8 Pantangan Saat Imlek Tiba

oleh venny
12:50 PM on Feb 19, 2015

Perayaan Imlek atau Tahun Baru Cina memang selalu kental dengan tradisi bahkan mitos tentang berbagai hal dan cerita-cerita yang sudah ada sejak dulu. Dan tentu saja tak terlepas dari adanya pantangan-pantangan.

Berikut 8 pantangan saat Imlek yang dirangkum dari pelbagai sumber :

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Imlek identik dengan nuansa merah
Imlek identik dengan nuansa merah

1.       Tidak Boleh menyapu lantai saat Imlek, karena jika melakukannya diyakini keberuntungan Imlek di tahun itu akan ikut menghilang. Maka itu, setiap rumah harus dibersihkan sebelum tahun baru datang karena jika rumah kotor saat tahun baru diyakini keburukan akan tetap menetap, setelahnya alat-alat kebersihanpun harus disingkirkan sebelum malam tahun baru agar keberuntungan tak ikut hilang.

2.       Tidak boleh menangis. Menangis pada malam tahun baru bisa membawa efek buruk karena diyakini menimbulkan kesialan dan akan membuat orang yang menangis akan sering menangis sepanjang tahun.

3.       Hindari cuci rambut saat Tahun Baru Cina tiba. Melakukan hal ini bermakna mengusir keberuntungan setahun ke depan. Daripada melakukan hal ini, dianjurkan memakai baju warna merah, karena warna merah menandakan kebahagiaan, keceriaan dan memberikan keyakinan datangnya masa depan yang cerah.

4.       Jangan berada di kamar tidur. Sst.. jangan pula mengucapkan selamat tahun baru Imlek di kamar tidur, hal ini diyakini juga dapat membawa kesialan selama satu tahun ke depan. Maka itu, bagi orang-orang yang sedang sakit, sebaiknya tetap berada di ruang keluarga, berpakaian rapi dan berkumpul bersama keluarga.

5.       Tak boleh berhubungan dengan benda-benda tajam. Benda tajam diyakini sebagai pembawa roh jahat pada hari pertama Tahun Baru Imlek. Benda tajam juga dipercaya dapat memotong keberuntungan, jadi sebaiknya semua benda tajam seperti pisau dan gunting di”sembunyikan” sehari sebelum perayaan tahun baru.

6.       Ssst… jangan berkata kasar dan jangan berkisah tentang hantu. Menurut kepercayaan Cina, apa yang terjadi pada malam tahun baru akan menggambarkan apa yang kelak terjadi sepanjang tahun. Kata-kata kasar atau kotor bermakna buruk dan kesialan. Sedang kisah hantu dikaitkan dengan kematian, jadi jangan coba-coba menceritakan mereka di malam tahun baru apalagi dengan kat-kata kotor.

7.       Jangan membiarkan memiliki hutang sampai tahun baru tiba. Maka, jangan tunda lunasi hutang-hutang sebelum Imlek tiba. Karena jika hutang mereka belum lunas, dipercaya akan selalu terbebani hutan. Dan jangan pula meminjamkan uang pada orang, jika dilanggar dimungkinkan orang tersebut akan selalu dipinjami uang oleh orang lain di tahun itu.

8.       Hindari “Empat” karena kata empat mengandung makna negatif jika dalam bahasa Cina terdengar seperti kata “mati”. Ada baiknya banyaklah berhubungan dan mengucap kata “delapan” karena ini bermakna keberuntungan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA