5 Fakta Gahar Napoleon Bonaparte, Penguasa Paling Hebat yang Pernah Dipunyai Perancis

oleh Rizal
08:31 AM on May 19, 2016

Bukan tanpa alasan kenapa seorang Napoleon Bonaparte masuk ke dalam daftar orang paling berpengaruh di muka Bumi. Ya, sosok satu ini memang luar biasa. Meskipun pendek badannya menurut buku sejarah, tapi ia adalah satu-satu pria Perancis yang mampu membawa negara itu memasuki masa kejayaan. Masa di mana sang negeri cinta ini begitu disegani oleh seluruh negara di dunia.

Tak hanya menjadikan Perancis negara yang paling ditakuti, Napoleon juga berhasil membuat negeri menara Eiffel ini sebagai penguasa besar. Di masanya, nyaris hampir seluruh Eropa berada di bawah kakinya. Makanya tak heran kalau sampai hari ini namanya masih dielu-elukan oleh banyak orang karena raihan gila itu.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Nah, masih soal sang penakluk Eropa, berikut adalah fakta-fakta tentang Napoleon Bonaparte yang pasti bakal bikin kamu takjub.

1. Ide-Ide Jenius Napoleon Saat Berperang

Bukan tanpa alasan kenapa Napoleon seringkali menang dalam peperangan selain karena sosok satu ini memang cerdas luar biasa. Ya, di beberapa literatur ia dijuluki si jenius perang karena punya banyak taktik yang cerdas dan brilian. Bahkan beberapa jadi inspirasi oleh orang-orang setelahnya, termasuk kita.

Makanan kaleng dan braile terinspirasi oleh Napoleon
Makanan kaleng dan braile terinspirasi oleh Napoleon

Salah satu taktik jitu Napoleon adalah menggunakan braile saat berperang di malam hari ketika pencahayaan sangat minim. Ia memakai ini untuk berkomunikasi dan terbukti sangat efektif. Tak hanya itu, Napoleon juga pernah berinisiatif untuk mengirim makanan kepada para prajurit yang sedang perang dengan dikemas lewat kalengan. Hal ini membuat makanan lebih mudah dikirim dan tahan lama. Alhasil prajurit pun tetap makmur.

2. Napoleon Sering Menyamar Untuk Mengetahui Kondisi Rakyat

Meskipun hidup berlinang kemewahan bukan berarti Napoleon tak peduli terhadap kondisi rakyatnya. Ia selalu ingin tahu bagaimana rakyatnya hidup. Apakah sudah makmur atau mungkin butuh dibantu di sana sini?

Napoleon Bonaparte sering menyamar [Image Source]
Napoleon Bonaparte sering menyamar [Image Source]
Nah, biasanya untuk memeriksa rakyat Napoleon selalu menyamar. Ia kerap memakai pakaian sederhana dan kemudian berbaur bersama masyarakat. Napoleon akan bertanya kepada orang-orang tentang bagaimana dirinya memerintah dan lain sebagainya. Napoleon sering sekali menyamar seperti ini, namun tak pernah sekali pun ia ketahuan.

3. Mampu Tidak Tidur Berhari-Hari Tapi Bisa Mimpi Saat Perang

Napoleon memang manusia super. Tak hanya punya otak yang luar biasa cerdas, ia juga punya berbagai kekuatan mustahil. Salah satunya adalah bisa tahan tak tidur berhari-hari. Ya, ini memang sering dilakukannya apalagi menjelang eksekusi rencana-rencana besar. Hebatnya lagi, setelah tidak tidur beberapa malam, Napoleon bisa bangun sangat tepat waktu di kemudian hari.

Napoleon mampu tidak tidur berhari-hari [Image Source]
Napoleon mampu tidak tidur berhari-hari [Image Source]
Meskipun tahan tidur, tapi Napoleon sendiri suka tidur sembarangan. Percaya atau tidak, pernah suatu ketika saat ia sedang memimpin sebuah kavaleri besar, sang Kaisar ini tertidur. Hampir selama 20 menit penuh ia tidur di atas kudanya dan tak ada yang berani mengusik. Hebatnya, setelah bangun ia pun langsung perang.

4. Kesamaan Hitler dan Napoleon

Mungkin tak banyak yang tahu kalau sebenarnya Napoleon punya semacam kesamaan dengan Hitler. Bukan sesuatu yang menghebohkan sih, hanya saja rentang waktu keduanya dalam setiap pencapaiannya selalu sama, yakni 120 tahun.

Hitler dan Napoleon
Hitler dan Napoleon

Misalnya tahun kelahiran, keduanya terpaut jarak 120 tahun. Hal yang sama juga terjadi saat keduanya berjaya dan juga mengalami kejatuhan. Jaraknya sama-sama terpaut 120 tahun. Tidak diketahui kenapa bisa terjadi kebetulan yang berturut-turut seperti ini, namun yang jelas ‘ke-cocoklogi-an’ ini murni ketidaksengajaan.

5. Sisi Lain Seorang Pemimpin Perang Hebat

Setiap orang hebat entah kenapa selalu punya kelemahan yang benar-benar remeh. Misalnya saja Samson yang kuat itu. Siapa sangka jika si pria kekar tersebut langsung letoy hanya gara-gara rambutnya dicukur. Hal yang serupa ternyata juga dialami oleh Napoleon.

Dua ketakutan Napoleon
Dua ketakutan Napoleon

Sang Kaisar hebat ini ternyata punya kelemahan atau lebih tepatnya phobia. Uniknya, ketakutan Napoleon ini lucu sekali. Misalnya takut dengan kucing dan juga pintu yang terbuka. Setiap kali menemui dua hal ini, Napoleon bakal ampun-ampunan.

Inilah Napoleon sosok yang luar biasa hebat dengan pencapaian gilanya yang tak mungkin ditiru banyak orang. Sejarah bangga mencatat sosok satu ini meskipun memang harus diakui beberapa kali Napoleon membuat blunder dan dosa besar. Terlepas dari itu, apa pun yang terjadi tetap tak bisa menghapuskan kejemawaan Napoleon dari ingatan semua orang.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA