5 Cara Enteng Dapatkan Lailatul Qadar yang Pahalanya Tak Karuan

oleh Rizal
10:00 AM on Jun 29, 2016

Kalau bulan Ramadhan diumpamakan seperti gerak Jalan maka hadiah doorprize paling besar tentulah malam Lailatul Qadar. Ya, mungkin kita sudah tahu betapa malam satu ini pahalanya benar-benar luar biasa besar. Ibadah apa pun yang kita lakukan di malam itu, pahalanya sama seperti melakukannya selama seribu bulan alias 83 tahun penuh tanpa putus.

Tak seperti doorprize gerak jalan yang bisa didapatkan hanya jika kita cukup beruntung, Lailatul Qadar mampu diraih jika kita menginginkannya. Tapi, hal besar tidak didapatkan dengan cara yang mudah. Begitu pun Lailatul Qadar yang harus didapatkan dengan usaha keras.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Sangat penting untuk bisa mendapatkan malam satu ini. 83 tahun pahala penuh menanti kita yang bisa mendapatkannya. Nah, meskipun susah, tapi bukan berarti mustahil, simak tips-tips berikut biar bisa dapatkan Lailatul Qadar dengan cara yang lebih mudah.

1. Set Alarm Biar Bisa Bangun Tepat Waktu

Begadang memang bisa membuat kita gampang mendapatkan Lailatul Qadar. Tapi konsekuensinya pasti bakal kurang konsentrasi. Sholat ngantuk, dzikir ngantuk, bahkan sahur kelewatan. Begadang mungkin cara yang oke, tapi berisiko bikin esensi Lailatul Qadar jadi kosong melompong.

Pasang alarm [Image Source]
Pasang alarm [Image Source]
Tidur adalah langkah yang bagus biar ibadah bisa konsen, tapi jangan sampai kelewatan juga. Makanya, cara yang paling gampang adalah pakai alarm. Set alarm sesuai kapan kita ingin bangun. Jam 12 atau mungkin lebih pagi lagi. Alarm sendiri sekarang banyak macamnya. Ada yang biasa sampai super canggih. Jadi, nggak ada alasan untuk nggak bisa bangun, kan?

2. Biar Nggak Ngantuk, Habis Terawih Langsung Tidur

Salah satu tips biar nggak ngantuk ketika bangun malam adalah tidur lebih awal. Cara ini sendiri sudah pernah diungkapkan oleh Rasul. Nah, berhubung Ramadhan jadwal ibadahnya lebih padat, maka kita tentu sebaiknya tidak serta merta tidur ketika selesai sholat Isya’.

Tidur setelah Tarawih [Image Source]
Tidur setelah Tarawih [Image Source]
Ya, selesaikan dulu terawih dan tadarusnya dulu baru tidur. Harus langsung tidur ya setelahnya biar makin banyak waktu untuk beristirahat. Tidur dengan waktu yang lebih panjang bisa bikin bangun lebih oke. Kalau khawatir kebablasan, kembali ke poin pertama. Yup, pakai alarm.

3. Bisa Tidur Siang Lebih Baik

Teorinya, makin banyak waktu yang kita habiskan untuk tidur di siang hari, maka biasanya akan makin kuat begadang alias bangun malam. Entah bagaimana korelasinya, tapi pada kenyataannya memang seperti itu. Nah, dengan teori yang sama kita bisa memanfaatkan hal itu agar bisa bangun malam dan mendapatkan Lailatul Qadar.

Tidur siang [Image Source]
Tidur siang [Image Source]
Tidur siang pas bulan puasa itu menyenangkan lho. Selain bisa bikin bugar dan membuat kita sejenak teralih perhatiannya dari rasa lapar, tidur siang juga berpahala. Bukan kah tidurnya orang puasa itu ibadah?

4. Kurangi Aktivitas yang Berat-Berat Biar Nggak Capek

Puasa memang bukan alasan untuk tidak melakukan aktivitas seperti biasa. Tapi, khusus untuk 10 hari terakhir Ramadhan, ada baiknya kamu mengurangi aktivitas yang berat. Alasannya sendiri untuk menghindari dari rasa capek.

Hindari aktivitas berat [Image Source]
Hindari aktivitas berat [Image Source]
Nah, ketika tubuh capek, maka dampaknya akan membuat ngantuk dan lelah. Akibatnya kita jadi makin susah bangun untuk mendapatkan Lailatul Qadar. Intinya adalah bagaimana mengatur tubuh biar nggak terlalu capek sehingga nggak malas bangun untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar yang datang hanya sekali setahun itu.

5. Berdoa Dengan Kesungguhan yang Besar

Cara terakhir agar bisa mendapatkan Lailatul Qadar yang mulia adalah dengan memintanya langsung kepada Sang Pencipta. Ya, cara ini mungkin terdengar paling mudah tapi justru yang paling manjur.

Ilustrasi berdoa [Image Source]
Ilustrasi berdoa [Image Source]
Sebelum tidur kita minta dengan sungguh-sungguh agar dikuatkan hati dan badan untuk bisa mendapatkan Lailatul Qadar. Biasanya kalau bersungguh-sungguh pasti bisa, entah bagaimana caranya. Jangan pernah meragukan doa, apalagi ini adalah bulan puasa di mana pintu permintaan dibuka seluas-luasnya.

Lailatul Qadar sungguh besar keutamaannya, sayang sekali kalau kita melewatkannya begitu saja. Makanya, tak masalah kalau harus melakukan usaha yang sedikit karena apa yang kita bakal dapatkan sangat sesuai bahkan berlebih.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA