8 Fakta Keren Soal Indonesia yang Patut Dibanggakan Pada Dunia

oleh Tetalogi
07:00 AM on Apr 7, 2016

Situasi Indonesia memang terkadang tidak menentu, tapi bukan berarti kita tidak bisa menikmati hidup di negara ini. Namun sebagai warga negara Indonesia, ternyata sebagian orang merasa negara kita tidak lebih baik dari negara lain. Padahal dimanapun tempatnya, akan selalu ada kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh tempat-tempat tersebut.

Meski memiliki beberapa masalah dan tetap kalah jika dibandingkan dengan negara maju, Indonesia masih termasuk wilayah yang penting di dunia. Berikut ini ada beberapa hal yang patut dibanggakan dari negera kita.

Baca Juga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia

1. Termasuk Penghasil Gas Alam Cair Terbesar

Indonesia adalah salah satu negara penghasil gas alam cair terbesar di dunia dan merupakan pengekspor terbesar ke-2 atau ke-3 di dunia (bersaing dengan Malaysia). Sedangkan posisi pertama masih ditempati oleh Qatar.

PT Badak, salah satu penghasil gas alam cair di Indonesia [Image Source]
PT Badak, salah satu penghasil gas alam cair di Indonesia [Image Source]
Empat kota yang menjadi penghasil terbesarnya adalah Riau, Papua, Sumatera Selatan, dan Jawa Timur. Tidak hanya itu saja, Indonesia juga diyakini masih memiliki cadangan gas alam dalam jumlah besar yang belum dieksploitasi. Sayangnya kekayaan tersebut belum bisa dinikmati sepenuhnya oleh Indonesia karena kita belum mampu mengelolanya sendiri.

2. Kaya Batu Karang Cantik

Indonesia memiliki batu karang terbanyak di dunia. Bahkan, 18% batu karang di bumi ada di Indonesia. Salah satu tempat yang kaya dengan batu karangnya yang cantik adalah Raja Ampat. Perairan di Raja Ampat sangat kaya dengan berbagai macam spesies ikan, karang, dan organisme lainnya.

Batu karang di Raja Ampat [Image Source]
Batu karang di Raja Ampat [Image Source]
Kondisi karang di daerah ini relatif baik. Namun para ilmuwan khawatir dengan tanda-tanda kerusakan yang muncul akibat pemancingan ilegal yang dilakukan oleh masyarakat lokal dan perahu nelayan dari Thailand dan Filipina. Kini juga banyak pemancing yang menggunakan dinamit dan bom sianida. Akibatnya karang-karang menjadi mati dan mengganggu ekosistem serta keragaman biota laut.

3. Memiliki Bahasa Daerah Terbanyak

Dengan wilayah yang luas dan memiliki budaya yang beragam, Indonesia juga memiliki bahasa daerah terbanyak di dunia. Tercatat ada 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan oleh berbagai suku bangsa di Indonesia.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa nasional meskipun bukan merupakan bahasa ibu ataupun bahasa yang paling banyak digunakan. Di beberapa daerahnya, masyarakat akan memakai bahasa daerah untuk percakapan sehari-harinya.

4. Terkenal Sebagai Penghasil Kopi

Indonesia juga termasuk negara yang kaya dengan tanaman kopinya. Perkebunan kopi banyak tumbuh di berbagai daerah di Indonesia. Ada dua macam kopi Indonesia yang sangat terkenal hingga mendunia, yaitu kopi Sumatra dan kopi Luwak. Kopi Sumatra adalah jenis yang dipakai oleh Starbucks.

Kopi [Image Source]
Kopi [Image Source]
Selanjutnya ada kopi luwak yang dihasilkan di Sumatra, Jawa, Bali, dan Sulawesi. Kopi ini diambil dari sisa biji kopi yang dimakan luwak. Sisa berupa kotoran ini masih utuh berbentuk biji kopi karena perut luwak tidak bisa mencernanya. Biji kopi tersebut kemudian dicuci dan dipanggan, maka jadilah kopi Luwak. Kopi jenis ini adalah yang termahal di dunia dengan harga mencapai 300 dollar per setengah kilogramnya.

5. Kepulauan Bumbu yang Diperebutkan

Pala, cengkeh, dan bunga pala adalah komoditas yang dicari dunia. Tanaman rempah-rempah ini tumbuh melimpah di Indonesia, tapi tidak di tempat lainnya. Rempah-rempah inilah yang akhirnya menarik perhatian para pedagang dari Eropa.

Bumbu [Image Source]
Bumbu [Image Source]
Mereka mulai berdatangan dan lama kelamaan berusaha menguasai Indonesia agar bisa mengontrol perdagangan. Bahkan bangsa-bangsa lain saling bertempur demi berebut kepulauan penghasil rempah-rempah ini.

6. Punya Menu Terlezat di Dunia

Tinggal di sebuah negara yang terkenal dengan menu kulinernya yang beragam dan lezat tentu akan sangat menyenangkan. Tapi, kamu nggak perlu jauh-jauh berburu kuliner lezat karena ternyata menurut CNN Travel, Indonesia memiliki deretan makanan terenak di dunia!

Rendang [Image Source]
Rendang [Image Source]
Nasi goreng Indonesia ada di peringkat 2 dunia dan rendang menduduki peringkat pertama di dunia! Masakan Indonesia terkenal dengan kaya bumbu sehingga mampu menghadirkan rasa terlezat untuk para penggemar kuliner.

7. Desainer Indonesia yang Mendunia

Bicara soal fashion dan design, kebanyakan orang akan langsung berpikiran Perancis atau Italia sebagai gudangnya rumah mode. Kemudian ada nama-nama merek terkenal seperti Coco Chanel, Yves Saint Laurent, dan banyak lagi yang karyanya mendunia. Tapi tunggu dulu, Indonesia juga punya desainer dengan karya yang mendunia, lho.

Gaun rancangan Tex Saverio yang dipakai dalam Hunger Games [Image Source]
Gaun rancangan Tex Saverio yang dipakai dalam Hunger Games [Image Source]
Ada Tex Saverio yang merancang gaun Lady Gaga untuk pemotretan di Harper’s Bazaar, dan gaun Jennifer Lawrnce di film Hunger Games. Ada juga Sabbatha Raharzuardi yang tasnya digemari di kalangan selebriti, salah satunya adalah Katie Holmes. Nancy Go juga merancang tas Bagteria yang dipakai Paris Hilton, Emma Thompson, hingga Putri Zara Phillips. Hebat!

8. Masuk dalam 20 Negara Terbaik Untuk Jadi Pengusaha

Masih belum punya pekerjaan? Kenapa tidak memulai membuka usaha sendiri saja dan menjadi seorang pengusaha? Menurut Businessinsider.com, Indonesia adalah salah satu negara terbaik di dunia untuk menjadi seorang pengusaha alias Entrepreneur.

Bob Sadino [Image Source]
Bob Sadino [Image Source]
Nah, karena itu jangan takut berinovasi karena kita sudah berada di tempat yang tepat. Siapa tahu nanti akan muncul inovasi dan pengusaha hebat lainnya di Indonesia dan menyaingi para pebisnis lain dari luar negeri.

Itulah tadi beberapa hal yang membanggakan dari Indonesia. Karena itu, jangan terburu-buru putus asa atau hanya mencela saja. Karena kita sendiri sebagai warga negara juga punya andil untuk ikut memajukan negara. Jangan hanya mencela tapi tidak mau berbuat apa-apa untuk negara.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA