9 Danau Kawah Paling Menakjubkan di Dunia

oleh Alfry
12:10 PM on Apr 5, 2015

Sebuah gunung berapi yang meletus biasanya akan membentuk sebuah kawah di puncaknya. Kawah gunung api atau yang disebut juga dengan kaldera ini biasanya terisi dengan air sehingga terbentuklah danau kawah di puncak gunung tersebut. Di dunia terdapat banyak danau kawah dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Ada danau kawah yang memiliki tiga warna berbeda seperti danau Kelimutu di Indonesia ada pula danau kawah Okama di Jepang yang airnya bisa berubah menjadi lima warna yang berbeda tergantung musim. Berikut ulasan lengkap 9 danau kawah paling menakjubkan di dunia.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

1. Danau Kelimutu – Indonesia

Danau Kelimutu merupakan sebuah danau kawah yang ada di puncak Gunung Kelimutu. Gunung ini berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Di puncak gunung ini terdapat tiga kawah dengan warna air yang berbeda, inilah yang disebut dengan Danau Kelimutu.

Danau Kelimutu disebut juga dengan nama Danau Tiga Warna, hal ini merujuk pada tiga warna berbeda pada tiga danau di sana. Tiga danau ini berwarna biru, merah dan putih, konon warga sekitar percaya jika warna-warna di danau tersebut memiliki arti dan kekuatan supranatural yang berbeda-beda.

Foto via Wonderslist
Foto via Wonderslist

Danau berwarna biru atau disebut dengan “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai” dipercaya sebagai tempat berkumpulnya jiwa-jiwa yang meninggal namun masih berusia muda. Danau berwarna merah atau “Tiwu Ata Polo” berarti tempat berkumpulnya roh jahat seseorangyang semasa hidupnya sering berbuat jahat atau tukang tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau “Tiwu Ata Mbupu” dipercaya sebagai tempat berkumpulnya jiwa orang tua yang meninggal.

2. Danau Kawah Quilotoa – Ekuador

Delapan ratus tahun yang lalu sebuah gunung berapi yang berada di deretan paling barat dari Pegunungan Andes meletus. Dari letusan ini terciptalah sebuah danau kawah yang besar bernama Danau Kawah Quilotoa. Danau kawah atau kaldera ini berukuran 3 kilometer dengan kedalaman 250 meter.

Foto via Wonderslist
Foto via Wonderslist

Danau Kawah Quilotoa memiliki air berwarna hijau terang. Hal ini disebabkan karena banyaknya kandungan mineral yang ada di dalam air danau. Kaldera ini menjadi tujuan wisata favorit di Ekuador selain itu ada juga sumber air panas yang ada di bagian timur danau yang juga banyak dikunjungi wisatawan.

3. Heaven Lake – Korea Utara

Heaven lake terbentuk akibat letusan gunung api Baekdu pada tahun 969 Masehi. Danau kawah ini disebut-sebut sebagai danau kawah paling menakjubkan di dunia. Letaknya berada di perbatasan antara Korea Utara dan China tepatnya ada di Provinsi Ryanggang, Korea Utara.

Foto via Wonderslist
Foto via Wonderslist

Heaven Lake berada di ketinggian 2.189 mdpl. Uniknya selama musim dingin permukaan danau ini akan diselimuti oleh lapisan es. Jika ingin melihat danau ini membeku traveler bisa datang pada bulan-bulan dingin mulai dari pertengahan Oktober hingga pertengahan Juni.

4. Danau Taupo – Selandia Baru

Danau Taupo yang terletak di pulau sebelah utara Selandia Baru ini merupakan danau kawah yang terbentuk akibat letusan supervolcano sekitar 26.500 tahun yang lalu. Danau ini menjadi danau terbesar di Selandia Baru dengan luas permukaan mencapai 616 kilometer persegi.

Foto via Wonderslist
Foto via Wonderslist

Danau Taupo merupakan muara dari sungai Waikato sebuah sungai terpanjang di negara tersebut. Danau ini juga menjadi destinasi wisata populer di sana. Adapun kegiatan wisata yang dapat dilakukan adalah memancing ikan trout dan bermain ski.

5. Danau Kawah Okama – Jepang

Danau Kawah Okama berada di Pulau Honshu, tepatnya di antara prefektur Yamagata dan Miyagi. Danau kawah Okama menempati bagian tengah gunung berapi paling aktif di pulau Honshu bagian utara yang bernama Mount Zao.

Foto via Wonderslist
Foto via Wonderslist

Jika danau Kelimutu yang ada di Indonesia mendapat julukan Danau Tiga Warna maka danau Okama dijuluki Danau Lima Warna. Berbeda dengan danau Kelimutu yang terdiri dari tiga danau yang terpisah, danau ini hanya satu namun warnanya dapat berubah menjadi lima warna yang berbeda tergantung dengan musim. Diameter danau ini sebesar 360 meter dengan kedalaman 60 meter. Dengan keindahan yang dimilikinya tak heran jika setiap hari banyak wisatawan yang datang ke sana.

6. Danau Kawah Gunung Katmai – Alaska

Danau kawah yang cantik ini berada di puncak gunung Katmai. Gunung ini berada di dalam Taman Nasional dan Cagar Alam Katmai, Semenanjung Alaska, Amerika Serikat. Diameter gunung ini sekitar 10 kilometer dan memiliki kaldera yang tertutup oleh air.

Foto via Wonderslist
Foto via Wonderslist

Danau Kawah Gunung Katmai terbentuk akibat erupsi Gunung Katmai yang terjadi tahun 1912. Permukaan danau ini berada di ketinggian 1.286 mdpl. Di sisi kaldera juga terbentuk sebuah gletser kecil yang makin mempercantik penampakan danau kawah tersebut.

7. Danau Kawah Deriba – Sudan

Danau Kawah Deriba merupakan titik tertinggi dari Gunung Jebel Marra dengan puncak tertingginya berada di 3.042 mdpl. Danau ini berada di Darfur sebuah wilayah di bagian barat Sudan. Diameter kawah ini mencapai lima kilometer.

Foto via Wonderslist
Foto via Wonderslist

Danau Kawah Deriba dibentuk oleh letusan eksplosif dari gunung Jebel Marra yang terjadi sekitar 3.500 tahun yang lalu. Pasca letusan tersebut status gunung Jebel Marra kini sudah tidak aktif lagi.

8. Danau Kawah Lonar – India

Danau kawah berikut ini tercipta bukan karena letusan gunung berapi seperti dalam daftar sebelumnya. Danau Kawah Lonar yang terletak di India ini tercipta akibat tumbukan dari meteorit yang menghantam bumi sekitar 50 ribu tahun lalu.

Seiring berjalannya waktu kawah menganga tersebut terisi oleh air dan menjadi danau. Uniknya air danau ini asin seperti air laut, hal ini disebabkan oleh formasi batuan basalt yang ada di sekitar lokasi. Danau ini berdiameter 1,2 km dengan kedalaman 137 meter.

Foto via Wonderslist
Foto via Wonderslist

Danau Kawah Lonar menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan karena memiliki pemandangan yang cantik. Di sana wisatawan bisa menyaksikan keragaman vegetasi dan satwa liar terutama aneka burung selain menikmati ketenangan air danaunya.

9. Crater Lakes di Albertine Rift – Uganda

Danau kawah yang menjadi daftar terakhir ini jarang dikunjungi oleh traveler. Pasalnya ini merupakan kawasan yang dilindungi sehingga akses traveler yang hendak menuju ke lokasi juga sangat dibatasi. Adalah Albertine Rift, salah satu danau kawah yang ada di dalam kawasan Queen Elizabeth Park di Uganda, Afrika.

Foto via Wonderslist
Foto via Wonderslist

Albertine Rift memiliki nama lain Western Rift, ini merupakan tempat dimana gunung-gunung tertinggi di Afrika berada seperti Virunga Mountains, Mitumba Mountains, dan Ruwenzori Range. Di sana terdapat danau kawah yang paling menakjubkan dan termasuk ke dalam salah satu danau terdalam di dunia dengan kedalaman 1.470 meter yaitu Danau Tanganyika.

Danau yang terbentuk akibat aktifitas vulkanik memang memiliki karakteristik yang khas sehingga mampu membuat orang penasaran untuk melihatnya langsung. Hal inilah yang membuat sebagian besar danau kawah di dunia selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content