7 Fakta Unik Tentang Brasil yang Tidak Ada di Negara Lain

oleh Rizal
13:30 PM on Sep 7, 2015

Brazil, negara satu ini memang seperti tak ada habisnya untuk dikulik. Entah itu kondisi alamnya yang subur atau deretan festival unik yang hanya ada di sini, semisal Miss Bum Bum atau yang paling terkenal adalah karnaval yang sangat meriah itu. Negara ini juga keren banget soal sepak bolanya. Seperti yang kamu tahu, negara ini menciptakan deretan pemain bola kelas satu dan timnas mereka bahkan menang Piala Dunia lebih banyak dari pada negara lain.

Hari ini tanggal 7 September, bertepatan dengan hari jadi mereka. Nah, biar makin dekat dengan si negara Samba, berikut adalah ulasan tentang hal-hal unik yang hanya bisa kamu temukan di Brazil.

Baca Juga
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah
7 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Wanita Jepang Ogah Menikah

1. Para Narapidana yang Jago Nyulam

Penjara memang identik dengan hal-hal mengerikan. Apalagi yang kita bicarakan adalah penjaranya Brasil. Kembali ke tahun 1992 lalu, salah satu penjara mereka bernama Candiru pernah mengalami pergolakan yang bikin 102 orang tewas. Namun hal yang sangat berbeda terjadi di penjara mereka yang lain bernama Arisvaldo de Campos Pires. Tanpa kekerasan, tapi sistem hukuman di sini bikin para narapidana tobat.

TIdak ada hukuman yang lebih pantas bagi para napi selain menyuruh mereka menyulam [Image Source]
TIdak ada hukuman yang lebih pantas bagi para napi selain menyuruh mereka menyulam [Image Source]
Bagaimana tidak, para penjahat yang familiar dengan kekerasan tersebut dihukum dengan aktivitas yang sangat wanita sekali. Yup, menyulam. Ya, mereka mau tidak mau harus melakukan hal ini selama menjalani durasi hukuman, dan sepertinya cara ini memang sangat efektif. Terbukti mereka jadi lebih sabar dan tidak mudah emosional. Belum lagi, para napi ini juga akan mendapat total gaji ketika nanti keluar. Wacana keren ini dibuat oleh  fashion desainer bernama Raquel Guimaraes yang ingin memanfaatkan para napi jadi faktor pendorong kemajuan dunia busana di Brasil. Hmm, cara yang sangat cerdas.

2. Ada Nazi di Brasil?

Dengan jarak negara yang terlampau jauh, bagaimana bisa ada Nazi di Brasil? Ya, percaya atau tidak organisasi pimpinan Hitler ini memang merentangkan sayap mereka hingga Amerika Selatan. Sesuai dengan visi mereka yakni World Domination. Adanya Nazi di Brasil dibuktikan dengan sebuah makam milik Joseph Greiner yang diketahui adalah milik salah satu anggota Nazi.

Beberapa bukti lain tentang keberadaan Nazi di Brasil [Image Source]
Beberapa bukti lain tentang keberadaan Nazi di Brasil [Image Source]
Kembali pada tahun 1935an, ternyata Nazi memang mengirim orang-orangnya untuk mendirikan pos terdepan di negara ini dengan tujuan menguasai negara penghasil kopi tersebut secara perlahan. Namun wacana ini tak pernah berhasil. Pos ini juga dipakai untuk memantau Perancis yang kala itu menguasai Guyana.

Tak hanya kejadian ini, Brasil juga jadi tujuan banyak orang Jerman atau Nazi ketika kalah dalam Perang Dunia II. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pemukiman orang-orang Jerman di Sao Paulo di tahun 1997 lalu. Ada pula yang mengatakan jika para pelarian ini juga mengambil harta rampasan Yahudi bersama mereka senilai $ 4 miliar dollar Amerika.

3. Wisata Favela

Meskipun Brasil adalah negara sejuta pesona, namun ada sebuah potret yang berkebalikan dari hal tersebut, salah satunya adalah Favela. Istilah ini digunakan untuk menyebutkan daerah yang kumuh di negara tersebut, dengan salah satu yang paling besar ada di Rio de Jainero. Kota ini dihuni oleh sekitar 1,4 juta orang.

Dulu Favela seperti ini sangat kumuh, namun sekarang justru jadi wisata andalan [Image Source]
Dulu Favela seperti ini sangat kumuh, namun sekarang justru jadi wisata andalan [Image Source]
Favela tak hanya lekat dengan ciri khas bangunan pondokan rusuh dan lingkungan yang kumuh saja, tapi juga perilaku masyarakat yang kurang baik. Di Rio de Jainero sendiri sering ditemui masyarakatnya yang suka mengonsumsi obat-obatan, banyak gangster dan hal-hal buruk lainnya. Hingga akhirnya pemerintah menjalankan sebuah program bernama Pacification yang sukses mengubah segalanya.

Kini Favela yang dulunya identik dengan hal-hal buruk, sudah makin membaik dan justru jadi wisata andalan pemerintah. Asyik banget melihat bangunan pondokan yang berwarna-warni itu. Belum lagi Favela yang ada di gunung atau dekat laut makin menambah kesan keren. Madona dan Beyonce bahkan pernah diberitakan mengunjungi beberapa Favela dan sangat terkesan.

4. Memancing Dengan Para Lumba-Lumba

Terletak berhadapan dengan samudera luas, hampir sebagian daerah di Brasil memiliki teluk nan indah. Selain untuk dinikmati pemandangannya, hal ini juga jadi tempat favorit para pemancing kelas dunia. Tidak hanya soal ikan hasil buruan, tapi juga atraksi si penghuni teluk. Yup, si lumba-lumba. Percaya atau tidak, penduduk di sepanjang teluk Brasil sudah berteman lama dengan mamalia air cerdas ini.

Bisa dapat ikan sekaligus bercengkerama dengan lumba-lumba. Cuma di Brasil! [Image Source]
Bisa dapat ikan sekaligus bercengkerama dengan lumba-lumba. Cuma di Brasil! [Image Source]
Yup, lumba-lumba sudah jadi asisten mancing para penduduk teluk sejak lama. Entah bagaimana awalnya hal unik ini terjadi, namun nelayan sangat diuntungkan. Mereka hanya perlu berdiri di bibir pantai dengan kedalaman rendah sambil membawa jaring-jaring. Kemudian para lumba-lumba akan datang menggiring para ikan mendekati para nelayan yang sudah menunggu. Tinggal sesuaikan timing-nya, para nelayan ini pun melempar jaring-jaringnya dan ikan pun akan tersangkut banyak sekali.

Aktivitas memancing dengan lumba-lumba ini pun jadi wisata yang pupuler di sana. Tak hanya bisa menikmati ikan hasil menjaring, para  wisatawan juga bisa melakukan kontak dengan para lumba-lumba. Sayangnya, momen ini tak sering datang.

5. Sambaqui, Piramida Paling Tua di Dunia

Mesir memang identik dengan piramida, tapi negara tersebut bukan satu-satunya yang memiliki bangunan unik itu. Siapa yang menyangka jika Brasil juga memilikinya, para peneliti memberinya nama Sambaqui. Namun berbeda dari piramida Mesir yang dibangun dari blok-blok batu persegi, Sambaqui dibentuk oleh kerang, tulang dan juga lumpur.

Bangunan ini konon katanya sudah berumur 8000 tahun [Image Source]
Bangunan ini konon katanya sudah berumur 8000 tahun [Image Source]
Tinggi Sambaqui mencapai 50 meter. Bahkan para peneliti menduga benda ini sudah dibuat sejak 8000 tahun lalu. Jika demikian, maka Sambaqui adalah piramida paling tua di dunia. Sayangnya, saat ini kamu hanya akan menjumpai sebagian saja dari piramida ini. Pasalnya, beberapa bagiannya di buang lantaran menghalangi konstruksi jalan.  Banyak yang menduga tujuan dibangunnya Sambaqui adalah sebagai tempat pemakaman.

6. Pemadam Kebakaran Hutan Brasil Adalah Pahlawan Dunia

Sebagai salah satu pemilik wilayah hutan paling besar di dunia, Brasil mau tidak mau dihadapkan dengan masalah kebakaran hutan. Ini adalah masalah yang sangat serius dan berpengaruh terhadap dunia. Sebagai pembanding, hutan Sumatera saja yang tak sedemikian besar itu asap kebakaran hutannya bisa sampai Singapura dan Malaysia, apalagi yang sebesar Brasil?

Apa jadinya dunia tanpa mereka? Mungkin kita sudah pakai masker sejak jauh-jauh hari [Image Source]
Apa jadinya dunia tanpa mereka? Mungkin kita sudah pakai masker sejak jauh-jauh hari [Image Source]
Untungnya mereka punya petugas pemadam kebakaran khusus hutan yang selalu siap sedia untuk menghujani pepohonan dengan air. Jika di kota mungkin sangat mudah dalam proses pemadamannya. Tinggal kirim mobil pemadam kebakaran masalah selesai. Hal ini tentu berbeda dengan hutan, apalagi seluas di Brasil. Ya, mau tak mau para petugas akan masuk ke dalam hutan dan melakukan pemadaman. Tak hanya berbekal semprotan air, mereka juga membawa pedang-pedang untuk masuk ke dalam hutan.

Aktivitas mereka sangat jarang diketahui publik, padahal perannya begitu vital. Sekali saja para pemadam ini lengah, maka hutan se Brasil mungkin habis dan asapnya pasti akan menimbulkan dampak besar mungkin hingga seluruh Bumi.

7. Brasil Jadi Negara Populasi Jepang di Luar Negeri Terbanyak

Sangat jarang menjumpai orang-orang Jepang mendiami sebuah negara dalam jumlah yang banyak. Namun di Brasil semuanya berbeda, negara ini menampung banyak sekali orang Jepang bahkan mungkin di negaranya sendiri. Uniknya lagi, cukup banyak orang Jepang yang akhirnya sukses dan ogah balik lagi. Hanya sekitar 7 persen dari seluruh populasi Jepang di Brasil yang memang kembali ke negara asal.

Salah satu sudut Jepang yang ada di Brasil [Image Source]
Salah satu sudut Jepang yang ada di Brasil [Image Source]
Ya, seperti Pecinan yang akan kamu temui di negara mana pun. Di Brasil juga ada yang komunitas Jepang sendiri, ya anggap saja dengan ‘Jepangan’. Di sini kamu akan menemukan hal-hal berbau negeri matahari terbit yang sangat kental. Apalagi soal hiburan di mana mereka akan mengadakan event seperti cosplay dan sebagainya. Orang-orang Jepang sudah diterima sepenuhnya di negara ini. Bahkan tak jarang juga mereka menikah dengan penduduk setempat yang akhirnya melahirkan keturunan silang yang sangat cantik dan ganteng.

Tidak akan pernah menyesal ketika kamu mengunjungi negara ini. Alamnya yang cantik sampai deretan wisata kelas satu bisa kamu dapatkan. Belum lagi gadis-gadis Brasil yang sangat cantik itu juga jadi pemandangan yang akan kamu dapatkan di mana pun di negara ini. Akan selalu ada alasan bagus untuk mengunjungi si negeri Samba. Jadi, begitu ada kesempatan maka jangan pernah disia-siakan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 8 Ilustrasi Kocak yang Membuktikan Dunia Berubah ke Arah yang Lebih Buruk, Setuju?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA