5 Fakta Tentang Malaysia, Negara Tetangga Yang Sering Rebutan Hak Paten Dengan Indonesia

oleh Evi Rizana
11:38 AM on Feb 19, 2015

Malaysia merupakan salah satu negeri dengan perpaduan ras dan agama yang tidak sedikit. Ada orang Melayu, India, China, dan kelompok etnis lainnya hidup berdampingan di Malaysia. Ada pula orang yang beragama islam, Kristen, Buddha, Hindu,  dan China tradisi yang tinggal bersama dan hidup damai.

Tak kenal maka tak sayang. Untuk bisa menyayangi Malaysia, maka kita harus lebih kenal dekat dengan negara tetangga yang satu ini. Nah, berikut ini merupakan 5 fakta tentang Malaysia yang perlu kita ketahui.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

1. Mayoritas penduduk beragama islam

Indonesia dan Malaysia pada dasarnya tidak jauh beda. Sama halnya dengan negara tetangga Indonesia dan Brunei Darussalam, penduduk Malaysia juga mayoritas beragama islam. Tak heran jika kita akan menemukan banyak masjid besar di Malaysia.

Bangsa Malaysia yang mayoritas beragama islam
Bangsa Malaysia yang mayoritas beragama islam

Sekitar 60 persen bangsa Malaysia, sebutan untuk penduduk Malaysia yang beragama islam. Dari 28 juta bangsa Malaysia, sekitar 17 juta di antara mereka yang menganut agama islam. Sedangkan sisanya, bangsa Malaysia beragama Kristen, Buddha, Hindu, China tradisi hingga agama yang lainnya.

2. Kesultanan tertua di dunia

Malaysia terdiri dari 9 kesultanan atau diperintah oleh sultan serta 4 negara yang bagian yang diperintah oleh Yang Dipertuan Negeri atau istilah di Indonesia adalah seorang gubernur. Kesembilan kesultanan Malaysia antara lain: Johor, Kedah, Selangor, Kelantan, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Perlis, dan Trengganu.

Kasultanan Kedah di Malaysia
Kasultanan Kedah di Malaysia

Adapun Kesultanan Kedah adalah kesultanan awal di Semenanjung Malaya yang juga merupakan kesultanan tertua di dunia. Kesultanan Kedah ini berdiri sekitar tahun 1136 dan berkaitan dengan dinasti Hindu. Namun, tak lama kemudian kesultanan Kedah yang awalnya masih berbau Hindu ini menjadi kesultanan islam.

3. Memiliki gua bawah tanah terbesar di dunia

Nah, untuk tempat liburan, Malaysia memiliki Taman Nasional Gunung Mulu atau Gunung Mulu National Park yang wajib dikunjungi. Area ini terletak di negara Malaysia yang berbatasan dengan Indonesia, yakni di pulau Kalimantan. Atau lebih tepatnya terletak di Gunung Mulu National Park.

Gua bawah tanah Sarawak Chamber
Gua bawah tanah Sarawak Chamber

Di Taman Nasional Gunung Mulu ini terdapat gua bawah tanah yang sangat besar. Adalah Sarawak Chamber, gua bawah tanah di Malaysia yang merupakan gua terbesar di dunia. Besarnya gua ini diperkirakan mampu menampung sekitar 40 pesawat Boeing 747. Ditambah lagi dengan wisata hutan hujan yang menarik perhatian para wisatawan.

4. Hukum cambuk

Sementara untuk bidang hukum, Malaysia terkenal dengan hukuman cambuk. Cambuk dengan menggunakan rotan atau cambuk rotan adalah hukuman utama dalam undang-undang di Malaysia. Dan jumlah cambukan terbanyak adalah sebanyak 24 kali. Menakutkan juga kan?

Hukuman cambuk di Malaysia
Hukuman cambuk di Malaysia

Kendati Malaysia memberlakukan cambuk rotan sebagai hukuman utama mereka, namun hukuman cambuk ini terkecuali bagi wanita dan anak-anak. Hukum cambuk rotan ini pun juga diberlakukan bagi orang Indonesia yang berada di sana. Dan sering pula kita mendengar TKI yang dihukum cambuk di Malaysia sehingga menuai protes dari warga kita.

5. Meng-klaim milik Indonesia

Sering, negara Malaysia meng-klaim budaya milik Indonesia. Sehingga banyak orang Indonesia yang menyebut orang Malaysia sebagai pencuri. Reog ponorogo dan batik yang pernah diklaim milik mereka. Begitu pula dengan pulau-pulau kecil di Indonesia dan negara sekitarnya yang telah mereka curi.

Reog Ponorogo yang pernah diklaim Malaysia
Reog Ponorogo yang pernah diklaim Malaysia

Malaysia dan Indonesia pada dasarnya masih satu rumpun. Bahasa Indonesia dan bahasa melayu yang tak jauh beda. Secara fisik pun, orang Indonesia dan Malaysia juga hampir sama. Nah, karena satu rumpun inilah maka dengan mudahnya milik Indonesia diklaim oleh Malaysia.

Selain kelima fakta di atas, tentu masih banyak lagi fakta lainnya yang tak kalah menarik. Makanya, simak terus yuk!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 28 Potret ini Akan Membuatmu Tahu Rupa Asli Korea Utara yang Sebenarnya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA