Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota

Bahkan dalam pembangunannya saja menggontorkan dana yang luar biasa

oleh Arief Dian
19:00 PM on Aug 23, 2017

Beberapa waktu yang lalu sempat heboh mengenai sebuah kota baru bernama Meikarta yang akhirnya diresmikan. Memang, sejak dari dulu Menag proyek ini digadang bakal jadi kota paling canggih di Indonesia. Bahkan katanya bisa saja mengalahkan kota-kota canggih di Asia.

Namun di balik semua itu, ternyata banyak fakta menarik dari kota baru ini loh. Mulai dari biaya iklan yang luar biasa banyaknya hingga pembangunannya yang menelan banyak biaya. Bahkan isu pro dan lontara pun mewarnai pembangunan kota yang satu ini. Penasaran, simak ulasan yang ada di bawah ini.

Baca Juga
Mengenal Djonie Liem, Veteran Indonesia yang Bisa Menembakkan Jarum dari Mulutnya
Ini Bukti Mesranya Hubungan Korsel-Indonesia, Bisa Jadi Inspirasi Tetangga Sebelah Nih!

Biaya pembuatannya yang luar biasa mahal

Ternyata dalam pembuatan “kota” di dalam kota ini bukan main-main. Buktinya Lippo Grup menggontorkan dana mencapai Rp 275 Triliun dalam pembuatannya. Bukan hanya masalah pembuatannya, bahkan dalam masalah iklan pun, pengembangan kota ini pun menguncurkan sekitar Rp 2 Miliar hanya untuk mengiklankan pada beberapa stasiun TV swasta dan media online.

Kota Meikarta [image source]
Ya, dari berbagai dana besar yang dikeluarkan itu, terciptalah sebuah kota elit baru dengan belasan ribu apartemen siap huni. Namun sayang, Meikarta sendiri terganjal beberapa isu seperti perizinan dan masalah kesenjangan yang bisa saja terjadi akibat kehidupan elit yang akan tercipta di sana.

Meikarta digadang akan menjadi yang tercanggih dan termegah se Asia

Dengan dana yang dikucurkan sebesar itu, bukan hal yang aneh kalau sampai Meikarta menjadi bangunan paling megah di Asia Tengara, bahkan di benua Asia. Ya, rupanya ketersediaan fasilitas di kawasan ini memang sangat canggih.

Kota maju [image source]
Mulai dari kereta cepat yang akan dibangun hingga letaknya yang dianggap strategis karena berada sangat dekat dengan sektor industri. Oleh sebab itu banyak dari para bisnisman terkemuka yang sengaja ingin membeli apartemen di sana karena melihat dari sisi positif dari letak Meikarta sendiri.

Meikarta dijual dengan harga yang beraneka ragam

Meskipun kota hunian baru ini identik dengan kesan megah dan mewah, rupanya banyak tempat di sana yang memiliki harga yang sangat terjangkau bagi sebagian kalangan. Chief Marketing Officer (CMO) Lippo Homes Jopy Rusli mengatakan harga satu unit apartemen Meikarta dibandrol mulai Rp 127 Juta.

Pembukaan Meikarta [image source]
Dengan harga yang lumayan murah itu, namun jangan salah, rupanya fasilitas yang disediakan juga lumayan lengkap, mulai dari kesehatan, pendidikan hingga fasilitas teknologi. Rencananya, kota kecil ini akan siap ditempati pada tahun 2018 atau 2019.

Masih banyak isu yang ada

Meskipun sudah mulai rampung, rupanya masih ada banyak kendala yang harus diselesaikan. Mulai dari masalah izin yang katanya belum selesai juga, beberapa lahan yang belum dibebaskan sampai pihak yang kontra dengan pembangunan kota kecil ini. Salah satu yang pihak yang tidak setuju adalah mereka yang menghawatirkan kalau proyek ini bisa saja merubah bentang alam yang ada di kawasan sekitar daerah tersebut.

Konfrensi Press Mengenai Mei Karta [image source]
Bahkan pemerintah RI beberapa hari yang lalu melakukan pemanggilan pada pengelola proyek Meikarta untuk meminta kejelasan pada pembangunan proyeknya. Namun demikian, pembangunan kota kecil ini terus berjalan bahkan beberapa waktu yang lalu bertepatan dengan hari kemerdekaan telah melakukan pembukaan.

Memang kalau dilihat dari besaran proyeknya dan rancangannya, mungkin saja Meikarta jadi solusi dari kepenatan ibu kota. Namun demikian, juga harus memperhitungkan baik masalah lingkungan maupun perizinan agar tidak sampai terganjal lagi masalah seperti ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit!
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA