in

5 Cara Survival yang Sering Kamu Tonton di TV Ini Justru Berbahaya

Survival Illustrations [Image Source]

Film yang bersifat action atau petualangan mempertahankan hidup aktor utamanya memang seru untuk ditonton. Bagaimana tidak, dalam genre tersebut, tokoh utama harus menghadapi berbagai rintangan yang ada di alam dengan usahanya sendiri dan persediaan yang sedikit.

Survival Illustrations [Image Source]
Survival Illustrations [Image Source]
Meskipun menarik dan seru untuk ditonton, kamu tetap harus jeli saat menonton film tersebut. Jangan hanya karena film tersebut menunjukkan bagaimana ia bertahan hidup dari kerasnya alam, kamu lalu langsung menirukannya begitu saja. Karena ada beberapa cara survival yang sering ditampilkan di televisi berikut justru berbahaya jika kamu praktikkan.

1. Menemukan Makanan Adalah Prioritas

Kebanyak film yang memperlihatkan tentang usaha mempertahankan hidup di alam liar, hal pertama yang dilakukan biasanya adalah mencari makanan. Padahal, yang sebenarnya harus dilakukan adalah menemukan air. Sebenarnya kamu bisa bertahan berhari-hari tanpa makanan asalkan kamu punya sesuatu untuk diminum.

Bluberries [Image Source]
Bluberries [Image Source]
Dalam kondisi tubuh yang sehat, seseorang bisa bertahan tanpa makan hingga delapan minggu asalkan mereka punya air segar untuk diminum. Jadi simpan energimu untuk yang benar-benar penting terlebih dahulu seperti membangun tempat perlindungan atau menjaga tubuh tetap terhidrasi.

2. Tempat Berlindung Tidak Hanya Atap

Hal yang juga sering diperlihatkan adalah usaha membangun tempat berlindung. Biasanya dalam adegan ini terlihat tokoh utama membangun gubuk dari kayu dan dedaunan kering sebagai atap gubuk tersebut.

Shelter [Image Source]
Shelter [Image Source]
Atap memang akan melindungi dari tarik matahari dan hujan, tapi yang sangat penting adalah membuat tempat untuk kamu tidur. Tanah yang dingin lebih berbahaya dari terpaan angin yang dingin. Buat tempat tidur dari tanaman kering untuk menjaga kehangatan.

3. Menyimpan Air

Saat kamu tersesat di tempat yang kering dan jauh dari pertolongan, biasanya hal pertama yang dilakukan adalah menjaga persediaan air. Di film-film tentang survival, beberapa orang bahkan sampai saling berkelahi karena berebut persediaan air. Sebenarnya, tubuhmu tidak akan peduli seberapa haus kamu nanti, yang tubuhmu tahu adalah bahwa kamu butuh air saat itu juga.

Air Bersih [Image Source]
Air Bersih [Image Source]
Jadi, lebih baik segeralah minum air jika kamu memilikinya, tapi jangan langsung dihabiskan. Sebaliknya, minumlah sedikit demi sedikit sepanjang hari untuk menjaga agar tubuhmu tidak dehidrasi. Banyak pendaki gunung ditemukan telah meninggal dengan air yang masih tersisa karena mereka mencoba untuk menyimpan persediaan air.

4. Minum Urin Agar Tetap Terhidrasi

Dalam sebuah kisah survival ekstrim, digambarkan bagaimana aktor utama menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum urin. Minum urin sebenarnya tidak terlalu membantu, karena urin adalah sisa pembuangan. Jadi jika kamu meminumnya lagi, hasil keluarnya akan lebih terkonsentrasi atau pekat dan ini tentu lebih berbahaya.

Gurun Pasir [Image Source]
Gurun Pasir [Image Source]
Jika kamu sudah hampir pingsan karena suhu tubuhmu sudah meningkat tinggi hingga lebih dari 40 derajat celcius, minum urin justru meningkatkan mekanisme pendinginan tubuh kamu. Cobalah kencing di badanmu, itu akan membantumu mendinginkan tubuh.

5. Menghisap Racun Dari Gigitan Ular

Saat tokoh utama terkena gigitan ular berbisa, akan ada adegan ketika ia berusaha menyelamatkan diri dengan menghisap bekas gigitan ular berbisa tersebut dan meludahkannya. Hal ini sebenarnya juga sangat berbahaya.

Ular Berbisa [Image Source]
Ular Berbisa [Image Source]
Menghisap racun justru bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah pada trakea dan perutmu. Jika kamu digigt ular, berusahalah untuk tetap tenang dan segera cari bantuan.

Tidak semua yang ada di film dibuat dengan fakta yang benar-benar nyata karena film dibuat untuk mengaduk emosi penontonnya. Dengan kisah survival yang dibuat dengan ekstrim, penonton akan merasakan ketakutan yang nyata dari film tersebut. Karena itulah jangan mencerna apa yang kamu lihat begitu saja, dan cari tahu terlebih dahulu kebenaran faktanya.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

Takjil

7 Istilah Ini Berganti Nama Ketika Bulan Ramadan

Azka Corbuzier Bikin Video Komik Broken Home