5 Dosa Malaysia yang Ternyata Bikin Geram Negara Lain Selain Indonesia

oleh Rizal
13:15 PM on Nov 13, 2015

“Ganyang Malaysia!” Ungkapan ini berasal dari pidato Presiden Soekarno ketika sang Bapak Bangsa begitu geram dengan ulah negara persemakmuran ini. Dikutip dari sejarah, dulu Malaysia ngotot ingin menarik Serawak, Sabah, serta Brunei untuk tergabung dalam federasi mereka. Hal ini mengancam stabilitas Indonesia kala itu. Bung Karno pun marah dan akhirnya memberikan pidato pedas itu.

Baca Juga : Melihat Kemewahan Anak-Anak Super kaya di Malaysia di Instagram

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Tak hanya itu, bentuk ketidaksukaan Bung Karno juga beliau tunjukkan lewat aksi keluarnya Indonesia dari keanggotaan PBB di tahun 1965. Gara-garanya Malaysia masuk jadi anggota tidak tetap PBB. Nah, di era Presiden Soeharto, bangsa kita sudah bisa lebih bersahabat dengan negara serumpun itu, dan pada masa presiden-presiden selanjutnya pun makin akrab.

Konfrontasi kembali pecah ketika Malaysia melakukan klaim terhadap milik bangsa Indonesia. Termasuk di dalamnya adalah pulau-pulau serta kebudayaan. Nah, siapa sangka ternyata Malaysia bukan hanya pernah jadi musuh kita, tapi juga beberapa negara lainnya. Lalu siapa saja negara ini dan kenapa hal tersebut bisa terjadi? Berikut ulasannya.

1. Menolak Pengungsi Rohingya

Rohingya seperti yang kita tahu mengalami konflik dengan pada Buddhis di Myanmar. Hingga pada akhirnya mereka pun memutuskan untuk pergi dari negara itu setelah tak ada dukungan dari pihak mana pun bahkan pemerintah sendiri. Memutuskan untuk pergi pun juga tidak mudah karena banyak negara yang menolaki mereka, salah satunya adalah Malaysia.

Rohingya ditolak mentah-mentah oleh Malaysia dengan dalih membawa beban [Image Source]
Rohingya ditolak mentah-mentah oleh Malaysia dengan dalih membawa beban [Image Source]
Ya, para pengungsi Rohingya mengatakan jika ingin merapat ke Malaysia. Tujuannya sendiri tentu agar di negeri melayu tersebut mereka mendapatkan pekerjaan serta penghidupan yang lebih baik. Sayangnya, pihak Malaysia sendiri langsung mengusir kapal-kapal Rohingya ketika akan mencapai bibir pantai negara itu.

“Kami sangat Simpati terhadap mereka yang terapung di lautan lepas. Tapi, negara tidak bisa dibebankan dengan masalah itu sebab masih ada ribuan orang lagi yang akan meninggalkan daerah tempat mereka tinggal,” ungkap Najib Razak. Selain alasan tersebut, faktor etnis juga dikatakan sebagai penyebab enggannya Malaysia menerima para Muslim ini. Pada akhirnya pengungsi Rohingya justru dibantu oleh masyarakat Aceh dan kini mereka hidup nyaman di sana. Malaysia sendiri pernah menampung pengungsi dari Bosnia saat konflik Yugoslavia dulu. Namun dengan berbagai dalih mereka malas untuk menerima pengungsi Rohingya yang ibaratnya hanya tinggal dijemput saja.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo
BACA JUGA