui dengan cara berkunjung. Jadi, kapan-kapan tak ada salahnya untuk mampir ke negara tetangga Panama ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA