Fakta Jaguar, Tim Khusus Anti Bandit dari Depok yang Viral karena Aksi Heroik Cegah Kejahatan Jalanan

Tim Jaguar bikin perusuh jalan kalang kabut

oleh Aini Boom
09:00 AM on Jun 5, 2017

Jaguar, satu nama yang akhir-akhir ini menjadi buah bibir di masyarakat sebab berhasil menghadang sweeping rombongan ormas yang meresahkan masyarakat. Tidak hanya itu, Tim Jaguar juga berhasil menangkap anggota geng motor di daerah Simpangan Depok dan mencegah kerusuhan yang akan terjadi. Sejak mulai beroperasi, Tim Jaguar telah melakukan beberapa aksi heroik dalam mencegah dan menangani kejahatan jalanan, termasuk pembegalan sadis oleh kawanan bersenjata.

Tim Jaguar awalnya dibentuk karena maraknya fenomena begal yang kerap terjadi di daerah Depok. Semua anggota tim elit ini memiliki kemampuan di atas rata-rata dan dibekali berbagai keterampilan untuk menghadapi kerasnya kejahatan jalanan.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

Terdiri dari Beberapa Satuan Kerja Mulai dari Satuan Sabhara Hingga Intel

Tim Jaguar [image: source]
Tim Jaguar merupakan tim khusus antibandit yang awal pembentukannya dipicu oleh maraknya tindak pembegalan di Depok pada tahun 2014. Karena itu Kepala Kepolisian Resor Kota Depok yang kala itu dijabat Komisaris Besar Ahmad Subarkah menggagas tim ini. Selanjutnya anggota tim di ambil dari beberapa satuan kerja di antaranya Satuan Sabhara, Intel, Provost, Reserse Kriminal, hingga staf di Polres Depok. Namun melihat kejahatan jalanan yang mulai berkurang, anggota Jaguar mengalami perampingan dan hanya tersisa 17 orang. Dan semua personel diambil dari Satuan Shabara Polresta Depok.

Kemampuan Anggota Tim Jaguar

Kepala Tim Jaguar [image: source]
Pada awal pembentukannya, Tim Jaguar hanya mempunyai 25 orang anggota. Para personel terpilih kemudian mendapatkan pelatihan fisik selama dua bulan. Mereka dipacu untuk latihan lintas medan, bela diri, hingga bongkar-pasang senjata. Tak berhenti di situ, anggota Jaguar juga mendapatkan latihan khusus untuk menembak jitu menggunakan senjata SS1 V2 dan Steyr oleh Korps Brimob yang memiliki kualifikasi tembak terbaik.

Tugas Tim Jaguar

 

Tim Jaguar [image: source]
Tim Jaguar memiliki nama lengkap Timsus Jaguar, merupakan akronim dari Tim Khusus Penjaga Gangguan dan Anti Kerusuhan. Adapun tugas tim ini adalah memburu semua bentuk aksi kejahatan jalanan di Depok yang meresahkan warga. Mulai dari begal yang mengincar motor pengendara di daerah sepi, tawuran di jalanan, hingga balap liar yang membahayakan pengguna jalan. Tim Jaguar kadang bisa berhasil dengan melakukan cara halus, tapi jika diperlukan mereka akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Persenjataan yang Lengkap Membuat Perusuh Jalanan Kocar-kacir

Persenjataan Tim Jaguar [image: source]
Saat melakukan aksinya, Tim Jaguar memakai rompi antipeluru dan helm Kevlar. Tak ketinggalan tim ini juga membawa senapan serbu dan pistol. Kendaraan yang juga dipakai adalah motor trail dan mobil SUV saat patroli. Ciri khas lainnya adalah kacamata hitam yang berfungsi untuk melindungi identitas. Tim ini melakukan patrol pada pukul 23.00 hingga 06.00 yang dianggap waktu rawan kejahatan jalanan. Jaguar berpatroli ke jalan rawan kekerasan jalanan dan tak jarang juga menyambangi gang-gang permukiman warga untuk memburu kejahatan.

Tugas Ganda Para Anggota Tim Jaguar

Tim Jaguar di jalanan [image: source]
Semua personel dalam tim Jaguar dituntut mempunyai semangat penuh untuk mengabdi kepada masyarakat. Sebab meski di malam hari mereka menjalankan tugas sebagai bagian dari tim Jaguar, di siang hari mereka tetap melaksanakan tugasnya di satuan masing-masing. Diketahui ada 12 anggota yang bertugas menjaga bank di siang hari dan malam harinya berpatroli sebagai tim Jaguar.

Penghargaan Kapolri Bagi Tim Jaguar

Penghargaan dari Kapolri [image: source]
Tetap konsisten mengabdi meski tanpa intensif tambahan membuat banyak pihak salut pada Tim Jaguar. Dan apresiasi tinggi juga datang dari Kapolri Jenderal Polisi M Tito Karnavian diberikan atas keberhasilan membubarkan aksi sweeping ormas beberapa waktu lalu. Sebagai bentuk penghargaan, Kapolri pun mengajak Tim Jaguar berbuka bersama pada hari Jumat 2 Juni 2017 lalu. Selain itu, di akhir acara diberikan lima motor trail dinas untuk tim ini.

Keberadaan Tim Jaguar di wilayah Depok terbukti mengurangi kejahatan jalanan yang merugikan warga. Tindakan tegas dan berani seperti inilah yang diharapkan rakyat sehingga merasa dilindungi oleh negara. Lebih jauh, Tim Jaguar bisa menjadi teladan bagi daerah lain untuk lebih total menjaga keamanan masyarakat.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA