Di Jepang, Biaya Parkir Mobil Mencapai 300 Ribu

oleh didi
17:00 PM on Feb 6, 2015

Jepang terkenal sebagai negara yang mayoritas penduduknya menggunakan transportasi umum ketimbang kendaraan pribadi. Selain pajak kendaraan yang tinggi, biaya parkir kendaraan yang tinggi menyebabkan warga enggan menggunakan kendaraan pribadi. Bahkan, biaya parkir di negara ini mencapai JPY 3.600 atau sekitar Rp. 388 ribu.

Menurut pengalaman dari traveler yang pernah ke Jepang, saking sedikitnya warga yang menggunakan kendaraan pribadi, jalanan pun tak padat dengan mobil dan bebas macet. Ini adalah salah satu kebijakan efektif Pemerintah Jepang untuk mengurangi kemacetan.

Baca Juga
Inilah 4 Bukti Pengorbanan Hebat Para Paskibraka Demi Mengibarkan Merah Putih
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri

Biaya Parkir Disini Malah Mencapai Tiga Ratus Ribu Rupiah Lebih (3.bp.blogspot.com)
Biaya Parkir Disini Malah Mencapai Tiga Ratus Ribu Rupiah Lebih (3.bp.blogspot.com)

Biaya tarif parkir mobil di Jepang juga bervariasi. Ada yang menyediakan tempat parkir mini dengan tarif parkir mulai JPY 100 per 15 menit. Ada juga yang menarik biaya JPY 100 per 30 menit. Ada juga penyedia layanan parkir mobil yang menarik biaya JPY 3.600 untuk 24 jam penuh. Jika dikurskan ke rupiah, maka menjadi Rp. 388 ribu. Wow!Tempat Parkir Ini Malah Lebih Mahal (sociorocketnewsen) Tarifnya 100 yen Untuk Setengah Jam atau Rp.11.000 (3.bp.blospot.com)

Jika di Indonesia, mobil sudah bukan menjadi barang mewah lagi, namun di negara maju ini, mobil masih menjadi barang mewah. Dari segi harga, pajak, hingga biaya parkir dan biaya masuk jalan tol. Untungnya pemerintah Jepang menyediakan moda transportasi umum seperti kereta dan bus yang tak hanya nyaman, namun juga tertata dan mengurangi kemacetan di jalan. Patut nih, ditiru di Indonesia.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA