in

6 Fakta Tribhuwanatunggadewi, Raja Wanita Majapahit yang Menjadi Pelopor Perluasan Nusantara

Ilustrasi Tribhuwanatunggadewi [Image Source]

Ketika membahas tentang Majapahit, sering kali yang terlintas pertama kali adalah Gajah Mada dengan Sumpah Palapa-nya atau Hayam Wuruk yang menjadi Raja dalam masa keemasan Majapahit. Kedua tokoh ini memang memiliki peran penting dan berjasa besar dalam perkembangan Kerajaan Majapahit.

Meski begitu, tidak hanya dua tokoh ini saja yang punya peran besar dalam kerajaan Majapahit. Sosok lainnya adalah Tribhuwana Tunggadewi, seorang wanita yang bertakhta sebagai Raja di Majapahit dan merupakan pionir dalam usaha perluasan Nusantara.

1. Merupakan Putri Dari Pendiri Majapahit

Raden Wijaya adalah sosok yang mendirikan kerajaan Majapahit. Dalam naskah Nagarakretagama, ia menikahi 4 orang putri Kertanegara yaitu Tribhuwaneswari, Narendraduhita, Jayendradewi, dan Gayatri. Namun menurut Pararaton, istrinya dari Kertanegara hanya dua, dan dua lainnya dari kerajaan Malayu yaitu Dara Petak dan Dara Jingga.

Raden Wijaya [Image Source]
Raden Wijaya [Image Source]
Dari Tribhuwaneswari, Raden Wijaya memiliki anak yaitu Jayanegara. Namun menurut kitab Pararaton, ia adalah putra dari Dara Petak. Sedangkan menurut Nagarakretagama, ia adalah putra Raden Wijaya dari Indeswari. Sedangkan dari Gayatri, Raden Wijaya memiliki dua orang putri yaitu Dyah Gitarja dan Dyah Wiyat.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

6 Fakta Terkuburnya Kota Pompeii di Italia Ini Akan Membuatmu Merinding!

Inilah Fakta 7 Negara Yang Sangat Menghormati Bung Karno