5 Pilihan Bisnis Online Ini Cocok Banget Untuk Kalian yang Super Sibuk tapi Butuh Uang Tambahan

Ingat, yang namanya keuntungan itu harus dicari dan nggak bisa datang sendiri lho ya. Jadi rajin-rajin cobain peluang yang ada

oleh Faradina
09:00 AM on May 25, 2017

Cari uang di zaman sekarang bisa dibilang susah-susah gampang. Meskipun angka pengangguran di Indonesia masih saja tinggi, tapi faktanya masih ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang kok. Apalagi bagi kalian yang sudah bekerja mati-matian di perusahaan tertentu tapi masih merasa gajinya kecil. Bisa banget nih kalian coba berbagai jalan bisnis baru, itung-itung buat nambahin saldo rekening ya.

Kalau misalnya masih bingung kira-kira mau memulai bisnis yang bagaimana. Sepertinya kalian bisa nih coba peruntungan di dunia bisnis online. Apalagi jenis bisnis tersebut tidak memerlukan modal besar dan resiko rugi juga lumayan kecil. Di bawah ini ada lima pilihan bisnis online yang bisa dipilih, baik untuk para pengangguran maupun si super sibuk yang butuh uang tambahan.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Jadi YouTube-er

Hey siapa bilang orang yang sukanya bikin video itu nggak bisa menghasilkan? Kalau hobi itu ditekuni justru bisa membuatmu makin mapan lho. Salah satu cara mudah mendapat uang tambahan adalah dengan secara aktif mengunggah video melalui YouTube. Bukan rahasia lagi bila video yang kalian unggah bisa menarik perhatian banyak netizen, maka bersiaplan kedatangan iklan.

Youtuber [image source]
Iklan itulah yang kemudian bisa membuat saldo rekeningmu bertambah. Kalau kalian berdalih tidak punya waktu membuat video super keren, tidak usah khawatir. Orang sekarang paling suka konten-konten berbau inspirasi yang sederhana kok. Rekam saja kejadian inspiratif yang kalian temui di jalan saat ke kantor, atau kegiatan di kantor pun bisa jadi bahan video mu. Cukup menggunakan kecanggihan kamera ponsel masa kini dan ide-ide segar saja uang bisa dengan mudah mengalir ke kantongmu lho.

Jadilah Buzzer

Jangan salah paham dulu! Buzzer yang dimaksud di sini bukanlah para pendukung parpol atau calon pemimpin daerah ya, melainkan mereka yang suka promosi barang di dunia maya. Kalau kalian tipe pengguna sosial media dengan jumlah pengikut setia yang banyak bolehlah sekali-kali memanfaatkan kepopuleran tersebut.

Ilustrasi buzzer [image source]
Jadi buzzer ini berarti kalian hanya bertugas mempromosikan sebuah produk melalui caption-caption menggugah di sosial media. Hal ini bisa banget kan dilakukan kapan saja dan di mana saja. Mau kalian lagi makan bakso waktu istirahat di kantor kek, atau bahkan bisa sambil nunggu fotocopy-an kelar. Cuma modal utek-utek ponsel dengan sambungan internet, walhasil bisnis jadi buzzer bisa jadi ladang rupiah barumu.

Menghasilkan konten berbayar

Kalau kamu bukan tipe orang yang gemar merekam hal-hal unik sekitar atau juga nggak punya modal pengikut banyak untuk jadi buzzer, cobain deh bisnis jadi penyedia konten berbayar. Caranya mudah sekali, cukup buat artikel yang lagi digandrungi masyarakat dengan bekerjasama dengan vendor-vendor pencari penulis lepas.

Konten berbayar [image source]
Bisnis ini sekarang bisa dibilang sedang naik daun, bayangkan saja satu tulisan berisi 500 kata bisa dihargai sampai Rp 15 ribu. Dan jika dalam satu hari saja dari senin sampai sabtu kalian membuat empat tulisan berarti dalam satu bulannya akan ada kurang lebih Rp 1,2 juta melayang ke kantongmu kan? Apalagi perihal menulis ini bisa dikerjakan dengan fleksibel tergantung permintaan klien. Menggiurkan bukan?

Jadi pihak kedua online shop

Pihak kedua yang dimaksud ini bukan reseller, melainkan lebih merujuk pada dropshipper. Jadi dropshipper sekarang bisa kalian lakukan dengan memanfaatkan beberapa marketplace ternama seperti Bukalapak maupun Tokopedia. Dengan mengajukan diri sebagai seorang dropshipper, kalian bisa ikut menjual produk orang lain untuk kemudian mendapat untung.

Dropshipper [image source]
Bisnis ini bisa dibilang cukup sederhana untuk dilakukan karena kita tidak perlu bingung-bingung kulakan atau stock barang, foto, ataupun kirim. Karena tugas kita di sini hanya menjadi pihak kedua saja. Meskipun memang untung yang diperoleh tidak sebesar bila kita terjun jualan langsung, tapi setidaknya setara lah dengan tanggung jawab yang diemban.

Jualan jasa desain undangan

Nah buat kalian yang ngaku jago banget desain, bisa nih cobain tawarkan jasa pembuatan desain undangan pernikahan secara online. Harus undangan pernikahan? Jawabannya adalah iya! Pasalnya ternyata permintaan pasar online untuk hal sederhana ini sekarang jadi sangat tinggi. Dan menurut data setiap harinya ada sekitar 3000 orang mencari informasi mengenai undangan pernikahan melalui google.

Desain undangan [image source]
Jadi, bisa dilihat kan kalau peluang bisnis ini sekarang bisa sangat menjanjikan. Jangan hanya membuat desain, coba untuk bekerjasama dengan percetakan untuk merealisasikan desainmu. Satu lembar undangan yang ditawarkan dengan harga minimal Rp 1500 saja akan berlipat ganda keuntungannya jika dipesan dalam jumlah besar.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa lakukan untuk memulai bisnis hanya dengan mengandalkan ponsel maupun gadget. Cukup kenali dulu hal apa yang kira-kira bisa dan suka kalian lakukan, apakah itu menulis, berjualan, membuat video, atau lainnya. Dari situlah kemudian kalian bisa mencoba peruntungan melalui lima ide bisnis online di atas. Lima contoh itu sepertinya cukup mudah untuk dilakukan dan tidak begitu menyita waktu, jadi meski sesibuk apapun kalian pasti sempatlah otak-atik hal tersebut. Ingat, yang namanya keuntungan itu harus dicari dan nggak bisa datang sendiri lho ya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA