5 Fakta Tentang Kelaparan di Dunia yang Bikin Puasa Kita Seolah Nggak Ada Apa-Apanya

oleh Rizal
11:06 AM on Jun 28, 2016

Tidak bermaksud sok menceramahi nih, tapi puasa itu ternyata ada hubungannya dengan syukur. Ya, ketika lapar seperti sekarang ini, kita harus tetap bersyukur karena nanti ketika magrib, semua yang dilarang itu akhirnya diperbolehkan. Ketika menyantap segala hidangan lezat itu, kita mungkin tak tahu kalau di belahan dunia lain ada orang-orang yang tak pernah bisa berbuka. Bahkan mereka tak hanya puasa selama sebulan saja melainkan setahun, atau bahkan seumur hidupnya.

Ya, ini adalah tentang kelaparan di dunia. Adalah fakta kalau di bumi ini masih terlalu banyak orang yang tidak bisa makan. Jumlahnya sendiri benar-benar sangat gila, yakni ratusan juta jiwa! Semiskin-miskinnya kita, bisalah sehari makan sekali. Tapi, orang-orang ini bahkan tak pernah tahu apa yang bakal mereka santap sekarang, besok, lusa dan seterusnya. Miris tentu saja dengan hal ini, di samping kita mungkin tak pernah tahu jika ada orang-orang dengan penderitaan separah ini.

Baca Juga
4 Fakta Mengenai Sindrom Kleine-Levin, Kelainan yang Bikin Pengidapnya Jadi Tidur Berbulan-Bulan
Jualan Pisang Goreng Hingga Tidur di ‘Bilik Asmara,’ Inilah 5 Hal Unik yang Dialami Pengungsi Gunung Agung

Baca Juga :Miris! 5 Bencana Banjir Terparah Ini Pernah Menghanyutkan Wilayah Indonesia

Ketika di sisi lain banyak orang yang menghambur-hamburkan kekayaannya, di bagian Bumi yang lain ada manusia-manusia yang cukup berharap memiliki sesuap makanan untuk dimakan. Masih soal kelaparan, berikut adalah fakta-fakta miris dari hal tersebut.

1. Jumlah Orang Lapar Sedunia 3 Kali Lipat Total Penduduk Indonesia

Menurut FAO, sampai hari ini jumlah orang miskin yang sampai tak bisa makan tidak mengalami penurunan yang berarti. Jumlahnya masih sangat besar mencapai sekitar 805 juta orang. Kalau dianalogikan, jumlah ini lebih dari tiga kali lipat total populasi di Indonesia. Miris, kan?

Ratusan juta jumlah orang lapar di dunia [Image Source]
Ratusan juta jumlah orang lapar di dunia [Image Source]
Mereka yang masuk dalam kategori ini adalah yang tak bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya. FAO sendiri sudah melakukan banyak hal, namun tetap saja 805 juta orang kelaparan adalah hal yang sangat mustahil untuk diatasi satu organisasi saja. Entah kapan jumlah ini akan berkurang bahkan habis sama sekali. Mungkin akan tetap seperti ini jika orang-orang kenyang tak pernah peduli.

2. Jumlah Makanan di Dunia ini Terlalu Banyak

Ngenes pasti setelah mengetahui berapa jumlah penduduk di dunia yang tak bisa makan. Tapi, lebih ngenes lagi setelah tahu kalau jumlah makanan di dunia ini sebetulnya sangat banyak. Menurut FAO lagi, setidaknya manusia mampu memproduksi makanan yang sanggup dimakan sekitar 7 miliar orang atau seluruh populasi di Bumi. Tapi, nyatanya masih ratusan juta yang mengikat perutnya kuat-kuat.

Ada banyak makanan, tapi tak semua orang bisa beli [Image Source]
Ada banyak makanan, tapi tak semua orang bisa beli [Image Source]
Jumlah makanan memang sangat melimpah, namun tak semua orang sanggup membelinya. Atau mungkin tak bisa membeli fasilitas untuk menumbuhkan makanannya sendiri, entah bertani atau sebagainya. Memang, akar dari kelaparan itu sendiri adalah tidak adanya kekayaan alias kemiskinan.

3. Jumlah Kematian Akibat Kelaparan Sangat Gila

Makan adalah salah satu syarat manusia untuk bisa tetap hidup. Ketika aktivitas ini tidak dilakukan, maka sudah jelas risikonya apa. Ya, kematian. Faktanya, memang benar kalau setiap tahunnya orang-orang meninggal karena tak bisa memenuhi kebutuhan primernya ini.

Banyak anak-anak tewas karena lapar [Image Source]
Banyak anak-anak tewas karena lapar [Image Source]
Masih menurut FAO, di tahun 2010 kemarin setidaknya ada sekitar 7,6 juta anak-anak meninggal karena kelaparan. Kalau dibagi dengan hari, kurang lebih ada 20 ribuan anak-anak yang mati dalam 24 jam. Jumlah ini belum orang-orang berumur yang kalau semuanya dijumlah pasti jadi jauh lebih miris angkanya.

4. Jumlah Bayi yang Lahir Kelaparan Sangat Mencengangkan

Dari 805 juta orang itu, yang mengalami kelaparan tentu bukan cuma anak-anak atau orangtua. Ada juga wanita-wanita hamil di sana. Setidaknya ada belasan juta wanita hamil di dunia ini yang mengandung dalam kondisi kelaparan.

Ada belasan juta bayi kelaparan [Image Source]
Ada belasan juta bayi kelaparan [Image Source]
Lantaran hamil miris seperti ini, anak-anak yang lahir pun juga sangat mengerikan. Mereka kritis nutrisi sehingga rawan untuk meninggal pula. Jumlah bayi-bayi yang seperti ini diperkirakan FAO berjumlah sekitar 17 juta jiwa. Kalau dikomparasikan dengan penduduk sebuah negara, jumlah ini kurang lebih sama seperti seluruh penduduk negeri Belanda.

5. Sub-Sahara di Afrika Jadi Wilayah Paling Kelaparan di Muka Bumi

Dari total orang kelaparan di dunia ini, prosentase terbanyak ada di Asia dan Afrika. Tapi, kalau berbicara yang paling mengenaskan, juaranya adalah Afrika. Ya, orang-orang paling kelaparan ini ada di daerah Sub-Sahara.

Sub Sahara jadi wilayah paling lapar [Image Source]
Sub Sahara jadi wilayah paling lapar [Image Source]
Tak hanya kelaparan saja, mereka ini mengalami kondisi lapar kronis yang mungkin tak pernah kita bayangkan apalagi rasakan. Orang-orang ini kelaparan akut sampai seolah-olah usus mereka mencerna dirinya sendiri.

Baca Juga :5 Tragedi Kelaparan Terburuk Sepanjang Sejarah

Mana nih yang ngaku lemes saat puasa? Apakah bebanmu lebih dewa dari orang-orang ini? Tentu saja sangat jauh. Kita harus banyak-banyak bersyukur karena lahir dengan nasib seperti sekarang. Setidaknya kita bisa makan meskipun satu kali sehari. Ada orang-orang di luar sana yang jauh tidak lebih beruntung daripada itu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA