in

5 Dosa Malaysia yang Ternyata Bikin Geram Negara Lain Selain Indonesia

4. Bikin Gerah Banyak Negara Perbatasan

Soal perbatasan negara ternyata Malaysia tidak hanya berkonfrontasi dengan negara kita saja, tapi banyak pula negara tetangga yang lain. Mulai Thailand, Brunei, Filipina dan juga Singapura. Untuk perseteruan dengan Thailand, Malaysia menganggap jika daerah perbatasan keduanya bernama Ko Losin tidak ikut Thailand karena jauh dari garis terluar pantai. Thailand pun juga tak kalah ngotot mengklaim daerah ini, bahkan mereka punya bukti perjanjian bernama Anglo-Siamese Treaty yang dibuat pada tahun 1909. Konflik ini masih belum menemukan jalan keluarnya hingga saat ini.

Kini pembicaraan tentang Limbang adalah hal tabu untuk kedua negara ini [Image Source]
Kini pembicaraan tentang Limbang adalah hal tabu untuk kedua negara ini [Image Source]
Dengan Brunei yang sejatinya memiliki kedekatan budaya, Malaysia juga pernah melakukan klaim daerah perbatasan. Bahkan ada di dua tempat yakni daerah bernama Limbang dan juga Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Malaysia yang sedikit mencaplok milik Brunei. Keduanya sempat bersitegang bahkan sampai membawa kendaran perang.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

6 Hal yang Dimiliki Orang Pinggiran Kota yang Akan Membuatmu Memilih Mereka Sebagai Pasangan

7 Fakta Unik dari Katana, Senjata Pembunuh dari Jepang