5 Kebun Binatang Terburuk di Dunia Ini Berjuluk ‘Zoo of Death’, Indonesia No. 1

oleh Adi Nugroho
08:43 AM on May 19, 2016

Kebun binatang adalah tempat di mana kita semua bisa melihat aneka ragam satwa dari berbagai daerah di dunia. Di tempat ini pun kita juga bisa belajar banyak hal terkait satwa mulai dari habitat asli, makanan, dan perilaku-perilaku mereka yang kadang unik dan membuat gelak tawa.

Sayangnya, tak semua kebun binatang yang ada dikelola dengan baik. Banyak kebun binatang yang dibiarkan mengenaskan hingga hewan-hewannya banyak yang mati. Di kebun binatang yang akan Anda baca ini, kebun binatang tak ubahnya sebuah neraka yang mengerikan. Bersiaplah menahan kemirisan.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Kebun Binatang Surabaya – Indonesia

Kebun binatang Surabaya pernah mendapatkan julukan sebagai “Zoo of death” atau kebun binatang kematian. Satwa-satwa yang ada di sini mayoritas tinggal di lingkungan yang sangat mengerikan dengan penuh sampah. Selain itu, mereka juga tidak diberi makan secara rutin hingga banyak hewan yang kurus hingga mati secara mengenaskan.

Kebun Binatang Surabaya [image source]
Kebun Binatang Surabaya [image source]
Banyak hewan hidup di lingkungan yang sempit hingga tak bisa bergerak. Selain itu ada juga hewan sakit yang dibiarkan mati hingga penyakitnya menular. Masuk ke kebun binatang Surabaya hanya akan membuat pencinta satwa sakit hati karena tak tega melihat keadaan hewannya yang mengenaskan.

2. Kebun Binatang Kabul – Afganistan

Keadaan Afganistan yang selalu tidak kondusif ternyata memengaruhi keadaan kebun binatangnya. Di tempat ini, banyak hewan-hewan seperti bebek, burung kakatua, dan rusa mati dengan mengenaskan. Bahkan ada yang sengaja menyerang mereka untuk dikonsumsi dan bertahan di situasi perang yang mengenaskan.

Kebun Binatang Kabul [image source]
Kebun Binatang Kabul [image source]
Hewan besar seperti beruang dan singa mungkin tidak tersentuh. Namun mereka menjadi sangat kurus karena tidak diberi makan setiap hari. Yang bisa dilakukan hewan ini hanyalah bertahan sendirian sambil menanti kematian yang perlahan-lahan datang.

3. Kebun Binatang Giza – Mesir

Kebun Binatang Giza mulai dikeluarkan dari asosiasi kebun binatang dan akuarium dari tahun 2004. Kasus korupsi yang dilakukan oleh pegawainya sangat tinggi dan membuat hewan-hewan hidup dengan mengerikan. Setiap hari banyak hewan tidak diberi makan karena operasionalnya ditilep dalam-dalam oleh pekerjaanya.

kebun binatang Giza
kebun binatang Giza [image source]
Di kebun binatang ini banyak hewan hidup dengan keadaan yang memprihatinkan. Kera-kera dimasukkan ke kandang yang sangat rapat. Pun jumlahnya sangat banyak hingga susah bergerak. Gajah dirantai dan dibiarkan kelaparan. Ada kemungkinan kebun binatang ini akan tutup jika semua hewan yang ada di dalamnya mati dengan keadaan yang mengenaskan.

4. Kebun Binatang Pyongyang – Korea Utara

Kebun Binatang Pyongyang banyak mengalami hal mengerikan seperti pembunuhan hewan oleh orang tak dikenal. Dibiarkan mati sendiri karena tidak diberi makan hingga bila ada hewan sakit perawatan tak pernah dilakukan. Akibatnya kematian hewan secara masif sering terjadi dan menyebabkan kebun binatang semakin sepi.

kebun Binatang Pyogyang [image source]
kebun Binatang Pyogyang [image source]
Dalam beberapa kasus, hewan-hewan di kebun binatang ini banyak yang saling bertarung. Mereka mempertahankan wilayah atau saling mangsa karena tidak bisa makan. Ada yang sampai melukai tubuhnya hanya karena ingin bebas dan tidak terpenjara dengan cara yang mengenaskan.

5. Kebun Binatang Jijamata Udyan – India

Kebun binatang Jijamata Udyan yang terletak di Mumbai, India ini dibangun sejak Inggris melakukan koloni di tahun 1861. Setelah bertahan selama ratusan tahun, kebun binatang ini akhirnya berakhir dengan sangat mengenaskan. Bahkan dijuluki sebagai salah satu kebun binatang terburuk di dunia.

Kebun Binatang Jijamata Udyan [image source]
Kebun Binatang Jijamata Udyan [image source]
Kebun binatang ini tidak memiliki sokongan dana yang cukup banyak. Akibatnya, banyak hewan dibiarkan mati karena kelaparan. Setelah hewan itu mati, bangkainya akan diambil lalu diawetkan untuk dipajang sebagai spesimen yang berharga. Salah satu hewan berharga yang mati mengenaskan adalah Harimau Siberia terakhir di India.

Inilah lima kebun binatang terburuk yang ada di dunia. Seharusnya kebun binatang memperlakukan hewan dengan baik. Mereka mengambil hewan liar lalu memenjarakannya hingga tewas. Seharusnya jika tidak bisa merawat, hewan-hewan itu harus dikembalikan lagi ke habitat asli.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA