8 Aturan Sedekah ini Perlu Dilakukan Agar Kebaikanmu Tak Berakhir Sia-Sia

Sudah benarkah sedekah kita selama ini?

oleh Faradina
12:00 PM on Mar 17, 2017

Sedekah adalah salah satu amalan umat islam yang memiliki beberapa tujuan dan juga manfaat. Adapun salah satu tujuan yang dapat dirasakan sepertinya adalah sebagai bentuk rasa syukur kita atas rejeki yang telah diberikan oleh Allah melalui pekerjaan. Mungkin terdengar mudah ya untuk kita bila hanya menyisihkan sebagian harta untuk orang yang membutuhkan, namun perlu diketahui bahwa ada kalanya sedekah itu tidak diterima oleh Allah bila kita melakukannya dengan cara yang salah.

Maka dari itu ada baiknya kita mengetahui lebih lanjut bagaimana cara yang harus dilakukan supaya apa yang kita lakukan itu diterima, seperti yang tertera di bawah ini.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Ikhlas karena Allah SWT

Sedekah [image source]
Salah satu kunci sedekah adalah rasa ikhlas. Ketika akan bersedekah niatkan bahwa hal itu dilakukan untuk Allah SWT serta mengharapkan ridha-Nya. Jangan sampai hal itu dilakukan dengan tujuan sombong karena kita sudah diterima bekerja di perusahaan besar dengan gaji melimpah, apalagi kalau tujuannya pamer karena banyak uang. Karena hal-hal yang seperti itulah yang nantinya bisa menggugurkan pahala sedekah kita.

Belajar dulu tentang kewajiban sedekah

Belajar sedekah [image source]
Sebelum mulai menyisihkan harta kita, ada baiknya untuk memperlajari seluk beluk sedekah. Seperti mengenai ukuran harta yang akan diberikan, sasaran sedekah kita, dan lainnya. bertanyalah kepada orang yang memang memahami hal itu agar kita tidak sampai salah dalam mengeluarkan harta dan memberikannya kepada orang yang benar-benar membutuhkannya.

Tidak menunda sedekah

Menunda sedekah [image source]
Seorang muslim dikatakan telah wajib mengeluarkan atau menyisihkan hartanya jika memang sudah ada. Sedekah ternyata juga harus dikeluarkan tepat waktu dan kita tidak diperkenankan untuk menunda bersedekah jika tidak memiliki alasan yang begitu mendesak atau bahasa dari para ahli adalah tidak boleh ditunda tanpa ada udzur yang syar’i.

Mendahulukan sedekah wajib

Sedekah wajib [image source]
Bila ingin melakukan sedekah, ada baiknya kita dahulukan sedekah wajib seperti halnya zakat saat tiba waktunya. Karena yang seperti itu hukumnya sudah tertera dalam rukun islam, bukan? Mayoritas dari kita sepertinya juga sudah mengerti bahwa Allah lebih menyukai bila seseorang menunaikan kewajiban terlebih dahulu sebagai amalan untuk mendekatkan diri pada Nya.

Tidak menyakiti penerima sedekah

Tidak menyakiti [image source]
Perlu diketahui juga bahwa kita tidak diperkenankan bersedekah jika hanya ingin menyakiti hati si penerima. Hal yang semacam itu nantinya dipercaya akan merusak pahala sedekah kita dan malah tidak diterima di sisi Allah SWT. Hindari yang namanya menyebut-nyebut pemberian itu karena tanpa disadari hal kecil yang demikian bisa membuat sang penerima sedekah merasa sebagai orang yang tidak beruntung dan selalu bergantung pada bantuan.

Menampakkan dan Menyembunyikan sedekah

Menyembunyikan sedekah [image source]
Sepertinya kita semua sudah mengerti ya bahwa ada baiknya bila sedekah itu disembunyikan agar tetap terjaga keikhlasannya serta kembali menjaga perasaan si penerima. Namun ternyata tidak masalah bila sedekah itu ditampakkan dengan catatan hanya untuk memberi motivasi orang lain agar ikut melakukannya. Dalam hal ini lagi-lagi kita harus ekstra hati-hati supaya nantinya tidak menjadi sombong dan riya’.

Sedekahlah dengan yang terbaik

Berikan yang terbaik [image source]
Jika kita memang berniat untuk melakukan sedekah, maka pilihlah hal yang terbaik untuk diberikan. Jangan memberikan barang yang sudah buruk dan tak layak kepada orang-orang yang membutuhkan. Bagi sebagian orang mungkin akan terasa berat saat ingin memberikan harta terbaiknya, namun dengan begini seseorang bisa benar-benar terlihat apakah dia tergila-gila dengan hartanya atau tidak.

Tidak membanggakan sedekahnya

Tidak bangga [image source]
Selain tidak diperkenankan untuk mengungkit sedekah, seseorang juga diharapkan untuk tidak membanggakan pemberiannya itu. Jangan sampai ada anggapan bahwa kita sangat berjasa kepada orang yang diberi sedekah karena bagaimanapun juga harta itu merupakan karunia Allah SWT dan memang sudah menjadi hak mereka para penerima.

Perlu diingat bahwa yang namanya sedekah itu dilakukan selain sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan juga untuk membantu memperkuat keimanan kita, meningkatkan rasa empati, terhindar dari sifat matre, dan sebagainya. Jadi jangan dipikir bahwa kita seketika menjadi pahlawan setelah bersedekah karena justru orang yang kita beri itulah pahlawannya yang membantu kita memperoleh ladang pahala. Dan ingat untuk selalu ikhlas ya. Selamat bersedekah!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA