Huaxi, Desa Paling Kaya di Dunia yang Semua Penduduknya Berkantong Tebal

oleh Rizal
15:00 PM on Oct 25, 2016

Tiongkok memang negara raksasa. Meskipun demikian, hal tersebut tak menyembunyikan fakta kalau negara ini juga penuh dengan masyarakat miskin. Kalau kamu lebih mendalami tentang negara satu ini, pasti akan terbelalak dengan fakta kemiskinan parah di negara penguasa Asia itu. Namun, meski di satu sisi penuh dengan warga yang miskin, tapi tak bisa ditampik juga kalau Tiongkok adalah rumah bagi jutaan orang kaya.

Salah satu bukti kalau Tiongkok ditempati oleh orang-orang kaya adalah eksistensi sebuah desa bernama Huaxi. Percaya atau tidak, desa satu ini dihuni oleh orang-orang yang hampir seluruhnya kaya. Serius, hampir nggak ada satu pun orang miskin di sana. Bahkan, satu persatu orang punya rekening pribadi dengan jumlah fantastis.

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

Tak hanya soal uang, masih ada bukti lain yang menunjukkan kalau orang-orang Huaxi ini tajir melintir kalau kata anak muda sekarang. Nah, lalu seperti apa sih potret kekayaan sesungguhnya orang sana, ulasan berikut akan memberimu jawabannya.

Huaxi Awalnya Hanya Sebuah Desa Miskin

Dengan segala kemewahan dan hal-hal luar biasa yang ada di sini, siapa yang menyangka jika dulunya Huaxi yang berada di Jiangyin, provinsi Jiansu, Tiongkok ini hanyalah sebuah desa miskin. Warganya hanya bekerja sebagai petani biasa yang hidupnya sangat memprihatinkan. Namun, keadaan miris ini pada akhirnya berubah dan menjadi Huaxi hari ini yang bikin siapa pun tercengang.

Industri jadi titik balik desa Huaxi [Image Source]
Industri jadi titik balik desa Huaxi [Image Source]
Industri dan tekstil jadi titik balik desa ini. Dua sektor ini dibangun sangat serius oleh salah satu tokoh pendiri dan senior Huaxi, hingga pelan tapi pasti mulai mengubah nasib si desa miskin ini. Hari ini dua hal tersebut masih jadi tiang utama kehidupan di Huaxi yang makin lama semakin makmur saja.

Kekayaan Luar Biasa Para Warga Desa Huaxi

Sebutan desa paling kaya di Tiongkok, bahkan dunia, yang disematkan kepada Huaxi jelas bukanlah ungkapan yang melebih-lebihkan melainkan memang terjadi betulan. Faktanya, soal kekayaan, desa satu ini memang luar biasa. Uang misalnya, di desa ini hampir semua penduduknya punya begitu banyak duit. Bahkan nih, menurut salah satu sumber, masing-masing orang Huaxi memiliki rekening dengan jumlah duit tak kurang dari Rp 3,2 miliar.

Potret komplek rumah mewah masyarakat Huaxi [Image Source]
Potret komplek rumah mewah masyarakat Huaxi [Image Source]
Tak hanya punya banyak duit, orang-orang Huaxi rata-rata tinggal di rumah-rumah mewah bergaya Eropa. Rumah mereka ada di sebuah kompleks khusus di mana juga tersebar banyak fasilitas mewah. Soal mobil pun demikian, rata-rata masyarakat sini punya satu mobil mahal untuk dipakainya sehari-hari.

Landmark Dunia Bisa Dijumpai di Sini

Ada banyak alasan kenapa para turis suka mengunjungi Shangrila kecil ini. Bukan hanya untuk melihat geliat hidup penduduknya yang kaya, tapi juga menikmati keajaiban dunia di sini. Ya, di Huaxi kita bisa menemukan banyak bangunan landmark dunia. Mulai dari Opera House-nya Aussie, sampai landmark Tiongkok sendiri alias si Tembok Besar.

Opera House di Huaxi [Image Source]
Opera House di Huaxi [Image Source]
Tak hanya bisa menjumpai bangunan-bangunan keajaiban dunia, di sini kita juga bisa menemukan landmark milik Huaxi sendiri. Bentuknya adalah sebuah gedung pencakar langit berbentuk piala. Gedung ini sendiri berfungsi sebagai hotel yang di dalamnya berisi kamar-kamar suite yang super mewah. Entah apa alasannya kenapa orang-orang Huaxi membangun gedung-gedung luar biasa ini. Mungkin saja lantaran mereka kebanyakan duit.

Sisi Menyenangkan Lainnya Tentang Hidup di Huaxi

Tak hanya hidup bergelimang harta ditambah landmark dunia sejauh mata memandang, di sini pihak aparatur desa juga memberikan begitu banyak kemudahan hidup. Misalnya, soal kesehatan, pendidikan, sembako yang diberikan secara gratis tis tis. Enak ya?

Segalanya terjamin di sini [Image Source]
Segalanya terjamin di sini [Image Source]
Tak hanya itu sih, kadang rumah-rumah mewah juga diberikan begitu saja kepada penduduk yang belum mempunyai hunian. Aparat desa Huaxi tentu tidak akan memberikan kemudahan menggila macam begini kalau desa ini ecek-ecek alias miskin. Hmm, menyenangkan ya sepertinya tinggal di sini.

Potret Kelam Huaxi

Dengan semua yang dipunyainya, Huaxi jelas bikin iri penduduk dunia, apalagi kita. Tapi, meskipun demikian, Huaxi punya sisi lain yang sangat berkebalikan dan pasti bikin kamu nggak betah kalau harus tinggal di sana. Ini semua tentang sistem hidup di Huaxi yang ternyata cukup mengerikan.

Sisi lain desa Huaxi yang kaya [Image Source]
Sisi lain desa Huaxi yang kaya [Image Source]
Warga Huaxi diwajibkan untuk bekerja selama tujuh hari dalam seminggu di berbagai pabrik yang ada di sini. Kemudian, di sana juga tak tersedia berbagai fasilitas hiburan macam pub atau sejenisnya. Satu lagi, warga Huaxi juga tak boleh membawa kekayaannya keluar desa. Kalau maksa, terpaksa ia bakal kehilangan seluruh miliknya. Mungkin terdengar aneh, tapi di sana hukumnya memang seperti itu.

Inilah Huaxi, desa terkaya yang bikin iri dunia. Orang-orangnya begitu kaya dan bergelimang fasilitas luar biasa. Bahkan saking banyaknya duit, desa ini pun membangun berbagai bangunan landmark dunia. Tapi, di balik itu semua ada satu sisi memprihatinkan soal Huaxi. Ya, apalagi kalau bukan sistem nyelenehnya yang bikin geleng-geleng kepala.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA