Dukun dan Praktik-Praktik Mistisme Masih Dipercaya di Negara Ini, Indonesia No. 1

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Nov 8, 2016

Peradaban manusia yang ada di dunia berkembang dari hal-hal yang awalnya berbau mistis. Sebelum manusia mengenal ilmu pengetahuan dan teknologi, hal-hal berbau ajaib, dukun, dan praktik penyembahan terhadap entitas gaib kerap dilakukan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan peningkatan rasionalitas pada pikiran manusia, hal ini mulai di tinggalkan. Di negara barat, hal-hal terkait sihir, gaib, dan kawan-kawannya justru banyak diubah menjadi karya fiksi berupa novel atau film.

Meski era mistisme sudah mulai meredup di banyak kawasan dunia, penduduk di beberapa negara masih percaya. Mereka masih kerap melakukan praktik-praktik dukun atau mistisme di era provokasi dan berita hoax sudah ada di sosial media. Berikut negara-negara yang masih percaya dengan hal-hal berbau dukun dan praktik mistisme.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

1. Indonesia, Negeri Sejuta Dukun

Mau disangkal pun juga percuma kalau negeri ini masih sangat percaya dengan hal-hal berbau dukun. Fakta di lapangan juga menunjukkan kalau dukun masih dianggap seseorang yang hebat dan mampu melakukan apa saja termasuk mengirim penyakit dan memberi tahu totoan gelap. Tradisi ini masih mengakar di Indonesia terutama di kawasan pinggiran kita atau pelosok desa.

Dukun [image source]
Dukun [image source]
Selain dukun, masyarakat juga masih percaya dengan benda-benda yang memiliki kekuatan magis. Sebut saja susuk yang konon bisa membuat siapa saja jadi cantik atau tampan dadakan. Selanjutnya ada pusaka-pusaka seperti keris yang bisa memberikan kekebalan dan juga proteksi magis dari siapa saja yang menyerang. Hal-hal seperti ini masih banyak bermunculan di Indonesia dan dianggap sebagai sesuatu yang biasa.

2. Papua Nugini, Jadi Dukun Nyawa Melayang

Menjadi dukun atau dipercaya menjadi dukun bukanlah hal yang mengenakkan di Papua Nugini. Pasalnya, warga di kawasan ini selalu menganggap kalau dukun adalah seseorang yang sangat jahat. Mereka kerap menyebarkan banyak penyakit yang menyebabkan banyak orang meninggal dunia dengan cara mengenaskan. Tinggal satu kampung dengan dukun akan menjadi kutuk bagi para warga di sana.

Pembantaian dukun [image source]
Pembantaian dukun [image source]
Kurangnya kualitas pendidikan dan juga minimnya akses kesehatan menyebabkan banyak warga memburu dukun. Mereka akan membantai dukun itu dengan berbagai cara hingga tewas. Penyakit-penyakit yang sebenarnya merupakan pandemi dianggap kiriman dari dukun sehingga setiap tahun selalu ada lebih dari 100 orang yang dibantai hidup-hidup dengan senjata tajam atau dibakar.

3. India, Negerinya Mistisme di Asia

Seperti halnya Indonesia, penduduk di India juga masih sangat percaya dengan hal-hal yang berbau gaib. Mereka masih sering melakukan ritual-ritual untuk mendapatkan rezeki, ritual untuk keselamatan, ritual untuk meminta hujan dan lain sebagainya. Bagi penduduk di India, hal-hal berbau mistis sudah menjadi bagian dari kehidupan mereka.

Ritual hujan di India [image source]
Ritual hujan di India [image source]
Oh ya, perdukunan di India juga cukup mengerikan. Dalam upacara-upacara tertentu, manusia masih dikorbankan untuk entitas yang diagungkan. Beberapa saat lalu, seorang warga dipenggal kepalanya untuk sebuah ritual pemanggil hujan. Salah satu sekte di India melakukan praktik mengerikan ini beberapa kali karena percaya kalau kepala manusia bisa menurunkan hujan di tengah kemarau panjang.

4. Republik Kongo

Kalau di Papua Nugini banyak orang dewasa yang harus menderita karena dianggap sebagai dukun, di Kongo justru anak-anak yang menderita. Orang tua dari anak-anak yang masih kecil kerap melakukan tindakan yang di luar batas. Hanya karena ada ucapan dari orang yang dianggap sakti mereka rela menelantarkan anak mereka karena dianggap sebagai keturunan dukun yang berbahaya.

anak-anak yang terbuang [image source]
anak-anak yang terbuang [image source]
Anak-anak yang dianggap sebagai keturunan dari dukun akan dibuang begitu saja di luar rumah. Mereka tidak akan diberi makan dan dibiarkan mati begitu saja. Kalau sudah ada keluarga yang membuang anaknya, tidak akan ada orang yang mau membantu. Bagi mereka, seseorang yang merupakan keturunan bisa membawa nasib sial.

Inilah negara-negara yang penduduknya masih sangat percaya dengan dukun dan hal-hal yang bau mistis. Bagi penduduk di negeri ini, kekuatan gaib masih ada di dunia dan bisa digunakan untuk banyak hal-hal yang tidak masuk akal.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA