7 Fakta Menyenangkan Brunei yang Bikin Banyak Orang Ingin Jadi Warga Negaranya

Negara yang hanya seluas Yogyakarta ini ternyata menyimpan kekayaan yang luar biasa dan minim kejahatan loh!!

oleh Yania
08:00 AM on Sep 17, 2017

Brunei adalah sebuah negara berbentuk monarki yang tertua di antara kerajaan-kerajaan di tanah Melayu. kalau bicara soal Brunei, sebenarnya banyak sekali keunikan dari negara kecil itu yang jarang diketahui orang, mulai dari tambang minyaknya yang melimpah hingga semua warganya yang makmur. Dijamin deh, kamu bakal keheranan bagaimana negara sekecil itu bisa lebih kaya ketimbang Indonesia.

Nah, bukan melulu kekayaan yang membuat banyak orang kepincut dengan Brunei. Mulai dari kebersihan hingga penduduknya yang luar biasa patuh membuat negara ini jadi pilihan pertama untuk tinggal. Yuk kita tengok fakta mengenai Brunei yang bikin banyak orang jadi pingin menetap di sana!

Baca Juga
Mulai Bentuk Pocong Hingga Kuyang, Inilah 4 Fakta Bantal Guling Model Hantu yang Viral di Thailand
Fenomena Harga Tiket Wisata yang Harganya Jadi Berkali-kali Lipat untuk Wisatawan Asing, Pantaskah?

Sultan Brunei Menjamu Rakyatnya di Istana Nurul Iman Saat Hari Raya Idul Fitri Tiba

Istana Nurul Iman [Image Source]
Istana yang paling megah di dunia dengan berlapiskan emas adalah istana milik Sultan Brunei yaitu Istana Nurul Iman. Baik, interior istana , pakaian, mobil, sampai kamar mandinya yang berjumlah 257 pun berlapis emas. Istana terbesar ini dibuka saat Ramadhan dan Lebaran tiba agar warga negaranya bisa merasakan apa yang biasa dinikmati sang Sultan. Mereka dijamu dengan makanan lezat dan layak untuk warga Brunei. Wah, enak banget!

Tak Ada Sepeda Motor Di Bandar Seri Begawan, Selain Harley Davidson Sebagai Sarana Antar Makanan Cepat Saji

Motor delivery makanan [Image Source]
Brunei adalah negara yang jarang sekali ditemukan sepeda motor berkeliaran. Ada suatu hari, terlihat sepeda motor Harley Davidson yang digunakan seorang karyawan pengantar makanan cepat saji di ibukota. Bayangkan, masyarakat sana udah banyak yang pake mobil loh. Perbandingan kendaraan di Brunei sekitar 2:1 dengan jumlah penduduknya.

Sempat Menjadi Negara Federasi Malaysia, Tetapi Merdeka dari Inggris Tahun 1984

Negara termuda di ASEAN adalah Brunei Darussalam, negara ini mendapatkan kemerdekaan di tanggal unik yaitu 1 Januari tahun 1984. Brunei merupakan negara federasi dari Malaysia dan diberikan kemerdekaannya oleh Inggris. Sudah sejak abad ke-7 Masehi, negara ini berbentuk kerajaan dengan seorang Sultan sebagai kepala negara sekaligus pemerintahan.

Bendera brunei [Image Source]
Brunei adalah negara yang kaya akan minyak sehingga kehidupan masyarakatnya sejahtera.  Pemberlakuan pendidikan dan kesehatan gratis sangat wajar bila disediakan di negara itu. Tak salah, enak banget jadi warga Brunei yang dijamin kebahagiaan materi oleh Kepala Negara dan Pemerintahannya.

Showroom Sultan Brunei Luar Biasa Mewahnya, Mulai dari Rolls Royce, Lamborghini, Ferrari hingga Mercedes Benz.

Mobil-mobil mewah [Image Source]
Sultan Brunei Hasanal Bolkiah memiliki 7.000 mobil mewah. Wow! Kekayaan Sultan satu ini memang sangat luar biasa. Beliau adalah pemilik mobil mewah terbanyak di dunia. Wajarlah kalau mau gonta-ganti mobil, soalnya tinggal pilih aja mau pakai yang mana ya?

Masalah Kemacetan Tak Pernah Terjadi, Kontras Banget Ya Sama Jakarta

Jalanan yang lengang [Image Source]
Negara kecil tetapi kaya adalah sebutan yang pas untuk Brunei dengan jumlah penduduk yang hanya sekitar 400.000 penduduk. Namun demikian Brunei adalah negara bersih, keadaan kota yang aman, dan yang pasti tidak macet. Negara ini seperti Jogjanya Indonesia, alami, bersih, tidak macet dan jumlah penduduknya yang tidak terlalu banyak. Di siang hari aja lengang banget, apalagi malam hari.

Bisa Bayangin kan Kalau Negara Sekaya Brunei Cuman Punya Stasiun TV Berjumlah 4?

Cuman punya 4 stasiun TV [ Image Source]
Penduduk Brunei yang sedikit membuat kriminalitas juga menurun. Kesejahteraan rakyat pun terjamin tentunya melihat perbandingan fasilitas dan masyarakat yang ada di negara ini. Berita-berita buruk pun jarang terjadi. Menurut salah satu karyawan stasiun TV di Brunei, pemerintah memang melarang memberitakan hal yang buruk di negara itu. So, kita jadi paham kalau Brunei memang agak tertutup dengan pers, terutama terhadap informasi yang dianggap negatif. Jadi, berita yang tersebar selalu bagus-bagus.

Brunei Adalah Negara Islam yang Memberlakukan Syariah Islam Sebagai Dasar Hukumnya

Minim kejahatan [Image Source]
Negara Islam seperti Brunei jelas memberlakukan dasar hukum syariah Islam yang selalu dijunjungnya. Tindak kriminalitas dihukum sesuai yang dinashkan di dalam Al-qur’an. Berzina, mencuri, minum-minuman beralkohol dan masih banyak tindak kejahatan lain yang dihukum secara amat keras. Apalagi pelecehan, bersiul termasuk tindak kejahatan seksual terhadap wanita yang dilakukan oleh pria di Brunei. Namun, perempuan diberikan tempat untuk bekerja dan juga hak asuh anak. Kurang enak apa ya kan?

Menyenangkan memang kelihatannya untuk bisa bermukim di sini. Namun, bagaimana pun juga Indonesia sebagai kampung halaman tetap yang terbaik. Kita mungkin belum semakmur mereka, tapi negeri ini memang sebaik-baiknya tempat tinggal.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA