Ingin Jadi Penghapal Al Qur’an? Ini Caranya!

oleh Sofia Fitriani
11:05 AM on Apr 5, 2015

Siapa bilang menjadi seorang hafidz atau hafidzah (penghafal Al-Qur’an) itu susah dan hanya bisa dilakukan oleh para ustadz atau ustadzah? Semua orang bisa menjadi seorang penghafal Al-Qur’an jika ada kekuatan tekad dalam hati dan dirinya. Menghafal Al-Qur’an pun tak perlu lama jika memang benar-benar kita pandai menepati target kita sendiri. Al-Qur’an memiliki keistimewaan tak akan pernah bisa dipalsukan sampai kiamatpun karena setiap harinya akan terus bertambah para penghafal Al-Qur’an yang akan terus menjaga kesucian dan keaslian dari kitab suci kita tersebut.

Jika sudah usia tak lagi muda dan masih merasa minder untuk memulai menghafal Al-Qur’an, kita bisa menanamkannya pada anak-anak kita sejak dia masih kecil. Mengenalkannya pada surat-suarat pendek di juz 30 dan kemudian seiring bertambahnya usianya, bertambah pula hafalan surat yang kita ajarkan padanya. Tentunya dengan prestasi hafalan anak-anak kita, atau mungkin murid-murid kita jika kita adalah seorang Guru, maka akan menjadi pelecut bagi kita yang merasa tak lagi muda ini untuk mulai lebih semangat lagi menghafal Al-Qur’an. Manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita menghafalkan Al-Qur’an adalah perasaan damai dan nyaman dalam diri kita saat menjalani hidup, kemudahan dan pertolongan Allah selalu dekat dengan kita, dan kuatnya langkah kita dalam menjalani kehidupan dan medan perjuangan.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

Nah, untuk menjadi seorang penghafal Al-Qur’an, berikut ini ada sedikit tips yang bisa kita tiru untuk menunjang kemudahan kita menghafal. Berikut ulasannya:

1. Mencari Tempat Paling Nyaman dalam Menghafal

Seperti saat kita menghafalkan materi pelajaran yang akan dijadikan bahan ujian esok hari, kita pun saat menghafal Al-Qur’an butuh tempat nyaman. Tempat nyaman bagi masing-masing orang itu berbeda tergantung kesukaannya.

Menghafal (c) youtube
Menghafal (c) youtube

Ada yang nyaman dengan berdiam diri di kamar sambil menghafal, ada yang justru di tempat keramaian sambil melihat orang-orang berlalu-lalang, bahkan ada yang sampai naik ke genting sambil memandang langit. Carilah tempat yang nyaman, sehingga memudahkan kita untuk cepat menghafal.

2. Mengurangi Mendengar Musik Berlebihan

Musik apapun itu, baik yang lembut atau kasar, baik instrument atau yang ada nyanyiannya, semua bisa mempersulit kita menghafal Al-Qur’an jika terus kita dengarkan. Setelah kita memiliki banyak hafalan surat, maka bisa jadi hafalan hilang atau tersendat dalam menambah hafalan karena terlalu seringnya mendengarkan musik.

Mendengarkan Tadarus (c) irfanirsyad
Mendengarkan Tadarus (c) irfanirsyad

Kurangi atau bahkan stop mendengarkan musik, karena ayat Al-Qur’an tak pernah bisa bersatu dengan musik. Bahkan musik itu sejatinya selalu bisa melenakan kita.

3. Terus Menghafal

Untuk mempertahankan hafalan apapun itu memang sejatinya cara paling ampu adalah dengan menghafal dan terus menghafalkannya. Dengan terus menghafal dan mengulang-ulang, maka hafalan ayat-ayat Al-Qur’an akan melekat kuat di dalam ingatan kita.

Al-qur'an (c) almuttaqinjepara
Al-qur’an (c) almuttaqinjepara

Selalu jaga hubungan kedekatan kita dengan Allah, perbanyak amal ibadah dan stop kemaksiatan, maka Allah akan memudahkan hafalan Al-Qur’an kita menancap kuat dalam ingatan kita.

4. Mempelajari Tajwid

Mempelajari tajwid atau tanda baca dalam ayat-ayat Al-Qur’an akan membantu mempermudah kita mengetahui panjang pendek dan hukum bacaan dari Al-Qur’an. Karena jelas kita tahu bahwa setiap kata bahkan setiap huruf bisa memiliki arti berbeda dengan tanda baca atau bahkan pengucapan yang beda.

Al-qur'an (c) mazudi
Al-qur’an (c) mazudi

Al-Qur’an adalah seindah-indahnya bahasa, sehingga ketika kita bertekad menghafalnyapun kita harus mampu menguasai tajwidnya pula, agar semakin terasa keindahannya merasuk ke dalam hati kita.

5. Perbanyak Mendengarkan Murotal

Murotal atau Al-Qur’an yang dibacakan para Hafidz atau Hafidzah sekarang semakin mudah kita dapatkan. Bisa kita simpan di gadget kita, bisa kita perdengarkan lewat tape mobil, lewat video player, lewat mp3 laptop atau komputer, bahkan sekarang mulai banyak stasiun televisi atau radio yang khusus berisi murotal.

Murotal Alquran (c) tiyangmagelang
Murotal Alquran (c) tiyangmagelang

Dengan terus mendengarkan murotal menggantikan mendengarkan musik maka bisa membuat telinga dan otak kita terbiasa dengan ayat Al-Qur’an. Kita juga bisa tahu bagaimana pengucapan setiap ayatnya, dan bisa belajar lagu yang indah dalam membacakan ayat-ayat cinta Allah tersebut.

Tahukah kalian, bahwa ketika seorang anak itu menjadi seorang hafidz atau hafidzah, maka secara otomatis dia telah memakaikan jubah kemuliaan dan mahkota kepada kedua orangtuanya kelak di Syurga. Maka, sebagai seorang anak yang tak mampu satu petak kuku pun kita membalas semua perjuangan dan pengorbanan orangtua kepada kita, dengan memakaikan jubah kemuliaan dan mahkota kepada mereka di Syurga adalah sebuah bentuk bakti dan cinta kita kepada mereka. Selamat menghafal. (sof)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA