Mengintip Sadisnya Kehidupan di Gitarama, Penjara Paling Buruk di Muka Bumi

oleh Rizal
07:00 AM on Nov 8, 2016

Halden sering disebut-sebut sebagai penjara paling menyenangkan di dunia. Bagaimana tidak, di dalamnya kita bisa menemukan berbagai kesenangan mulai dari kamar pribadi ala hotel plus kamar mandi dalam, ruang entertainment tempat para napi nonton film, sampai kamar rekreasi di mana segala hal menyenangkan hanya tinggal pakai. Dengan segala yang ada, penjara Halden ini bahkan mungkin lebih mewah daripada rumah para napinya sendiri.

Jika Halden dianggap penjara terbaik, mungkin kamu bakal bertanya, lapas mana yang disebut terburuk di dunia. Ya, jawabannya adalah Gitarama yang ada di Rwanda. Di sini napi benar-benar dalam kondisi yang sangat mengenaskan. Seumpama Halden disebut surga, maka Gitarama adalah versi nerakanya. Bahkan bukan neraka biasa, melainkan yang paling buruk.

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

Lalu, seperti apa sih kehidupan sebenarnya di penjara satu ini? Siapkan mentalmu karena kita akan melakukan perjalanan yang penuh dengan kesadisan. Simak ulasannya berikut.

Penjara yang Penuh Sesak, Bernapas pun Susah

Setiap penjara tentu memiliki kapasitas maksimumnya masing-masing, dan begitu pula dengan Gitarama. Kalau dilihat dari kemampuan tampung, penjara satu ini maksimal hanya boleh ditempati oleh sekitar 600an orang. Namun, pada kenyataannya Gitarama dihuni oleh begitu banyak napi.

Penjara Gitarama yang penuh sesak [Image Source]
Penjara Gitarama yang penuh sesak [Image Source]
Jumlahnya sendiri bukan 1.000 atau 2.000, melainkan 7.000 atau sekitar 10 kali lipat lebih daya tampung maksimalnya. Jumlah yang terlalu banyak ini pun akhirnya memengaruhi kualitas hidup di sana. Para napi tak lagi bisa hidup normal. Jangankan tidur, duduk saja mereka sangat berdesak-desakan. Makanya, tak heran kalau sebagian dari mereka memilih berdiri karena tempatnya tidak cukup lagi.

Kaki Membusuk dan Kotoran Manusia di Mana-Mana

Soal sanitasi kalau boleh membandingkan, mungkin lebih bagus kandang sapi daripada penjara ini. Bagaimana tidak, setidaknya kandang sapi lebih tertata, entah tempat makannya dan lain sebagainya. Di Gitarama yang terjadi tidaklah seperti itu. Sangat kotor dan luar biasa jorok.

Kebersihan di Gitarama sangat buruk [Image Source]
Kebersihan di Gitarama sangat buruk [Image Source]
Orang-orang di sana terbiasa dengan hidup berdampingan dengan feses mereka sendiri. Bukan karena tidak ada WC atau semacamnya, namun karena bergerak saja susah. Bahkan WC mungkin sudah jadi tempat tidur orang lain. Tak punya pilihan, mereka pun buang hajat di sembarang tempat. Akhirnya hal ini pun membawa penyakit, salah satunya adalah pembusukan di kaki. Untuk yang satu itu, sudah banyak napi yang diamputasi kakinya gara-gara hal tersebut.

Soal Makan dan Kabar Kanibalisme

Di Gitarama, tak ada yang namanya pelayanan, semua napi harus bisa mengurus dirinya sendiri, termasuk dalam hal ini adalah makan. Sudah jadi hal yang biasa sekali di sana para penghuninya masak makanan sendiri. Makanan mereka pun biasanya sangat miris dan itu pun seringnya sehari sekali.

Para penghuni Gitarama [Image Source]
Para penghuni Gitarama [Image Source]
Makanan adalah barang mahal di sini dan untuk mendapatkannya orang-orang harus bekerja keras. Tapi, bisa bersaing di antara 7.000an manusia adalah hal yang susah. Makanya, kemudian para napi pun memilih cara lebih mudah. Ya, dengan memakan apa yang ada, dalam hal ini adalah teman sesama napi. Rumor soal kanibalisme di sini sangat kuat memang. Terbukti dari banyaknya kematian tanpa sebab di Gitarama.

Rata-Rata Penghuni Gitarama Adalah Para Tukang Bantai

Dulu sekali, penjara Gitarama ini normal dan cukup kondusif. Hingga akhirnya kejadian pembantaian di negara itu membuat penjara ini jadi penuh sesak seperti sekarang. Seperti yang kamu tahu, dulu ada semacam aksi pembantaian antar suku di sana yang menewaskan hampir sejuta orang. Nah, para pembantai inilah yang kemudian dikirim ke Gitarama untuk ditahan.

Pembantaian Rwanda [Image Source]
Pembantaian Rwanda [Image Source]
Di satu sisi kasihan melihat nasib para penghuni penjara ini, tapi di sisi lain hal tersebut adalah hukuman yang setimpal untuk apa yang sudah mereka lakukan. Entah, sampai kapan mereka akan tinggal di penjara nista itu. Mungkin seumur hidup kalau berkaca pada kesalahan yang diperbuat.

Tidak Ada Proses Peradilan Bagi Penghuni Gitarama

Sekeji-kejinya mereka, namun para penghuni lapas Gitarama ini layak untuk mendapatkan keadilan. Namun, pada kenyataannya yang semacam ini seperti mimpi saja bagi para napi di Gitarama. Hampir bertahun-tahun mereka mendekam di penjara, tapi seolah tidak mendapatkan nasib yang jelas.

Para penghuni lapas yang tak mendapatkan keadilan [Image Source]
Para penghuni lapas yang tak mendapatkan keadilan [Image Source]
Pernah ada seorang napi Gitarama yang bercerita jika ia telah menunggu selama 16 tahun untuk sidang dan mendapatkan keadilan. Bahkan masih menurut si napi tersebut, beberapa yang lain juga menunggu sangat lama. Entah sampai kapan mereka harus menunggu. Tapi, kalau dilihat dari apa yang ada, kemungkinan para napi Gitarama akan seumur hidup berada di sana.

Melihat kenyataan menakutkan ini, rasanya cukup pantas kalau penjara Gitarama dijuluki yang paling buruk di dunia. Tak bisa dibayangkan rasanya harus hidup berdesakan di penjara berpenghuni 7.000 orang itu. Besar harapan supaya penjara ini segera direnovasi. Terlepas dari kesalahan yang pernah terjadi, mereka juga manusia yang layak untuk diperlakukan manusiawi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA